Zongshen Cyclone RG3 Hadir Sebagai Motor Sport Bergenre Touring

Zongshen Cyclone RG3 Hadir Sebagai Motor Sport Bergenre Touring
Ilustrasi Zongshen Cyclone RG3. Foto: Ist/Net

Zongshen Cyclone RG3 adalah salah satu pabrikan motor dari Tiongkok. Kini seiring perkembangan zaman produsen otomotif ini mencoba melakukan inovasi. Tentunya untuk bisa menarik minat konsumen.

Pabrikan asal Tiongkok Zongshen yang merilis salah satu produknya yang menarik. Cyclone RG3 sebagai motor baru dengan genre sport touring. Motor dengan keunikannya tersendiri, memiliki kamera depan pada bagian depannya.

Zongshen Cyclone RG3 Motor Sport Bergenre Touring

Tiongkok yang kini berupaya untuk terus mengembangkan inovasinya. Mengenai urusan performanya yang belum dapat menyamai kemampuan pabrikan Jepang. Namun mengenai fitur pabrikan Tiongkok lebih royal juga mengejutkan.

Baca Juga : Benelli 302R 2021, Motor Sport Terbaru dengan Harga Rp 70 Jutaan

Seperti halnya saat ini salah satu pabrikan terkenal yaitu Zongshen. Pabrikan Tiongkok tersebut yang memperkenalkan produk revolusionernya. Menghadirkan motor sport dengan genre touring,  yaitu Zongshen Cyclone RG3.

Motor ini yang memiliki nama lainnya Cyclone SR400. Hadir dengan mengusung desain motor sport touring, tentunya dengan body berfairing ala motor sport. Namun dengan ergonomi riding yang nyaman. Pada posisi stang tinggi dan jok tebal yang siap untuk touring.

Fitur Zongshen Cyclone RG3

Untuk kelas ini, motor RG3 ini menjadi pesaing CFMoto NK 400. Tampak pada desain fairingnya yang begitu mirip. Namun terdapat perbedaan pada bagian headlamp, mengarah sosok Hypersport, yakni Ninja H2. Pada bagian atas headlamp, terdapat kamera sejenis action cam, Gopro. Kamera tersebut sudah terpasang dari pabrikan. Bukan sebagai aksesoris yang terjual secara terpisah.

Hadirnya kamera tersebut sebagai fitur untuk merekam aktifitas riding. Tentunya yang sudah terkoneksi dengan layar TFT digital speedometer bagian atas stang kemudinya. Sehingga setiap momen yang terjadi di depan mata bisa untuk mengabadikannya. Hal ini yang akan berguna apabila terjadi kecelakaan.

Baca Juga : Kawasaki D-Tracker SE, Motor Sport Tangguh untuk Segala Medan

Selain itu apabila ada kemungkinan pelanggaran lalu lintas. Kamera tersebut bisa menjadi bukti bagi anda apabila merasa benar. Namun belum diketahui secara pasti mengenai kapasitas hardisk atau kemampuan Zongshen Cyclone RG3. Apabila untuk merekam video atau momen yang terjadi.

Pabrikan motor ini tentunya sudah menyediakan secara paket. Sebuah gebrakan yang terbilang cukup signifikan untuk motor berkapasitas 300-400cc. Tidak hanya itu, Zongshen RG3 juga memiliki fitur unggulan. Motor ini memiliki adjustable windscreen. Untuk fitur elektronik lainnya tidak diketahui secara pastinya. Setiap fitur yang ada pada Cyclone RG3 ini termasuk cadas.

Spesifikasi

Pada bagian kaki-kaki motor Zongshen Cyclone RG3 ini yang memiliki suspensi depan model teleskopik. Suspensi monoshock yang dipadukan dengan velg yang tampak gambot. Hal itu juga termasuk pada bagian ban. Kelebihan lainnya yang sudah double front disc brake dengan ABS.

Untuk frame atau sasis sepertinya masih menganut model tubular. Namun designer dengan cerdas menutup rangkanya dengan material plastik. Sehingga seolah-olah tampak seperti frame deltabox. Pada desain tersebut yang terkesan bantet dan biasa.

Untuk urusan dapur pacu motor ini yang tidak terlalu istimewa. Zongshen Cyclone RG3 menggunakan engine murni 401 cc. Dengan konfigurasi inline 2 silinder berpendingin cairan. Sehingga yang mampu menghasilkan  tenaga sampai 43 HP, tentunya pada putaran 9500 RPM.

Baca Juga : Honda BS6 X-Blade, Motor Sporty yang Menggendong Mesin 162,7 cc

Sedangkan untuk torsinya 34 nm pada 8000 RPM.  Motor ini sudah lengkap dengan transmisi 6 speed. Pada kecepatan puncak motor ini pada kisaran 155-160 km/jam. Mesin motor ini didesain memiliki torsi besar pada saat putaran mesinnya rendah. Selain itu, perpindahan gigi motornya yang halus dan minim getaran.

Zongshen Cyclone RG3 yang sudah dipamerkan di ajang motor Expo Tiongkok. Namun belum diketahui secara pasti Zongshen akan menjual motor ini di pasaran. Motor ini yang pasti berasal dari pabrikan yang sudah terkenal di dunia.

Nantinya yang  akan segera memasarkan sang kuda besi tersebut di Cina. Sehingga besar kemungkinan juga mengekspornya ke beberapa negara Asia. Untuk harga yang akan ditawarkan motor ini belum diketahui secara pasti. Hal itu karena motor Cyclone RG3 ini hanya sebatas untuk pameran. Pada pameran CIMA motor expo yang ada di Tiongkok.

Zongshen Cyclone RG3 sebagai motor yang berasal dari pabrikan Tiongkok. Hadir untuk motor baru dengan genre sport touring. Motor yang hadir dengan keunikan tersendiri, memiliki kamera depan pada bagian depannya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto