Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TasikmalayaAktivis Lingkungan Tasikmalaya Pantau Tambang Emas di Karangjaya

Aktivis Lingkungan Tasikmalaya Pantau Tambang Emas di Karangjaya

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Aktivis lingkungan yang tergabung dalam Kawal Wahana Lingkungan (KAWALI) Tasikmalaya, Jabar, melakukan pemantauan ke lokasi tambang emas rakyat di Karangjaya, Kabupaten Tasik, Kamis (3/6/2021).

Kawasan tambang emas tersebut berada di kawasan perkebunan milik Perhutani BKPH Tasikmalaya.

Pantauan HR Online, sejumlah unsur muspika kecamatan Karangjaya dan pejabat Dinas Lingkungan Hidup ikut mendampingi aktivis lingkungan melakukan survei.

Baca Juga: Pemuda NU Minta Polisi Usut Kasus Penganiayaan Ulama di Tasikmalaya

Perwakilan Koalisi Kawali Indonesia Dwinanto mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan ternyata masih ada aktivitas penambangan di lokasi tersebut.

Ia menyebut, ada beberapa titik lokasi tambang emas rakyat di kawasan hutan KPH Perhutani RPH Cineam itu, tepatnya di Blok 27.

Pihaknya mengaku prihatin lantaran kegiatan penambangan emas rakyat ini tidak memperhatikan aspek keselamatan untuk para penggalinya sendiri.

“Kita prihatin, mereka para penggali tidak memikirkan keselamatannya,” ungkap Dwinanto.

Ia menjelaskan, survei yang dilakukan aktivis lingkungan Tasikmalaya ini tak lain untuk mengetahui dampak dari kegiatan tambang emas rakyat tersebut.

Pihaknya akan melakukan uji kandungan kimia dari kegiatan tersebut.

“Kta jugaakan ukur berapa meter dalam lubang tambang ini, karena berpotensi menimbulkan longsor,” pungkasnya. (Apip/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img