Baju Adat Tanah Bumbu, Busana Khas Kalsel dengan Beragam Filosofi

11. Baju Adat Tanah Bumbu, Busana Khas Kalsel dengan Beragam Filosofi
Ilustrasi Baju Adat Tanah Bumbu. Foto: gatra.com

Baju adat Tanah Bumbu kemarin dikenakan oleh presiden RI saat menjadi inspektur upacara. Busana adat yang saatu ini mampu menarik mata yang memaandaang ketika presiden menjadi inspektur upacara.

Dalam upacara hari Kelahiran Pancasila kemarin secara virtual dilakukan dari Istanaa Bogor, Jawa Barat. Sama seperti busana adat yang lainnya memiliki berbagai filosofi menarik dari setiap wilayah.

Indonesia memang kaya akan ragam budayanya. Baik dari segi adat istiadat, bahasa daerah, tradisi, hingga pakaian adatnya.

Sehingga tidak sedikit orang yang merasa tertarik mengetahui apa saja busana adat yang dimiliki setiap daeraah di Indonesia. Setiap daaerajh memiliki ciri khas budayanya masing-masing.

Bahkan beragam budaya yang ada memiliki makna tersendiri. Busana adat memang biasa dikenakan ketika menghadiri acara-acara tertentu.

Misalnya saja kemarin telah terjadi upacara hari Kelahiran Pancasilia. Dimana tampak presiden RI mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Baca Juga : Baju Koko Kurta Berkualitas dan Paling Banyak Diminati

Adapun makna filosofi yang terkandungdalam rangkaaian busana tersebut. Sama seperti busana adat lainnya yang memiliki makna tertentu.

Sebagai warga Indonesia anda harus bangga dengan keragaman budaya yang ada. Salah satu tindakan yang bisa anda lakukan yaitu mengenal dan melestarikan budaya daerah.

Anda juga bisa mengenakan busana tersebut dalam acara-acara tertentu. Sehingga sikap nasionalisme pun akan tetap terjaga. Meski dengan mengenakan baju adat anda akan tetap tampil stylish dan fashionable.

Filosofi Baju Adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Sama seperti dihari peringatan besar lainnya Presiden Jokowi telah mengenakan berbagai jenis busana adat miliki berbagai wilayah Indonesia.

Presiden RI ini selalu mengenakan jenis busana adat yang berbeda pada setiap kesempatan. Namun, berbeda pada upacara haari Lahirnya Pancasila kemarin presiden RI ini mengenakan busana adat khas Kalse.

Busana ini juga pernah Jokowi kenakan saat menghadiri upacara lainnya. Saat Jokowi memerintah memang baju adat sudah sebagai konsep keragaman budaaya saat menghadiri berbagai upacara peringatan.

Baca Juga : Baju Melayu Pria, Nyaman Dikenakan dengan Desain yang Lebih Keren

Hal ini memperlihatkan banyaknya ragam budaya yang menjadi ciri khas Indonesia. Saat upacara kemarin Jokowi telah menenakan busana khas Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Meski upacara secara virtual namun, tidak membuat semangat presiden RI untuk tetap mengenakan busana khas Indonesia. Adapun filosofi tentang baju adat Tanah Bumbu yang berasal dari Kalimantan Selatan.

Baju Khas Kalimantan Selatan

Pakaian adat Tanah Bumbu memang merupakan busana khas yang ada pada daerah Kalimantan Selatan. Pakaian tersebut berupa jas dengan bagian luar yang berwarna hitam lengkap bersama oramen emas.

Perpaduan tepat dengan menggunakan inner berwarna putih bersih. Adapun makna setiap helai busana yang presiden RI kenakan ketika upacara kemarin.

Jas atau Luaran Hitam

Pada bagian pertama yang menarik dari busana ini yaitu jas atau luaran. Jas tersebut bernamakan dengan cekak musang tanpa kancing.

Tidak hanya sebagai penutup aurat baju tersebut juga memiliki nilai filosofi tersendiri.
Filosofi dari bagian ini memiliki makna tingginya budi pekerti dan selalu menghargai adanya perbedaan. Selain itu, juga menggambarkan kuatnya adat istiadat sebagai pemersatu bangsa.

Baca Juga : Model Baju Batik Pria Masa Kini yang Sedang Trend

Ornamen Emas di Dada

Sedangkan untuk adanya ornamen emas pada bagian dada ini juga memiliki makna sendiri. Pada bagian ornamen emas tersebut sebagai simbol pimpinan yang bijaksana.

Sedangkan untuk bagian dalam baju tersebut bernama teluk balana. Filosofinya yaitu sebagai simbol baju nusantara yang agamis.

Laung

Ada bagian lain yang biasa melengkapi baju adat Tanah Bumbu yaitu Laung. Laung merupakan penutup kepala yang memiliki simbol perkasa dan berwibawa. Setiap baju adat memang memiliki makna tersendiri.

Bawahan

Sebagai bawahan baju adat Tanah Bumbu juga mengenakan sarung khas Kalimantan Selatan. Celana panjang itu sendiri bermakna sebuah kesetiaan.

Sedangkan sarung atau tapih bermakna pekerja keras dan terampil. Ikat pinggang atau pendeng memiliki makna sebuah kesederhanaan.

Untuk kembang emas pada bagian dada sebelah kiri bermakna sebagai simbol pemimpin yang bijaksana. Semua busana adat yang presiden Jokowi kenakan memiliki filosofi yang berbeda.

Begitu juga dengan baju adat Tanah Bumbu yang tampak ketika upacara Hari Lahirnya Pancasila. Berbagai makna tersirat pada setiap bagian busana tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah