Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan Masing-Masing Wilayah, Ini Daftarnya!

Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan
Ilustrasi Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan. Foto: Ist/Net

Aplikasi cek plat nomor kendaraan dapat memberikan kemudahan bagi anda yang ingin mengecek keabsahan dari plat nomor kendaraan yang anda miliki.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, dapat mempermudah dalam mengetahui nomor serta berbagai informasi yang berhubungan dengan plat nomor kendaraan. Seperti pajak yang harus keluar dan lain sebagainya tanpa harus datang langsung ke kantor Samsat.

Hanya dengan menggunakan perangkat Android, maka proses pengecekan pun akan lebih simple. Hal ini tentu juga  dapat anda lakukan kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga: Aplikasi Pembayaran Online Gratis Untuk Usaha Kecil

Daftar Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan Terbaik

Plat nomor kendaraan merupakan identitas resmi dari Kepolisian yang terpasang pada setiap kendaraan baik motor ataupun mobil. Tujuan dari pengecekan plat nomor bukan hanya untuk mengetahui pemilik kendaraan bermotor saja, akan tetapi juga sebagai sarana untuk mengetahui besaran biaya pajak kendaraan bermotor.

Dengan cek plat nomor kendaraan, maka kita akan mengetahui nama pemilik, tahun pembuatan kendaraan, nomor rangka atau nomor mesin.

Juga berapa NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor pada kendaraan tersebut. Adapun aplikasi cek plat nomor kendaraan dari berbagai daerah di Indonesia antara lain:

e-Dempo Samsat Online Sumsel

Secara umum, untuk mengecek plat nomor kendaraan masing-masing wilayah mempunyai platform untuk memudahkan hasil pencariannya. Hal ini dikarenakan jumlah kendaraan yang semakin banyak dalam setiap harinya.

Sehingga memerlukan adanya data yang akurat untuk diberikan. Khususnya bagi anda yang berada di wilayah Sumatera Selatan, dapat cek plat nomor kendaraan melalui aplikasi e-Dempo Samsat Online Sumsel.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengecek PKB yang harus mereka bayarkan secara lebih efisien. Namun proses pembayaran pajak tersebut harus anda lakukan secara langsung ke kantor Samsat.

Baca Juga: Aplikasi Perpanjang Paspor Online, Simak Cara Menggunakan Lengkap

SAMBARA

SAMBARA merupakan aplikasi cek plat nomor kendaraan untuk wilayah Jawa Barat. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka anda dapat mengakses keperluan mengenai nomor kendaraan.

Selanjutnya, masukkan nomor kendaraan yang anda miliki yang kemudian akan tampil informasi yang anda butuhkan. SAMBARA sendiri adalah salah satu aplikasi resmi buatan Puslia Bapenda Provinsi Jawa Barat.

Kehadiran aplikasi ini sangat mempermudah para pengguna untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap. Termasuk dengan informasi pembayaran pajak kendaraan motor untuk wilayah hukum Jawa Barat. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, anda dapat mendownload melalui aplikasi Google Play Store secara gratis.

Samsat Delivery

Merupakan aplikasi cek plat nomor kendaraan untuk wilayah Nusa Tenggara Barat. Aplikasi ini cukup canggih untuk anda gunakan, terutama sangat bermanfaat bagi masyarakat yang kurang terjangkau dari kantor Samsat.

Dalam menggunakan aplikasi tersebut, pengguna dapat menggunakan cara COD pembayaran. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat memperoleh informasi terkait klaim asuransi serta pelayanan lainnya.

Pengguna dapat mengecek nomor plat kendaraan dengan cara memasukkan setiap nomor pada halaman yang telah tersedia. Dengan demikian pengecekan PKB menjadi lebih mudah serta praktis.

Baca Juga: Aplikasi CyberReal AR dengan Teknologi Spasial Real-Time dan AI Engine

Peluit Ditlantas Polda Aceh

Sesuai dengan namanya, aplikasi cek plat nomor kendaraan khusus untuk wilayah Aceh. Dalam aplikasi ini terdapat fitur e-Samsat serta e-SIM dengan cara penggunaan yang sangat mudah.

Selain untuk mengecek plat nomor kendaraan, pengguna, pengguna juga dapat membuat formulir secara online untuk melakukan pengaduan atas kecelakaan yang terjadi di sekitar anda. Hal ini tentu sangat membantu, dengan demikian para korban kecelakaan bisa lebih tertolong dengan cepat.

Dan masalah pun lebih cepat memperoleh penanganan dari pihak kepolisian. Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, aplikasi peluit ditlantas Polda Aceh juga memperoleh kelengkapan dengan fitur cek plat nomor kendaraan serta pajak yang harus anda bayarkan.

Sakpole e-Samsat Jateng

Wilayah selanjutnya yang menyediakan adanya platform online adalah Jawa Tengah dengan nama Sakpole e Samsat Jateng. Aplikasi resmi ini dapat anda download melalui Play Store secara gratis.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengakses berbagai informasi yang penting. Misalnya, nilai jual kendaraan bermotor, lalu informasi yang berhubungan dengan PKB terkini, pengecekan nomor plat yang akurat, dan lain sebagainya.

Aplikasi cek plat nomor kendaraan untuk wilayah lainnya antara lain Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta, RC Polda Kalimantan Tengah, E-Smart Samsat Jatim, Simpator dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut selain mampu memberikan kemudahan dalam proses juga mampu memberikan informasi penting yang anda perlukan terkait dengan kendaraan bermotor yang anda gunakan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang