Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruBeragam Olahraga Ringan Yang Menyehatkan dan Membuat Tidur Lelap

Beragam Olahraga Ringan Yang Menyehatkan dan Membuat Tidur Lelap

Olahraga Ringan menjadi salah satu yang bisa Anda coba untuk tetap menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Cara mudah dan tak membuat Anda menghabiskan waktu di pusat kebugaran.

Meskipun seringkali malas datang menghampiri, akan tetapi menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Terutama pada kondisi pandemi seperti sekarang ini, saat imun serta tubuh sehat menjadi salah satu kuncinya.

Berolahraga tak harus Anda lakukan di pusat kebugaran atau pun sebuah area khusus. Dalam rumah pun, ada banyak jenis atau gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan dan memiliki manfaat yang sama.

Anda yang tak biasa berolahraga harus memulai dengan porsi ringan, agar tubuh tak kaget. Jangan sampai tujuan awal agar sehat, akan tetapi justru menimbulkan masalah atau keluhan.

Tak banyak yang mengetahui jika ingin memiliki badan sehat serta tidur nyenyak bisa dengan melakukan olahraga yang ringan saja. Tak perlu menyewa instruktur kesehatan atau banyak mengeluarkan keringat untuk mendapat manfaatnya.

Dengan olahraga ringan, Anda bisa memulai kebiasaan baru dan tubuh secara bertahap sehat. Apalagi jika Anda sebelumnya tak pernah berolahraga, tentu perlu sedikit penyesuaian.

Badan akan kaku dan jika Anda  belum terbiasa, malahan akan terasa sakit setelah melakukan olahraga yang cukup berat. Oleh karena itu, memulai dengan porsi ringan akan jauh lebih baik.

Anda yang memiliki banyak aktivitas dan tak sempat melakukan olahraga, dapat tetap melakukannya kala malam hari. Membuat tidur lebih lelap tanpa harus mengeluarkan banyak waktu dan tenaga.

Ada banyak referensi serta tutorial yang bisa Anda ikuti berupa tulisan, gambar maupun video. Di laman internet atau blog pribadi serta situs kesehatan, dengan mudah bisa Anda temukan.

Alasan Orang Enggan Berolahraga

Seringkali banyak alasan yang membaut seseorang enggan melakukan olahraga meskipun yang tergolong ringan. Padahal hanya membutuhkan sedikit waktu dan tenaga, akan tetapi hasilnya luar biasa.

Anda yang memiliki masalah yang sama, bisa memulai untuk olahraga ringan sebelum tidur atau pun pagi hari. Namun, sayangnya selalu saja alasan untuk tidak melakukannya, seperti yang berikut ini.

Tak Ada Waktu

Alasan yang paling banyak dan menjadi sebagian besar orang utarakan saat Anda menanyakan kenapa. Padahal olahraga dengan porsi ringan bisa Anda lakukan di sela-sela aktivitas yang ada.

Bukan itu saja, Anda juga dapat melakukannya saat pagi hari sebelum bekerja atau sore hari. Jika kedua waktu tersebut belum sempat jika, saat  sebelum tidur bisa juga.

Tak Ada Energi

Umumnya menjadi alasan kaum ibu yang memiliki banyak anak atau pun usianya masih kecil. Terlalu sibuk mengurusi anak dan rumah, membuatnya tak memiliki energi lebih untuk berolahraga.

Padahal berolahraga ringan bersama anak temasuk usia balita akan lebih menyenangkan. Anda tetap dapat menjaga kebugaran bersama tanpa meninggalkan tugas utama seorang ibu.

Begitu pula kalangan orang tua yang akan berkata sama mengenai alasan enggan berolahraga. Sesungguhnya pada usia tersebut, sangat penting menjaga kebugaran tubuh.

Tak Ada Motivasi

Melakukan olahraga meskipun dalam porsi ringan membutuhkan sebuah motivasi agar rutin. Karena membuat badan sehat, bugar dan lelap tidur bisa Anda mulai dengan yang ringan saja.

Tak Mengetahui Tempat Yang Tepat

Alasan lain yang menjadikan Anda atau seseorang enggan adalah tak mau ke pusat kebugaran. Padahal anda dapat tetap berolahraga meskipun hanya di rumah atau pun kantor.

Manfaat Olahraga Ringan

Berolahraga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik yang porsinya ringan atau pun yang berat. Bahkan bukan hanya secara fisik saja, hasilnya akan terlihat juga pada yang lainnya.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari berolahraga bagi tubuh juga pikiran. Berikut ini beberapa diantaranya, yaitu :

Dapat Menurunkan berat Badan

Buakn lagi sebuah rahasia jika dengan olahraga yang tepat dan teratur dapat membantu unutk menurunkan berat badan. Karena jika Anda tak bergerak aktif dapat mengakibatkan obesitas serta bertambahnya berat badan.

Meskipun lebih banyak orang lebih memilih untuk melakukan diet agar dapat menurunkan bearat badan. Hal tersebut karena lebih cepat hasilnya tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.

Padahal dengan Anda berolahraga, energi yang keluar dapat juga membantu untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut karena terjadinya pembakaran kalori selam proses  berlangsung.

Membuat Anda Lebih Bahagia

Dengan Anda berolahraga ringan secara teratur dapat membuat suasana hati lebih baik serta menurunkan depresi. Bukan itu saja, stres serta kecemasan dapat pula berkurang karena meningkatkan kerja sensitivitas otak.

Olahraga juga dapat meningkatkan produksi dari endorfin yang berfungsi menghasilkan perasaan positif. Anda akan dapat lebih sadar akan kondisi mental serta gangguan dari sebuah ketakutan.

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit kronis

Ada banyak penyakit kronis yang awalnya karena kurang aktivitas fisik seperti olahraga. Karena dengan aktivitas fisik meskipun ringan dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular juga sensitivitas insulin.

Jika Anda jarang melakukan olahraga dapat meningkatkan lemak pada perut. Hal tersebut bisa meningkatkan resiko timbulnya penyakit jantung, diabetes tipe 2 bahkan kematian dini.

Dapat Membantu Kesehatan Otak

Bukan hanya untuk kebugaran saja, olahraga teratur dapat membantu untuk melindungi daya ingat. Selain itu fungsi dari otak akan ikut meningkat fungdi dari otak serta kemampuan berpikir.

Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Olahraga teratur yang Anda lakukan dapat meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh. Selain itu dapat pula membantu untuk merangsang aliran darah serta menunda penuaan kulit.

Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Meskipun hanya dengan melakukan olahraga ringan saja Anda dapat tidur dengan lebih baik. Anda kan merasa lebih rileks serta bangun dengan lebih merasa segar juga bugar karena menurunnya suhu tubuh.

Daftar Olahraga Agar Tidur lelap

Anda yang ingin melakukan olahraga akan tetapi tak ingin mengeluarkan banyak waktu dan tenaga, bisa mulai hal mudah. Tak perlu Anda pergi ke pusat kebugaran atau pun taman sekitar rumah.

Saat pagi hari atau pun malam sebelum pergi tidur, luangkan sedikit waktu untuk melakukan olahraga ringan. Ada beberapa pilihan atau gerakan mudah yang bisa Anda lakukan untuk tetap tampil sehat dan bugar.

Lakukan Peregangan

Setelah seharian bekerja dan berkegiatan, otot pastinya akan terasa kaku juga tegang. Hal tersebut mempengaruhi kualitas tidur Anda nantinya, padahal Anda perlu bangun pagi hari untuk kembali beraktivitas.

Anda bisa melakukan neck stretch dengan cara memiringkan kepala ke arah kanan. Lakukan sebaliknyaselama beberapa menit lamanya. Lakukan gerakan tersebut sambil Anda duduk santai sebelum tidur.

Gerakan lain yang bisa Anda coba adalah reach toes dengan cara duduk tegak. Posisikan kaki Anda lurus serta telapak  tegak, kemudian tekuk tubuh ke arah depan sambil meraih ujungnya.

Punggung Anda harus lurus saat meraih ujung kaki, tidak membungkukkannya. Lakukan gerakan ini selama 30 detik dan ulangi hingga dua atau pun tiga kali.

Lakukan Sit Up Serta Plank

Olahraga ringan sebelumn tidur dapat juga membuat Anda memiliki lingkar perut ideal. Caranya dengan melakukan plank yang hampir sama dengan push up.

Anda cukup menahan tubuh dengan menggunakan kedua tangan selama dua menit. Lama kelamaan tambah durasi untuk melakukan plank tersebut.

Atau Anda bisa juga melakukan sit up sebanyak mungkin, mencoba awal dengan jumlah 20 kali. Gerakan ini dapat membantu Anda unutk membentuk otot perut.

Lakukan Gerakan Legs Up The Wall

Anda yang bekerja di kantor selama 8 jam tentunya akan merasakan bahu serta punggung yang pegal. Dengan melakukan olahraga ringan seperti peregangan di sela jam kantor akan dapat membuatnya tidak kaku lagi.

Anda bisa juga melakukan sebelum tidur malam, caranya dengan berbaring di atas kasur. Kemudian kedua kaki naikkan ke atas dan menempel pada dinding hingga lurus, tahan selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.