Agar Mobil Aman dari Maling, Bisa Lakukan dengan Cara Sederhana

Agar Mobil Aman Dari Maling
Ilustrasi Agar Mobil Aman Dari Maling. Foto: Ist/net

Agar mobil aman dari maling, pemilik kendaraan harus berhati-hati ketika memarkirkan mobil, baik di rumah maupun di tempat umum. Karena pencuri mobil saat ini sudah semakin pintar dalam melakukan aksinya. Sehingga jika tidak berhati-hati dalam menjaga keamanan mobil, maka para pencuri akan dengan mudah mengambil kendaraan.

Kendaraan bisa menjadi incaran maling kapan saja dan di mana saja, baik di tempat ramai terlebih lagi di tempat sepi. Resiko tersebut semakin besar bila kendaraan berada di lokasi yang jarang terlewati oleh orang. Apalagi dengan adanya pandemi virus corona seperti saat ini, pemberitaan mengenai maraknya pencurian kendaraan semakin heboh.

Agar Mobil Aman Dari Maling, Apa yang Harus Kita Lakukan?

Bagi sebagian masyarakat, mobil tak hanya sebagai media transportasi demi menunjang aktivitas. Namun juga aset, sebab kendaraan ini memiliki harga dengan nilai ratusan juta bahkan hingga miliaran rupiah. Maka wajar jika kalian memerlukan proteksi atau perlindungan agar mobil dalam kondisi yang aman.

Baca Juga : Pengaman Mobil Anti Maling, Cek di Sini dan Silahkan Pilih Sesuai Selera

Apalagi saat ini kendaraan beroda empat sangat beresiko untuk menjadi target dari aksi kejahatan. Kejadian seperti inilah yang membuat para pemilik kendaraan menjadi was-was ketika meninggalkan mobil saat terparkir. Untuk itu penting bagi kalian untuk melakukan antisipasi agar mobil aman dari maling.

Memarkirkan Mobil di Tempat yang Aman

Untuk sebagian orang akan beranggapan jika memarkirkan mobil di rumah jauh lebih aman daripada di tempat umum. Namun saat ini justru banyak kasus pencurian mobil yang mengambil kendaraan dari garasi rumah. Agar mobil kalian aman dari incaran maling, kalian harus memastikan keamanan dari garasi rumah kalian.

Kalian bisa memasang CCTV untuk memantau siapa yang berusaha mencuri kendaraan kalian. Pastikan juga bahwa garasi mobil terbuat dari material pintu yang kokoh sehingga tidak mudah maling bobol. Hal ini efektif untuk menghindari resiko masuknya pencuri ke garasi mobil.

Baca Juga : Cara Kerja Keyless Mobil Beserta Manfaatnya Bagi Pemilik Kendaraan

Jika kalian hendak bepergian, sebaiknya pilih tempat parkir yang dekat dengan keramaian. Kalau bisa pilih tempat yang terpantau CCTV, agar lebih aman dari incaran maling. Hindari memilih tempat yang sepi dan gelap, karena akan menjadi target empuk bagi kawanan pencuri. Dengan melakukan cara ini, kalian bisa meminimalisir tindakan jahat dari para pencuri mobil.

Pasang Alarm dan Gunakan Kunci Tambahan

Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib kalian miliki untuk meminimalisir terjadinya pencurian mobil. Meski ada beberapa kasus pencurian berhasil mengakali dari sistem alarm. Akan tetapi, setidaknya keberadaan alarm dapat memperlambat aksi maling mobil.

Pada saat maling membuka paksa pintu mobil, secara otomatis alarm akan mengeluarkan bunyi nyaring hingga membuat panik pencuri. Namun bagi pencuri handal, mereka mudah saja menaklukkan sistem tersebut. Sehingga alarm saja sepertinya tidak cukup untuk menghadapi maling jaman sekarang yang sudah profesional.

Baca Juga : Tips Agar Motor Aman dari Maling, Pasang 6 Perangkat Tambahan Ini

Agar mobil aman dari maling kalian bisa menambah keamanan dengan menggunakan kunci tambahan. Biasanya kunci ini terpasang pada lingkar kemudi atau roda kendaraan. Dengan kunci tambahan ini, akan membuat mobil tetap berada di tempatnya meskipun pencuri berhasil menyalakan mobil.

Gunakan GPS

Penggunaan GPS tracker perlu sebab alat ini berguna untuk melacak terhadap jejak kendaraan. Selain itu GPS ini mampu memantau posisi kendaraan dalam real time. Sehingga jika pada suatu kondisi, mobil kalian hilang dengan alat ini akan memudahkan mengetahui keberadaan mobil.

Lakukan Cek Ulang

Salah satu langkah agar mobil aman dari maling, sebaiknya biasakan lakukan cek ulang sebelum meninggalkan kendaraan. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat dan alarm telah dalam posisi on atau menyala. Sekilas memang merepotkan, tetapi cara ini perlu untuk memastikan keamanan kendaraan kalian.

Jangan Meninggalkan Barang Berharga

Beberapa hal yang terkadang menjadi incaran para pencuri adalah karena terdapatnya barang berharga dalam mobil. Misalnya saja ponsel, dompet, perhiasan atau barang bernilai tinggi lainnya. Sebaiknya jika bepergian hindari membawa barang berharga jika tidak begitu memerlukannya. Jika memang harus membawanya, pastikan untuk tidak meninggalkan barang berharga begitu saja agar mobil aman dari maling. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto