Adab Bergaul dengan Saudara dan Teman Menurut Pandangan Islam

Adab Bergaul dengan Saudara dan Teman
Ilustrasi Adab Bergaul dengan Saudara dan Teman. Foto: Ist/Net

Adab bergaul dengan saudara dan teman merupakan hal yang penting bagi setiap individu. Islam adalah agama yang paling Haq. Allah dalam menciptakan semua yang ada di dunia ini bukanlah tanpa alasan dan tujuan.

Adab juga menjadi hal yang paling penting di atas apapun. Bahkan seorang ulama mengatakan adab itu lebih penting daripada ilmu. Meskipun menuntut ilmu adalah kewajiban bagi umat Muslim.

Perlu Anda ketahui, bahwa sesungguhnya adab adalah merupakan kebaikan budi pekerti atau kesopanan yang berkaitan erat dengan akhlak. Kebaikan budi pekerti ini sangat penting yang harus dimiliki seseorang dalam membina hubungan antara sesama.

Apabila setiap manusia mempunyai nilai adab yang baik dalam membina hubungan baik teman, saudara maupun tetangga, maka akan ada keberuntungan yang akan Anda dapatkan selama menjalani kehidupan.

baca juga: Adab Buang Hajat yang Baik dan Benar Sesuai Tuntunan Agama Islam

Bagaimana Adab Bergaul dengan Saudara dan Teman yang Baik

Dalam Al-Quran yang menjadi pedoman hidup bagi umat manusia juga sudah terdapat catatan atau dalil supaya dalam sesama kita selalu mengutamakan adab. Dalam Al-Quran surat An-Nisa’ ayat 36:

Bukan hanya itu saja, akan tetapi Baginda Nabi juga mengajarkan bagaimana adab bergaul dengan saudara dan teman. Hal tersebut bukanlah sudah jelas, sebagai Uswatun Hasanah pastinya Rasulullah dalam kehidupannya selalu memuliakan tetangga, teman, dan tamunya (HR. Tirmidzi). Akan tetapi, dalam kehidupan sehari-hari adab kepada saudara dan teman pastinya memiliki perbedaan. Apa saja?

baca juga: Adab Dalam Berhutang Sesuai Ajaran Islam yang Harus Anda Perhatikan

Adab Bergaul dengan Teman

Sebagaimana penjelasan pada bagian awal bahwa adab bergaul dengan saudara dan teman itu mempunyai perbedaan. Pada bagian ini kita akan membahas mengenai bagaimana adab yang baik dan benar kepada teman karib atau dekat maupun sejawat.

Kata ‘teman’ biasanya mempunyai derajat yang sama dengan kita. Sebagai contohnya adalah, teman sekelas, teman bermain ataupun teman lainnya. Apabila teman yang kita miliki tersebut adalah sesama muslim sudah seharusnya mengingatkan kepada kebaikan itu menjadi kewajiban. Saling menghormati, dan peduli.

Pasalnya kebaikan yang kita perbuat semua akan kembali kepada kita sendiri. Jadi apabila kita dalam bergaul kepada sesama itu baik, maka akan banyak pula yang akan menjadi teman kita dimanapun. Kepada sesama hendaknya kita jika bertemu itu mengucapkan salam “Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh”.

Ketika sedang bercanda hendaknya mengucapkan perkataan yang sopan, tidak menyakiti ataupun menyinggung. Hormati apa yang menjadi pendapatan dan selalu berbuat baik kepadanya. Memiliki sikap pemaaf apabila seorang teman melakukan kesalahan ataupun tidak sengaja melakukan kesalahan.

Dalam sebuah pertemanan jangan saling menghina atau meremehkan teman. Jangan pelit pula juga sombong, karena hal tersebut juga bisa merusakkan hubungan baik pertemanan anda. Apabila anda sudah bisa mengamalkan amalan baik tersebut, maka In Syaa Allah, akan ada sikap saling mencintai antar teman dan anda juga memiliki banyak teman dalam kehidupan sehari-hari.

baca juga: Adab Menjenguk Orang Sakit Berdasarkan Ajaran Islam dan Sunnah

Adab Kepada Saudara Sesama Muslim

Meskipun dikatakan bahwa adab bergaul dengan saudara dan teman itu berbeda, akan tetapi perbedaan tersebut tidak begitu mencolok. Bukan hanya kepada teman dekat saja, kita harus mengucapkan salam ketika bertemu. Melainkan sesama saudara muslim kita juga harus melakukan hal tersebut.

Dear, siapapun yang saudara anda, maka adab sangatlah perlu untuk menjaga hubungan anda supaya tetap akan baik-baik dalam keluarga. Maka, dengan begitu akan tercipta sebuah keharmonisan bahkan juga bisa menerapkan perilaku yang baik.

Sesama saudara hendaknya kita saling menjalin silaturahmi. Meskipun bagi anda hal tersebut sepele, akan tetapi keutamaannya sangat menguntungkan umat manusia baik dunia maupun akhirat. Salah satunya adalah silaturahmi itu bisa melancarkan rezeki dan memanjangkan usia. Maa Syaa Allah bukan, Allah maha baik. Silaturahmi juga merupakan amal kebaikan yang akan memberikan banyak manfaat lainnya.

Memberikan perhatian dan kasih sayang juga patut untuk dilakukan. Bukankah siapapun yang tidak menyayangi maka tidak akan disayangi. Maka hendaknya saudara itu saling sayang menyayangi dan mengasihi dengan baik. Selain itu menjaga nama baik keluarga juga menjadi hal yang sangat penting.

Sebisa mungkin dan berusahalah untuk menjauhi sifat permusuhan dan saling menjaga perasaan. Apabila ada suatu kesalahan maka tegur dan sapalah dengan santun, juga jangan saling meremehkan antara satu dengan yang lainnya.

Semoga adanya penjelasan mengenai adab bergaul dengan saudara dan teman tersebut, bisa membantu anda untuk lebih dekat dengan Allah dan menjadi seorang muslim yang mengutamakan adab dalam hal apapun. (Muhafid/R6/HR-Online)