Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita Ciamis5 Hektar Lahan di Desa Sukawening Ciamis Ditanami Lemon

5 Hektar Lahan di Desa Sukawening Ciamis Ditanami Lemon

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekitar 5 hektar lahan di Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jabar, ditanami bibit lemon.

Selain lemon, masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok wanita tani (KWT) Sukawening juga menanam jeruk manis dan jenis buah lainnya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi masyarakat Sukawening yang mau memanfaatkan lahan kosong untuk penanaman lemon.

“Tentunya kita sangat apresiasi, ini sebagai salah satu inovasi membangkitkan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Herdiat Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Disdik Ciamis Belum Putuskan PTM atau Daring

Herdiat menyampaikan hal tersebut saat menghadiri penanaman 5.000 bibit lemon di Desa Sukawening, Cipaku, Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan itu, Herdiat berkesempatan melakukan penanaman perdana bibit lemon.

Ia menjelaskan, hampir 70 persen masyarakat kabupaten Ciamis adalah petani.

Sehingga, saat pandemi Covid-19 melanda, Kabupaten Ciamis tidak terlalu terdampak.

“Mayoritas masyarakat Ciamis bertani, meski perekonomian sedikit anjlok, namun sektor ketahanan pangan tetap stabil,” jelasnya.

Ia pun mengajak kepada masyarakat Ciamis agar meniru apa yang dilakukan Desa Sukawening, yaitu memanfaatkan lahan untuk komoditas buah atau sayuran.

“Saya imbau juga masyarakat agar selalu menerapkan prokes, karena saat ini kasus Covid-19 mengalami lonjakan,” pungkas Herdiat.

Sementara itu Hendi Hermawan, Kepala Desa Sukawening, Kabupaten Ciamis menyatakan, pada masa pandemi ini, pihaknya berinovasi untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi produktif.

“Sebelumnya, kelompok petani di Sukawening menanam 30 hektar kopi, sekarang kita tanam juga lemon dan buah lainnya,” ungkap Hendi.

Kedepan, pihaknya juga akan membuka lahan agrowisata dan sarana olahraga. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang