Aplikasi Oculus Quest Akan Bantu Pengembangan Iklan di Facebook

Aplikasi Oculus Quest
Ilustrasi Aplikasi Oculus Quest. Foto: Ist/Net

Aplikasi Oculus Quest merupakan salah satu headset VR mandiri yang dapat membantu game serta aplikasi tanpa PC dekstop. Para pengguna pada umumnya menginstal game serta aplikasi melalui fitur ini.

Akan tetapi, pengguna juga dapat melakukan sideload aplikasi tidak resmi dengan menggunakan perangkat PC. Dengan menggunakan Oculus Quest, banyak manfaat yang dapat Anda peroleh.

Bahkan dalam waktu dekat ini Facebook akan melakukan uji coba dalam memunculkan iklan pada sistem virtual reality (VR) Oculus Quest milik perusahaan.

Facebook akan segera memulai proses uji coba iklan ini dalam kurun waktu beberapa minggu mendatang.  Hal ini berdasarkan laporan dari The Verge pada Jumat 18 Juni 2021.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video PC Ringan Paling Direkomendasikan, Berikut Daftarnya

Manfaat Aplikasi Oculus Quest

Dalam beberapa minggu mendatang Facebook berencana akan memulai pengujian iklan yang akan dapat dilihat oleh para pemilik Oculus Quest. Iklan tersebut dapat mereka lihat ketika bermain game serta menggunakan aplikasi dengan perangkat headset mereka.

Pertama akan muncul pada ledakan, game tembak menembak orang pertama dari Resolution Games. Hal ini diikuti oleh perangkat lunak dari dua pengembang lain yag tidak disebutkan namanya. Untuk saat ini Facebook sedang melakukan pengujian dengan beberapa aplikasi.

Selanjutnya perusahaan akan melihat bagian pengujian tersebut berjalan serta menggabungkan umpan balik dari pengembang dan komunitas.

Kemudian perusahaan akan memberikan detail lebih lanjut mengenai kapan iklan dapat tersedia secara lebih luas pada seluruh platform Oculus serta pada aplikasi seluler Oculus Quest. Hal ini berdasarkan penjelasan langsung pihak Facebook dalam sebuah postingan blog yang telah The Verge temukan.

Facebook Akan Perluas Sistem Iklan pada Aplikasi Oculus Quest

Rencana pengembangan iklan ini berdasarkan masukan atau feedback dari para pengguna. Serta secara lebih lanjut akan menciptakan “platform mandiri” untuk pengembangan VR. Dengan adanya rencana tersebut, Facebook telah lebih dulu memperkenalkan iklan pada aplikasi mobile Oculus di bulan lalu.

Selanjutnya, Facebook pun memakai data tersebut guna menargetkan iklan pada Facebook sejak tahun 2019 lalu. Setelah Facebook mengetahui hasil pengujian ini dan feedback dari para pengembang serta komunitas.

Maka baru akan mereka ungkap kapan iklan akan tersedia di seluruh platform Oculus serta pada aplikasi mobile Oculus Quotes.

Data Informasi Pengguna

Sama halnya saat menggunakan aplikasi Facebook pada fitur lainnya, pengguna dapat memblokir postingan atau perusahan yang muncul pada slot iklan.

Dalam hal ini, perusahaan menjelaskan bahwa mereka sama sekali tidak merubah tentang cara mengumpulkan serta menganalisis informasi pengguna.

Selain itu, dalam rencana pengembangan iklan melalui aplikasi Oculus Quest ini, Facebook tidak dapat mengumpulkan berbagai informasi data sensitif.

Seperti gambar dari kamera headset Oculus serta informasi berat atau tinggi badan dari para pelacak kebugaran Oculus Move yang terdapat pada perangkat. Facebook juga tidak mempunyai rencana untuk menargetkan iklan sesuai dengan data pergerakan atau rekaman dari asisten suaranya.

Belum Pasti Dimana Iklan Akan Ditampilkan

Meskipun rencana pengembangan iklan Facebook melalui aplikasi Oculus Quest telah terungkap. Akan tetapi hingga kini Facebook pun masih belum bisa menentukan tempat untuk iklan tersebut akan tampil.

Sedangkan di sisi lain, Facebook juga belum melakukan identifikasi pada aplikasi lain yang akan mereka sisipi iklan. Meskipun kabarnya Facebook telah akan mencantumkan nama-nama aplikasi dalam beberapa minggu mendatang.

Saat ini, Facebook tengah berinvestasi dalam iklan yang tidak mencolok. Hal ini sebagai cara baru bagi para pengembang untuk membangun bisnis. Meskipun belum cukup siap uji, pihak Facebook juga telah mengeksplorasi format iklan baru yang unik untuk VR.

Selain itu, Facebook mengatakan bahwa iklan merupakan bagian dari upaya untuk mencari tahu opsi bisnis yang cukup menguntungkan pada bidang pengembangan aplikasi Oculus Quest.

Secara khusus, perusahaan telah berusaha keras untuk mencatat bahwa tidak akan menggunakan informasi yang tersimpan pada Oculus Quest untuk menargetkan promosi tertentu bagi pengguna.

Selanjutnya Facebook akan memperkenalkan iklan dalam aplikasi untuk mengeksplorasi berbagai cara baru untuk membantu pengembang dalam menghasilkan pendapatan. Dalam hal ini Faecbook akan menjadikan aplikasi Oculus Quest sebagai platform yang “berkelanjutan”. (R10/HR Online)

Editor: Jujang