Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Cek BPOM Solusi Tepat Bagi Para Konsumen Cerdas

Aplikasi Cek BPOM Solusi Tepat Bagi Para Konsumen Cerdas

Aplikasi Cek BPOM saat ini dapat Anda unduh pada gadget yang Anda miliki. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda untuk cek BPOM pada produk. Pada era perdagangan bebas ini, Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar tentu jadi target pasar yang sangat potensial.

Hal ini mengingat makin banyak produk obat serta makanan produksi, baik dari dalam negeri atau luar negeri. Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia hendaknya harus cerdas saat memilih makanan atau obat-obatan yang dijual secara bebas.

Baca Juga: Aplikasi MNC Trade New Solusi Tepat Bagi Investor, Berikut Kelebihannya!

Tentang Aplikasi Cek BPOM

Cek BPOM merupakan salah satu aplikasi berbasis Android. Melalui aplikasi ini menampilkan data produk yang diperbolehkan beredar di Indonesia. Berbagai produk yang boleh beredar tersebut telah melalui proses evaluasi oleh Pre-Market.

Sebelum membeli suatu produk, hendaknya masyarakat melakukan Cek KLIK yakni mengecek kemasan, label, izin edar serta kadaluarsa dari produk tersebut.

Selain itu, saat ini, masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi pengecekan makan yang dapat Anda unduh melalui layanan Play Store dengan menggunakan ponsel Android yang Anda miliki.

Aplikasi tersebut bernama Cek BPOM serta BPOM Mobile. Cek BPOM bermanfaat untuk membantu konsumen dalam mengidentifikasi produk akan kebenaran izin edarnya apakah asli atau fiktif. Para konsumen tinggal memasukkan nama produk atau nomor registrasi.

Sedangkan untuk aplikasi BPOM Mobile menggunakannya dengan barcode dan telah bekerjasama dengan produsen produk yang bersangkutan. Para produsen memberi barcode pada kemasan, sehingga masyarakat dapat mengeceknya langsung. Namun hingga saat ini belum semua produk menggunakan barcode sehingga tidak semua produk dapat melalui pengecekan dengan menggunakan aplikasi BPOM Mobile.

Pentingnya Cek Produk BPOM

Saat ini masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas yakni dengan melakukan cek produk BPOM dengan cara online mandiri. Hal ini bertujuan untuk melindungi para konsumen dari bahan kimia berbahaya pada suatu produk pangan maupun kecantikan.

Dengan hadirnya aplikasi Cek BPOM sangat mempermudah konsumen untuk mengetahui aman atau tidaknya suatu produk yang akan mereka konsumsi atau gunakan untuk tubuh. Terlebih lagi, saat ini banyak beredar kosmetik ataupun makanan yang mengandung zat berbahaya di pasaran.

Syaratnya pun cukup mudah, konsumen hanya perlu menginput nomor registrasi nama produk, merek serta nama pendaftar. Dengan demikian, para konsumen dapat mengetahui apakah produk tersebut telah terdaftar resmi atau belum pada situs resmi BPOM.

Dengan melakukan pengecekan produk BPOM dengan cara online, maka masyarakat bisa mencocokkan nomor dari BPOM yang telah tertera pada produk kemasan melalui smartphone. BPOM memiliki tugas dan fungsi sesuai Peraturan Presiden No 80 Th 2017 mengenai Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Bahwa BPOM berhak memberikan label resmi pada segala jenis obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan, serta berbagai jenis produk pangan olahan. Oleh karena itulah konsumen perlu memahami dengan baik bagaimana tentang cara atau prosedur cek produk BPOM dengan cara online.

Baca Juga: Aplikasi Oculus Quest Akan Bantu Pengembangan Iklan di Facebook

Cara Menggunakan Aplikasi Cek BPOM

Untuk dapat mengakses daftar produk yang telah BPOM tarik, maka Anda harus mengunduh aplikasi tersebut. Adapun caranya adalah:

  • Download dan install aplikasi BPOM pada layanan Google Play Store
  • Selanjutnya buka aplikasi dan masuk ke dalamnya
  • Pada halaman utama, klik tombol “semua produk”. Berikutnya Anda dapat memilih produk teregistrasi, pembatalan produk, serta public warning
  • Langkah berikutnya, klik “Nomor Registrasi”, di sini Anda dapat memilih kata kunci pencarian dengan menggunakan nomor registrasi, nomor produk atau nama dagang dan juga nama produsen atau importir.
  • Lalu klik “Cari Produk”, selanjutnya data produk yang Anda maksud pun akan tampil secara lengkap

Dalam menggunakan aplikasi Cek BPOM pastikan perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Cara yang paling mudah ketika melakukan nomor BPOM dari suatu produk yakni dengan pengecekan menurut merek maupun nama produk.

Apabila nomor BPOM telah tertera pada kemasan produk, maka konsumen tinggal mencocokan keabsahan informasi produk tersebut. Sebab terdapat pula beberapa produk yang mempunyai BPOM palsu yang masih lolos di pasaran.

Dengan hadirnya aplikasi Cek BPOM dapat menjadi terobosan terbaik untuk memudahkan bagi para pelaku usaha retail dalam memberikan edukasi. Selain itu, juga memberikan pemahaman bagi masyarakat dalam pengecekan keabsahan, untuk benar tidaknya label dan izin dari suatu produk. Sehingga konsumen akan lebih aman dalam menggunakan produk yang bersangkutan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang