Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruBalap MotoGP 2021 dan Semua Hal Tentangnya

Balap MotoGP 2021 dan Semua Hal Tentangnya

Balap motogp 2021 kembali ramai menjadi pembicaraan para penggemar kuda besi tersebut. Meskipun musim 2021 ini telah berlangsung sejak bulan maret yang lalu.

Balap kemampuan serta kepiawaian mengendarai kuda besi ini selalu menjadi mencuri perhatian. Apalagi saat kondisi ekonomi akibat pandemi ikut berimbah pada tim-tim papan atas.

Balap kuda besi ini selalu memberikan kejutan juga keseruan unutuk semua penontin dan penggemarnya. Baik yang menonton langsung di sirkuit atau pun hanya dari layar televisi di rumah.

Menyaksikan jagoan Anda berlaga  dan saling mendahului unutk menjadi pemenang tentu sangat mendebarkan. Ada kegembiraan saat jagoan motogp Anda akhirnya keluar sebagai pemenang.

Keseruan inilah yang kini menjadi pembicaraan dan tentunya banyak yang menunggu gelarannya. Balap menggunakan sebuah motor yang memiliki kecepatan luar biasa hingga hampir tak terlihat.

Kali ini tim papan atas tak banyak melakukan perubahan baik dari spesifikasi kendaraan maupun susunan pemain. Meskipun ada pembalap yang baru bergabung di musim ini.

Balap motogp kali ini sedikit berbeda terutama karena terdapat sedikit perubahan pada tampilannya. Motor milik tim papan atas, ada yang mendapat tambahan sponsor dilihat dari tulisna yang tercantum.

Ada yang tetap tak berubah, penambahan warna atau pun tulisan meskipun spesifikasi motor tetap sama. Hal tersebut karena pihak penyelenggara memahami betul kondisi ekonomi yang melanda semua kalangan.

Balap motogp 2021 menjadi salah satu obat penghibur para penggemar kuda besi di tengah pandemi. Meski tak dapat melihat atau menonton secara langsung, akan tetapi gaungnya tetap menggema

Mengenal Spesifikasi Motor Pada GP 2021

Olahraga yang satu ini selain menegangkan karena kecepatannya juga mendebarkan. Apalagi motor pada olahraga ini bukanlah biasa, akan tetapi telah mendapat modifikasi hebat.

Dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat bersaing dalam kecepatan maksimal. Buakn hanya itu saja, kemampuan pembalapnya pun harus berimbang agar dapat emnjadi pemenang.

Biasanya setiap awal musim, tim yang berlaga akan mengeluarkan spesifikasi terbaru mereka. Memperbaharui dari yang sebelumnya agar dapat sesuai dengan target prestasi tim tersebut.

Namun kali ini berbeda karena pandemi yang telah berlangsung lebih dari setahun. Perekonomian yang menurun berimbas pula dengan olahraga balapan ini.

Pada balap motogp 2021 para pengurus atau pihak yang berwenang menegaskan jika tak adaperubahan pada mesin kendaraan semua tim. Mereka masih menggunakan spesifikasi mesin yang sama dengan 2020.

Aturannya adalah mesin tak boleh ada yang berubah. Perubahan hanya boleh pada bagian sasis, aerodinamika serta elektronik.

Umumnya tim yang berlaga pada musim ini masih tetap menggunakan mesin yang sama dengan tahun lalu. Hanya ada tiga nama yang memakai mesin dari tahun 2019.

Ketiga nama tersebut adalah dua pembalap dari tim satelit Avintia Ducati yaitu Enea Bastianini serta Jorge Martin. Satu lagi dari Petronas Yamaha SRT dengan pembalapnya Franco Morbidelli.

Meskipun memakai mesin yang sama dengan tahun kemarin, tak berarti daya saing melemah. Mereka justru patut diperhitungkan, terbukti dengan keberhasilan tim Avintia menjadi runner up pada 2020.

Tak aa perubahan dari segi mesin tak membuat balapan ini berkurang persaingannnya. Karena nyatanya perebutan kekuasaan menjadi sang pemenang justru semakin ramai di media sosial.

Persaingan yang ketat akan kembali terjadi pada balap motogp 2021 dan mengobati kerinduan paar penggemarnya. Mesin yang tak berubah bukan masalah untuk menjadi seorang pemenang.

Agar Anda tak lagi penasaran dan kembali mengingatkan mengenai motor yang mereka kendarai. Berikut ini spesifikasi dari setiap tim yang berlaga di GP tahun ini.

Monster Yamaha dengan Yamaha YZR-M1 2020.

Repsol Honda dengan RC213V 2020

Ducati Team dengan Desmosedici 2020

Red Bull KTM dengan RC16 2020

Suzuki dengan GSX-RR 2020

Petronas Yamaha Sepang Team dengan Yamaha YZR-M1 2020

Aprilia Gresini dengan RS-GP 2020

LCR Honda dengan RC213V 2020

Tech3 KTM dengan RC16 2020

Avintia Racing dengan Desmosedici 2019

Pramac Ducati dengan Desmosedici 2020

Daftar Pembalap MotoGP Tahun Ini

Balap motogp 2021 telah berjalan beberapa lama sejak sesi latihan di Sirkuit Losail, Qatar pada 26 Maret lalu. Tak jauh berbeda dengan musim-musim sebelumnya, motogp kali ini akan sama menariknya.

Setiap pertandingan berlangsung tak pernah sepi dengan kejutan termasuk dengan lahirnya pembalap baru yang berbakat. Memiliki kemampuan untuk bersaing dengan para seniornya dan mempersembahkan kemenangan.

Umumnya tim-tim yang ada pada motogp tahun ini melakukan perombakan pada pembalapnya. Hanya satu tim yang tak mengikuti hal tersebut yaitu Suzuki Ecstar, tetap dengan Joan Mir serta Alex Rins.

Sedangkan tim lainnya, paling tidak melakukan pengganti satu pembalapnya pada musim ini. Salah satunya adalah hengkangnya Valentino Rossi dari Monster Energy Yamaha berpindah ke Petronas Yamaha.

Selain yang berpindah atau hengkang ke tim baru, ada pula yang merupakan pendatang baru atau Rookie. Enea Bastianini yang merupakan juara moto2 tahun lalu kini memperkuat GP tahun ini.

Masih ada lagi beberapa nama pembalap Rookie serta yang berpindah tim. Berikut ini daftar lengkap pembalap dari setiap tim yang berlaga di balap motogp 2021.

Monster Yamaha:

  • Maverick Vinales
  • Fabio Quartararo

Repsol Honda:

  • Marc Marquez
  • Pol Espargaro

Ducati Team:

  • Jack Miller hingga 2022.
  • Francesco Bagnaia

Red Bull KTM:

  • Miguel Oliveira
  • Brad Binder

Suzuki:

  • Alex Rins
  • Joan Mir

Aprilia Gresini:

  • Aleix Espargaro
  • Lorenzo Savadori

Petronas Yamaha Sepang Team:

  • Franco Morbidelli
  • Valentino Rossi

LCR Honda:

  • Alex Marquez
  • Takaaki Nakagami

Tech3 KTM:

  • Danilo Petrucci
  • Iker Lecuona

Pramac Ducati:

  • Johann Zarco
  • Jorge Martin

Avintia Racing

  • Luca Marini
  • Enea Bastianini

Tampilan Motor Tim Papan Atas GP 2021

Selain dari susunan pembalap setiap tim pada balap motogp 2021, tampilan kendaraannya pun menjadi perbincangan. Ada yang tetap tak berbeda dengan tahun kemarin, ada pula yang sedikit berubah.

Seperti motor milik tim LCR Honda Idemitsu yaitu RC123V yang masih tak terlalu banyak berubah dati tiga musim sebelumnya. Tahun ini terdapat sedikit perubahan pada bagian bawahnya, yaitu terdapat warna emas.

Bukan hanya tim LCR Honda saja, Suzuki Ecstar pun tak jauh berbeda yang tetap hadir dengna livery bernuansa biru dan perak. Tak ketinggalan motor jagoannya terdapat logo raksasa dari minuman Monster Energy.

Sedangkan untuk Repsol Honda dengan pembalap Pol Espargaro pada helmnya terdapat tampilan mencolok. Memilih warna silver dan balutan biru es, berbeda dengan helm Marc Marquez yaitu orange serta oranye.

Untuk tim Monster Energy Yamaha yang melakukan presentasinya dengan cara berbeda yaitu virtual. Meski tak terdapat banyak perubahan, masih dengan perpaduan biru dan hitam.

Itulah beberapa tampilan dari kuda besi yang akan berlaga di balap motgp 2021. Anda pasti tak sabar ingin mengetahui pembalap tim mana yang jadi pemenang pada musim ini.