Aplikasi Hemat Listrik Leastric, Karya Anak Bangsa yang Dipuji Apple

Aplikasi Hemat Listrik
Ilustrasi Aplikasi Hemat Listrik. Foto: Ist/Net

Aplikasi hemat listrik saat ini tentu sangat diperlukan oleh semua kalangan masyarakat. Baru-baru ini yang cukup mencuri perhatian, bahkan oleh perusahaan smartphone ternama dunia Apple adalah kehadiran aplikasi buatan anak bangsa yang sangat bermanfaat untuk menghemat listrik.

Aplikasi itu bernama Leastric yang dapat membantu pengguna untuk menghemat penggunaan listrik, baik rumah ataupun tempat usaha.

Pada awalnya, aplikasi ini merupakan tugas akhir dari Marilyn Parhusip bersama beberapa rekannya di Apple Developer Academy. Nama Leastric mereka ambil dari gabungan kata lease dan electricity.

Dalam hal ini, Marilyn mengungkap bahwa aplikasi ini dapat memberikan solusi untuk melakukan penataan listrik yang telah digunakan. Selain itu, Leastric juga memungkinkan pengguna untuk membandingkan pemakaian dari bulan sebelumnya serta memastikan tagihan listrik.

Baca Juga: Aplikasi Si Melon Ijo Resmi Diluncurkan Pemkot Malang, Ini Ulasannya!

Mengenal Aplikasi Hemat Listrik Bernama Leastric

Kehadiran Leastric baru-baru ini sempat membuat Apple melirik Indonesia. Aplikasi tersebut benar-benar karya dari putra-putri anak bangsa. Mereka menjadi pemrakarsa dari aplikasi yang kedepannya sangat bermanfaat bagi jutaan populasi di dunia ini.

Ada nama seorang wanita hebat di balik kesuksesan aplikasi penghemat listrik yang bernama Leastric ini. Wanita itu adalah Marilyn Parhusip yang merupakan seorang alumni Universitas Katolik Indonesia Atam Jaya.

Marilyin Parhusip kemudian melanjutkan studi magisternya di Master of Engineering (MEng) University of Tehnology, Sidney. Sepulang dari Australia, ia mendapati sang ibu marah karena tagihan listrik yang mengalami lonjakan drastis di mana penggunaannya tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Berawal dari permasalahan tersebut, akhirnya Marilyin menganggap permasalahannya menjadi tugas pada saat menjadi IOS developer di Apple Developer Academy Indonesia pada tahun 2019 lalu bersama beberapa rekannya.

Berawal dari adanya masalah pencatatan listrik, maka pihak mentor memberi tenggang waktu selama 3 bulan bagi Marilyn bersama rekan-rekannya untuk mengembangkan Leastric.

Kemudian untuk menjadi sebuah aplikasi yang bermanfaat serta dapat dipamerkan. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Marilyn dan rekan-rekannya. Pasalnya, mereka tidak hanya perlu menyiapkan adanya software, akan tetapi juga hardware untuk membantu proses pemantauan.

Baca Juga: Aplikasi Karikatur PC Terbaik, Ubah Foto Jadi Lebih Menarik dan Unik

Kelebihan dan Cara Kerja Aplikasi Hemat Listrik Leastric

Dijelaskan oleh Marilyn, Leastrick mampu memberikan solusi untuk melakukan pencatatan listrik yang telah masyarakat gunakan. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membandingkan pemakaian listrik dalam setiap bulannya dan memastikan tagihan listrik.

Aplikasi hemat listrik ini dapat melihat perangkat mana yang paling boros mengkonsumsi listrik. Selain itu, Leastric juga dapat memonitor beberapa listrik yang telah terpakai untuk memastikan bisa atau tidaknya menyolok alat baru.

Dengan demikian, dapat terhindar dari adanya mati listrik yang mendadak. Untuk memantau penggunaan listrik, aplikasi ini memasang alat khusus yang dapat mengumpulkan data penggunaan listrik. Data tersebut akan nampak pada aplikasi yang tersedia pada App Store ataupun Play Store.

Akan tetapi, jebolan University Technology Sydney tersebut menegaskan jika Leastric bukanlah suatu alat penghemat listrik secara harfiah. Akan tetapi, aplikasi ini dapat membantu perencanaan konsumsi listrik sehingga dapat mengurangi pengguna yang tidak Anda perlukan.

Aplikasi hemat listrik satu ini menampilkan perangkat yang paling besar konsumsi listriknya. Sebagaimana para pengguna ingin mengurangi 5%, maka cukup kurangi penggunaan 3 alat tersebut.

Kemudian Leastric akan memberikan saran untuk mengurangi penggunaan selama dua jam per hari. Dengan demikian, konsumsi listrik akan berkurang dari sebelumnya. Leastric hanya dapat membantu menghemat listrik, bukan berarti menurunkan daya listrik.

Leastric Memperoleh Pujian dari Apple

Kerja keras Marilyn bersama rekan-rekannya dapat menciptakan aplikasi hemat listrik pun memperoleh pujian dari Apple. Perusahaan ini memasukkan Leastric dalam daftar spotlight.

Mereka yang berhasil masuk spotlight akan mempresentasikan aplikasi buatannya dengan menteri. Pada saat Leastric berhasil mereka presentasikan, banyak pujian yang mereka peroleh. Bahkan ada seorang pebisnis yang secara langsung ingin memasang Leastric.

Saat ini aplikasi hemat listrik Leastric mempunyai segmen untuk pebisnis. Pasalnya, banyak pelaku bisnis memberikan solusi mengenai pemantauan listrik.

Akhirnya saat ini pengguna Leastric cukup banyak, mulai dari hotel, apartemen, hingga pemilik kos-kosan. Meskipun demikian, aplikasi hemat listrik satu ini tidak menutup diri apabila terdapat konsumen rumahan yang ingin menginstalasi dari solusi yang mereka berikan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang