Aplikasi Pindai Dikti Siap Bantu Pantau Mutu Perguruan Tinggi Indonesia

Aplikasi Pindai Dikti
Ilustrasi Aplikasi Pindai Dikti. Foto: Ist/Net

Aplikasi Pindai Dikti akhirnya resmi diluncurkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset serta Teknologi.

Nama dari aplikasi ini berasal dari singkatan dari Papan Informasi serta Data Institusi Pendidikan Tinggi. Aplikasi ini hadir untuk memantau perkembangan pengelola serta kinerja perguruan tingginya, baik negeri atau swasta.

Selain itu, aplikasi ini juga menjadi dasar pengambilan kebijakan pada pengendalian perguruan tinggi. Pasalnya, dalam aplikasi ini dapat menyajikan representasi data-data dari beragam sistem layanan.

Hal ini sesuai dengan penjelasan dari Ridwan. Direktur Kelembagaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Belum lama ini terungkap, tepatnya pada Rabu 2 Juni 2021 lalu. Info lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Baca Juga: Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan Masing-Masing Wilayah, Ini

Mengenal Aplikasi Pindai Dikti

Upaya memberikan informasi kepada masyarakat mengenai profil perguruan tinggi serta supaya masyarakat dapat mengetahui mutu dari perguruan tinggi. Bahkan juga melakukan pengendalian mutu perguruan tinggi.

Merupakan aplikasi Papan Informasi serta Data Institusi Pendidikan Tinggi yang resmi meluncur pada Rabu 2 Juni 2021 kemarin. Beralih ke peluncuran aplikasi Pindai Dikti. Dalam acaranya, hadir sejumlah tokoh penting serta tim suksesnya.

Ridwan dalam acara ini memberikan penjelasan. Aplikasi Papan Informasi serta Data Institusi Pendidikan Tinggi adalah sistem informasi yang terbangun untuk memantau perkembangan pengelolaan serta kinerja perguruan tingginya.

Dengan demikian, aplikasi terbaru yang satu ini pun dapat bermanfaat sebagai dasar pengambilan kebijakan pada pengendalian perguruan tinggi.

Manfaat Aplikasi Pindai Dikti

Papan Informasi serta Data Institusi Pendidikan Tinggi pada prinsipnya menyajikan profil serta kinerja perguruan tingginya yang terdiri dalam 5 kelompok data.

Data dasar perguruan tinggi, data pengelolaan perguruan tinggi, data mutu perguruan tinggi, data kinerja, serta data capaian 8 IKU bagi PTN yang selalu melalui proses pemutakhiran.

Pada 8 IKU ini hadir untuk mengukur keberhasilan dalam transformasi pendidikan tinggi pada masing-masing perguruan tinggi. Berbagai data yang terdapat pada aplikasi ini berasal dari beberapa sistem layanan.

Data ini berfungsi untuk memberi gambaran informasi yang berhubungan dengan kinerja perguruan tingginya dalam Indonesia. Aplikasi Pindai Dikti juga memiliki manfaat lain. Manfaatnya untuk mendorong manajemen pendidikan tinggi agar lebih modern lagi.

Dengan basis atau menjadi informasi yang populer dengan sebutan database atau pangkalan data yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan bagi manajemen serta pengembangan mutu berkelanjutan.

Melalui aplikasi ini, kita dapat melihat profil sebuah perguran tinggi serta posisi relative institusi terhadap perguruan tinggi lainnya.

Baik dalam kelompok perguruan tinggi berdasar bentuk pengelolaan dan pada keseluruhan perguruan tinggi yang berada pada wilayah Indonesia.

Dengan menyatukan banyak data yang ada dengan tujuan agar dapat tersaji menjadi informasi yang lebih mudah masyarakat baca dan pahami. Data tersebut dalam bentuk numerik ataupun grafik sebagai papan informasi serta data institusi pendidikan tinggi.

Baca Juga: Aplikasi Tuntunan Sholat Praktis dan Lengkap, Berikut Daftar Pilihannya!

Data Pengelolaan Perguruan Tinggi

Mengenai data pengelolaan perguruan tinggi yang berhubungan dengan SNDIKTI terdiri dari data jumlah dosen tetap baik yang NIDN atau NIDK. Aplikasi Pindai Dikti memang bermanfaat.

Lalu juga data tren jumlah mahasiswa aktif 3 tahun terakhir data laporan akuntabilitas perguruan tinggi yang merupakan data laporan non akademik. Tak hanya itu saja, masih ada banyak kegunaan dan manfaat lainnya yang sayang apabila terlewat.

Terdapat pula data luas lahan perguruan tinggi, data daya tampung mahasiswa baru, data ruang kuliah serta laboratorium, data status PT, bahkan data status pembinaan PT yang menerima sanksi. Sedangkan data untuk prodi, terdiri dari pendataan akreditasi prodi dalam peringkat akreditasi minimum C.

Lalu data prodi terakreditasi internasionalnya, data jumlah prodi kerja sama internasional dan internasional, terdapat pula data jumlah prodi yang memenuhi jumlah dosen tetap minimal 5 orang. Bahkan data jumlah prodi yang memenuhi rasio dosen terhadap mahasiswa.

Dengan hadirnya aplikasi Papan Informasi serta Data Institusi Pendidikan Tinggi, semoga dapat mendorong peningkatan mutu yang berkelanjutan.

Lalu juga mampu memberikan semangat untuk terus memperbaiki diri. Semangat untuk berbagi serta bergotong-royong antara perguruan tinggi Indonesia. Dalam era yang serba canggih seperti sekarang ini, pemanfaatan aplikasi memang menjadi solusi terbaik.

Manfaatkan aplikasi Pindai Dikti. Tak lain untuk mengetahui pencapaian mutu perguruan tinggi dalam Indonesia. Bahkan sebagai bentuk akuntabilitas serta transparansi manajemen modern yang merupakan kewajiban sesuai dengan UU Keterbukaan Informasi Publik. (R10/HR Online)

Editor: Jujang