Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BisnisBisnis Cafe Untuk Pemula, Strategi Jitu Agar Omset Meroket

Bisnis Cafe Untuk Pemula, Strategi Jitu Agar Omset Meroket

Memulai bisnis cafe untuk pemula bukanlah hal yang mudah. Sukses usaha kuliner ini tak hanya tergantung dari modal. Ada sejumlah strategi yang mesti anda rencanakan dan siapkan dengan baik. Apa sajakah itu?

Jika Anda memiliki lahan kosong yang belum Anda manfaatkan untuk apapun, Anda bisa sulap menjadi tempat membuka usaha cafe dengan desain interior unik. Lokasi yang menarik dan nyaman sangat penting untuk membuat pelanggan datang.

Namun dalam persiapan membangun bisnis cafe, ada banyak hal yang Anda harus persiapkan selain lokasi usaha. Hal ini penting menjadi bahan pertimbangan karena daya jual utama dari bisnis cafe adalah kualitas makanan dan minumannya.

Oleh sebab itu Anda harus mempunyai tim memasak dengan keahlian menyediakan masakan yang mumpuni untuk menjalankan ide bisnis ini. Rasa yang enak juga sangat menentukan keberhasilan usaha kuliner.

Baca Juga: Bisnis Cafe Kekinian ala Milenial, Mau Konsep Sederhana atau Modern?

Strategi Bisnis Cafe Untuk Pemula

Sukses sebuah bisnis sangat tergantung perencanaan yang kita lakukan. Mengenai apa saja strategi bisnis cafe untuk pemula yang perlu kita siapkan, berikut informasi menariknya untuk Anda!

Sediakan Menu Makanan Unik, Lezat dan Otentik

Secara umum setiap cafe memiliki satu atau dua main menu atau menu andalan yang hanya anda jual dan pastinya berbeda dengan tempat cafe yang lain. Keunikan ini akan menjadi daya jual usaha anda.

Menu tersebut juga harus unik tidak hanya dari namanya saja melainkan juga tampilan dan memiliki keotentikan yang membedakannya dari menu cafe lain.

Hal ini perlu Anda pikirkan sejak awal mendirikan suatu bisnis cafe agar usaha Anda punya ciri khas tersendiri.

Baca Juga: Ingin Bisnis Cepat Kaya, Ini Pilihan Usaha yang Mudah Laris

Pengadaan Bahan Baku Secara Grosir

Membeli bahan baku baik itu bahan baku untuk makanan atau minuman dari pedagang grosir dapat menjadi salah satu hal yang Anda lakukan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Biasanya pembelian grosir dengan minimal pembelian tertentu akan mendapatkan harga miring. Menjalankan bisnis cafe untuk pemula juga harus meminimalisir pengeluaran biaya bahan baku dari sini.

Pastikan Anda membeli bahan baku dengan jumlah yang cukup mengingat pelanggan cafe biasanya akan ramai utamanya pada awal membuka cafe karena penasaran.

Pada awal membuka cafe inilah kesempatan Anda menunjukkan menu terbaik dengan cita rasa terbaik kepada pelanggan dan kesempatan Anda membuktikan bahwa mereka harus kembali berkunjung lagi ke cafe Anda.

Selalu cek stok bahan baku dan pastikan tidak kehabisan karena hal tersebut akan berimbas pada tidak terlayaninya keinginan pelanggan jika sampai bahan bakunya ada yang kehabisan.

Akan tetapi Anda juga harus ingat untuk mengecek kualitas dari bahan baku yang Anda beli. Jangan hanya karena ingin murah kemudian Anda tidak memperhatikan kualitas dari bahan baku tersebut.

Pastikan harga murah yang Anda dapatkan juga anda imbangi dengan kualitas yang oke dari bahan baku yang Anda sediakan. Dengan begitu Anda tidak mengecewakan customer atau pelanggan.

Terapkan Strategi Marketing Secara Tepat

Dalam usaha apapun termasuk bisnis cafe untuk pemula, pemasaran perlu anda lakukan.

Selain dengan menginformasikan tentang kafe Anda beserta menunya pada brosur, Anda juga bisa mengenalkan cafe Anda melalui sosial media. Instagram, Facebook dan WhatsApp khusus cafe bisa jadi alat promosi Anda.

Jika memang ada dana promosi lebih, agar sosial media cafe Anda semakin ramai Anda juga bisa mengadakan giveaway dengan syarat follow dan sebarkan informasi cafe pada sosial media customer Anda.

Berikan Pelayanan Prima

Pelayanan merupakan metode mendatangkan pembeli dengan cara yang sederhana dan tanpa biaya.  Pelayanan yang berkualitas juga menjadi kunci sukses bisnis cafe untuk pemula yang wajib Anda perhatikan.

Dengan memberikan pelayanan yang baik tentu saja pelanggan akan jauh lebih merasa nyaman berada dan nongkrong ke cafe Anda.

Bahkan secara tidak langsung jika mereka puas dengan pelayanan prima yang Anda dapatkan, pelanggan akan merekomendasikan kafe Anda kepada teman, kerabat, bahkan orang-orang terdekat mereka untuk nongkrong atau kumpul – kumpul ke tempat Anda.

Sebaliknya jika pelayanan kurang kita perhatikan, bisa jadi pelanggan cafe Anda hanya akan sekali saja mendatangi cafe Anda selebihnya ia tidak akan datang kembali.

Baca Juga: Membangun Usaha Modal 5 Juta, Bisnis Makanan Paling Menjanjikan

Lakukan Pembukuan saat Memulai Bisnis

Hal penting yang tak banyak orang sadari dalam menjalankan bisnis adalah sistem pembukuan. Padahal sistem pembukuan sangat penting karena pencatatan setiap transaksi harus benar – benar tersusun serapi mungkin.

Anda harus punya data pembelian bahan baku, data penjualan, dan berbagai data penting lainnya karena dari sana Anda bisa tahu progress usaha Anda. Anda juga bisa memahami untung ruginya bisnis Anda.

Itulah berbagai strategi penting yang Anda harus pahami dalam menjalankan ide bisnis cafe untuk pemula. Dengan menerapkan strategi tersebut usaha kuliner Anda akan lebih mudah untuk berkembang. (R11/HR Online)

Editor: Jujang