Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Pengaman WA AppLock, Amankan Privasi dan Data Penting di HP

Aplikasi Pengaman WA AppLock, Amankan Privasi dan Data Penting di HP

Aplikasi pengaman WA penting untuk Anda miliki demi keamanan informasi yang tersimpan dalam WhatsApp. Saat ini hadirnya koneksi internet serta teknologi ponsel pintar, maka berbagai informasi pun dapat tersebar dengan cepat hanya dalam hitungan detik saja.

Baca Juga: Aplikasi Font untuk Whatsapp, Pengguna Android dan iOS Wajib Punya

Dari berbagai informasi tersebut, tentunya ada yang bersifat rahasia, penting serta privat. Hal ini artinya informasi tersebut hanya tertuju pada orang-orang tertentu saja.

Salah satu jenis aplikasi yang sering digunakan bertukar informasi yakni WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang terdapat pada ponsel pintar.

Menurut fungsinya, WhatsApp hampir sama dengan SMS hanya saja pengiriman pesan pada WhatsApp tidak secara langsung menggunakan pulsa akan tetapi menggunakan koneksi internet.

Mengetahui Aplikasi Pengaman WA

Aplikasi WhatsApp jauh lebih unggul apabila kita bandingkan dengan SMS. Karena tidak hanya bisa mengirim karakter tulisan saka akan tetapi juga dapat mengirim gambar, foto, file dokumen, lokasi hingga video.

Akan tetapi bagi Anda yang sering memanfaatkan WhatsApp sebagai sarana bertukar informasi yang bersifat pribadi ataupun rahasia. Maka Anda perlu menambahkan adanya proteksi tambahan.

Salah satunya adalah mengunci aplikasi WhatsApp. Salah satu aplikasi pengamanan WA yang cukup direkomendasikan adalah AppLock.

Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat menjadi alat pelindung yang cukup ringan untuk melindungi privasi Anda pada aplikasi seluler. AppLock dapat mencegah akses tidak sah serta sangat menjaga keamanan privasi seluler Anda.

Pada AppLock memiliki kunci pola yang lebih mudah dan tepat untuk membuka kunci PIN mempunyai keyboard yang acak. Sehingga jauh lebih aman bagi Anda untuk mengunci aplikasi WhatsApp. Maka, tidak perlu khawatir lagi terhadap pihak lain yang mungkin mengintip password atau pola.

Adapun cara menggunakan aplikasi pengaman WA satu ini cukup mudah. Dengan AppLock Anda dapat mengunci aplikasi WhatsApp sehingga privasi lebih terjamin. Langkah-langkahnya antara lain:

Install Aplikasi AppLock untuk Pengaman WA

Aplikasi ini cukup ringan untuk Anda gunakan karena berukuran paling kecil daripada dengan aplikasi pengaman WA lainnya. Selain itu juga aplikasi besutan SpSoft ini mempunyai review dari para pengguna yang cukup bagus.

Baca Juga: Aplikasi Notes di Android, Catatan Harian Lebih Aman dan Mudah Diingat

Ketika pertama kali Anda membuka aplikasi ini, maka akan langsung terdapat permintaan untuk memasukkan angka kombinasi yang nantinya akan Anda gunakan untuk membuka kunci pada aplikasi WhatsApp.

Menjalankan Aplikasi AppLock

Langkah selanjutnya dalam menggunakan aplikasi pengaman WA, AppLock adala memilih aplikasi mana saja yang akan Anda kunci selain aplikasi WhatsApp.

Anda dapat menggeser tombol samping kanan sebagai cara mengaktifkan kunci dari aplikasi yang Anda inginkan. Apabila muncul sebuah permintaan permission, maka Anda perlu, mengaktifkan terlebih dahulu. Selanjutnya dapat Anda klik tombol back untuk kembali ke aplikasi AppLock.

Fitur Kunci Aplikasi Telah Aktif

Pada bagian layar aplikasi pengaman WA ini selanjutnya akan muncul dari aplikasi yang nantinya akan dikunci. Selanjutnya Anda tinggal mencoba membuka WhatsApp yang telah memperoleh tambahan kunci pengaman. Apabila muncul notifikasi yakni permintaan layanan untuk tinggal, maka izinkan dengan cara menggeser tap tombol sampai berwarna biru.

Menjalankan Aplikasi WhatsApp

Pada saat membuka aplikasi WhatsApp, maka akan muncul tampilan deretan angka. Supaya aplikasi WhatsApp dapat terbuka, maka Anda perlu memasukkan kombinasi angka yang sebelumnya telah Anda buat pada langkah pertama.

Setelah kombinasi angka tersebut sesuai, maka aplikasi WhatsApp akan terbuka seperti biasanya. Penggunaan aplikasi pengaman WA ini juga dapat Anda terapkan pada jenis aplikasi lainnya. Kemudian, dapat mengulang pada langkah kedua serta memilih mana saja aplikasi yang akan Anda kunci.

Dengan memanfaatkan aplikasi pengaman ini, maka Anda pun akan memperoleh beragam manfaat. Antara lain dapat menjaga privasi Anda, menjaga kerahasiaan berbagai file dokumen yang Anda miliki serta menjaga setting aplikasi.

Dengan demikian, pihak lain pun tidak akan dapat melihat history chat WhatsApp Anda, kecuali mereka tahu angka kombinasi pada aplikasi AppLock yang sudah Anda buat.

Terutama jika ponsel Anda sering dimainkan oleh anak-anak, yang menyebabkan beberapa aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Maka dengan menggunakan aplikasi pengaman WA satu ini dapat menghindarkan dari berbagai permasalah tersebut. (R10/HR Online)