Atur Equalizer iPhone untuk Peroleh Audio Musik Optimal, Simak Caranya!

Atur Equalizer iPhone
Ilustrasi Atur Equalizer iPhone. Foto: Ist/Net

Atur equalizer iPhone dapat Anda lakukan dengan cara yang cukup mudah. Bagi Anda pengguna perangkat iPhone, terkadang memiliki suara audio yang kurang pas atau terdengar tidak jernih di telinga, padahal Anda telah menggunakan speaker stereo.

Maka jangan buru-buru untuk mengganti speaker atau gadget yang Anda miliki. Siapa tahu masalah tersebut dapat Anda atasi dengan melakukan pengaturan audio pada equalizernya.

Cara Atur Equalizer iPhone

iPhone merupakan smartphone buatan Apple yang menggunakan sistem operasi khusus yakni iOS. Kelebihan dari smartphone ini adalah mengandalkan antarmuka yang cukup simpel, layar touch screen, serta papan ketik virtual. Bagi para pengguna gadget Apple, pernahkah Anda mengganti mode Qualizer dari menu Pengaturan?

Baca Juga : Mematikan VoiceOver di iPhone Praktis, Penting untuk Dipahami!

Seperti yang kita ketahui, sejak peluncuran iOS 7, para pengguna perangkat Apple dapat menemukan equalizer dalam pengaturan perangkat. Dalam hal ini, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan equalizer pada perangkat iPhone yang Anda gunakan.

Beberapa pengaturan equalizernya lebih cenderung ke lini bass serta lainnya. Dengan tujuan untuk membuat frekuensinya yang lebih jelas dan tinggi. Saat atur equalizer iPhone, Anda perlu mempertimbangkan untuk merubah pengaturan tersebut.

Sesuaikan dengan jenis musik yang akan Anda dengarkan. Untuk musik rock serta dance cenderung kedengaran lebih bagus dalam bass yang rendah.

Sedangkan musik klasik serta jazz lumayan lebih treble bahkan bassnya dikurangi. Berikut ini beberapa cara atur equalizer iPhone yang dapat Anda terapkan pada perangkat Anda, antara lain:

Tentukan Pengaturan Equalizer pada Setiap Lagu

Kurang puas dengan pengaturan equalizer yang telah terintegrasi dengan gadget Anda? Hal ini mungkin dapat terjadi saat Anda mendengarkan musik dari beragam genre yang berbeda.

Baca Juga : Ubah Browser Utama iPhone Mudah, Berikut Beberapa Ketentuannya!

Oleh karena itu, Anda dapat mengatur setiap lagu yang Anda ingin dengarkan menggunakan tips pengaturan yang berbeda-beda. Berikut langkahnya.

  1. Pilih pengaturan Equalize yang terdapat pada menu Window.
  2. Nantinya akan nampak tampilan visual untuk mengatur frekuensi musik yang Anda inginkan. Pilih sesuai kebutuhan.
  3. Pengaturan ini dapat Anda aplikasikan pada setiap lagu yang berbeda ataupun langsung ada pilihan untuk Anda gunakan pada semua lagu sekaligus. Pilihlah yang Anda inginkan.

Apabila Anda membuat pengaturan melalui Equalizer iTunes, maka perubahan tersebut tidak akan berpengaruh terhadap pemutaran audio pada perangkat iOS yang Anda gunakan. Anda hanya perlu mengingat bahwa cara atur equalizer melalui iTunes dapat berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Memanfaatkan Aplikasi

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan aplikasi dalam mengatur audio pada gadget, maka Anda dapat menentukan mode pemutaran musiknya dengan memanfaatkan aplikasi.

Pengaturan pada aplikasi mungkin dapat memberikan kesan lain pada saat memilih lagu dari koleksi musik yang Anda miliki. Cara atur equalizer iPhone melalui aplikasi dapat Anda naik turunkan sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Baca Juga : Back Tap iPhone Fitur Tersembunyi dengan Beragam Manfaat

Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasi pengaturan tersebut untuk Anda gunakan secara berulang. Sesuai dengan fungsi equalizer bawaan yang terdapat pada gadget, maka Anda dapat mengaplikasi pengaturan untuk semua lagu.

Pengaturan equalizer dengan menggunakan aplikasi dapat menghasilkan kualitas audio yang cukup berbeda sesuai aplikasi yang Anda gunakan.

Memanfaatkan Fungsi Equalizer iOS

Saat atur equalizer iPhone dengan memanfaatkan fungsi Equalizer iOS, dapat Anda lakukan dengan membuka menu Settings serta klik menu Music.

Selanjutnya Anda akan temukan pengaturan equalizer pada bagian Playback. Lewat pengaturan ini, maka Anda dapat memilih berbagai mode pemutaran musik yang paling sesuai dengan keinginan serta selera Anda.

Beberapa genre yang terdapat dalam pengaturan musik Apple antara Electronik, Hip Hop, Rock, serta Jazz. Pada saat Anda telah memilih salah satu pengaturan yang terintegrasi pada perangkat, maka semua lagu dapat Anda dengarkan dengan pengaturan musik yang sama.

Disarankan bagi Anda untuk menggunakan mode Late Night agar memperoleh suara lebih jernih serta tajam saat atur equalizer iPhone tersebut.

Dengan mengikuti beberapa cara atur equalizer iPhone yang dapat Anda pilih sesuai jenis musik yang sedang Anda dengarkan, maka Anda pun akan memperoleh kualitas musik yang lebih memuaskan. Akan tetapi, penting untuk Anda ketahui, pengaturan equalizer ini hanya berlaku untuk aplikasi musik bawaan iPhone saja. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto