Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita CiamisGenap Satu Tahun, BSC Mampu Kurangi Volume Sampah di TPA Ciamis

Genap Satu Tahun, BSC Mampu Kurangi Volume Sampah di TPA Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Selama satu tahun, keberadaan Bank Sampah Ciamis atau BSC telah merubah perilaku masyarakat tentang pengelolaan sampah dan bisa menghasilkan rupiah.

Bahkan, dengan adanya BSC ini bisa mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, DR H Taufik Gumelar, ST MM membenarkan hal itu Senin (21/6/2021).

Menurutnya, selama satu tahun ini, pihaknya bersama tim terus melakukan edukasi masyarakat Ciamis terkait pengelolaan sampah salah satunya lewat BSC.

Bahkan, dalam setiap satu minggu itu ada 10 kelompok masyarakat yang meminta edukasi terkait pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah itu yang paling sulit adalah mengubah, membentuk perilaku dari yang biasanya seperti ini jadi yang saat ini itu yang sulit. Maka dari itu kita terus melakukan edukasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: DPRKPLH Ciamis Berikan Reward Kepada Bank Sampah Unit Compas

Setelah diberikan edukasi, masyarakat itu semakin terbentuk pola pikirnya dan paradigmanya tentang pengelolaan sampah.

“Yang tadinya sampah rumah tangga itu tidak bernilai oleh masyarakat, namun setelah kami beri edukasi, masyarakat jadi paham untuk mengelola sampah dengan benar, dan dapat menghasilkan uang,” ucap Taufik.

Taufik menambahkan, sejak terbentuk BSC tanggal 18 Juni 2020, saat ini ada sekitar 235 bank sampah unit yang aktif di Ciamis.

Semua bank sampah itu terintegrasi dengan bank sampah Ciamis.

“Itu semuanya tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis. Jadi ada yang satu desanya 3, itu tergantung partisipasi masyarakatnya,” terangnya.

Dengan adanya BSC ini, kata Taufik, setiap bulannya persentase sampah yang dikelola ada kenaikan terus. Sehingga, volume sampah yang dibuang ke TPA semakin sedikit.

“Satu tahun ini sekitar 100 persen meningkatnya, pola pikir dan paradigma masyarakat Ciamis tentang sampah sudah berubah. Makanya, sampah yang masuk ke TPA semakin sedikit. Sehingga bisa menambah usia TPA nantinya,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img