Cara Agar Bayi Cepat Gemuk dan Mengatasi Problem Kurang Gizi

cara agar bayi cepat gemuk

Sebenarnya cara agar bayi cepat gemuk tidak sulit. Namun seringkali ada saja kendala yang menghalangi kebutuhan asupan anak, seperti ASI yang tak lancar atau macet. Padahal membuat bayi gemuk juga akan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Setiap orang tua tentu ingin agar anaknya sehat. Meskipun bayi gemuk tidak menjadi indikator sehat atau tidaknya seorang anak, namun tetap saja banyak orang tua ingin anaknya gemuk agar terlihat lucu.

Cara Agar Bayi Cepat Gemuk

Lantas, seperti apa cara agar bayi cepat gemuk? Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar bayinya cepat gemuk. Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi selengkapnya berdasarkan berbagai sumber untuk Anda.

Berikan ASI Eksklusif Untuk Bayi

Anggapan bahwa ASI yang kurang nutrisi berpotensi mengakibatkan bayi mengalami kekurangan berat badan, hal tersebut tidaklah benar.

Karena adanya anggapan tersebut menjadikan banyak ibu pada akhirnya enggan memberikan ASI. Mereka takut nutrisi ASI-nya yang kurang dan malah memilih memberikan susu formula.

Baca Juga : Perut Kembung Pada Anak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jangan sampai hal ini terjadi pada bayi Anda bunda, karena ASI dan nutrisi pada ASI tidak ada pengaruhnya membuat bayi menjadi kurus atau kekurangan berat badan. Tidak ada ibu yang bisa tahu ASI-nya kekurangan nutrisi atau tidak.

Yang jelas, selama ibu memenuhi asupan nutrisi maka nutrisi yang ibu konsumsi akan masuk dan memperkaya dalam kandungan nutrisi ASI.

Pastikan Anda memberikan ASI eksklusif selama minimal enam bulan hingga dua tahun. Ini terutama agar daya tahan tubuh bayi terjaga. Bonusnya, ini juga merupakan cara agar bayi cepat gemuk yang efektif.

Namun, jika ASI macet atau tidak lancar bisa saja anda memberikan susu formulas untuk bayi anda. Tetapi jika harus memberi susu formula, pilih susu formula dengan kandungan gizi terbaik

Jika Anda adalah ibu yang sibuk atau merasa ASI Anda jumlahnya tidak banyak, Anda bisa mengimbangi pemberian ASI dengan susu formula.

Pastikan Anda memilih susu formula dengan kandungan terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Susu formula juga diyakini mengandung gula tambahan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan bayi lebih cepat. 

Ketahui Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Baca Juga : Stunting pada Anak, Gejala, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Ketika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas dan sudah siap untuk menerima makanan, pastikan Anda tidak memberikan sembarang makanan.

Misalkan ibu langsung memberikan mie, sosis atau bahkan junk food. Big no! Makanan tersebut adalah makanan yang wajib anda hindari dalam pemberian MP-ASI pada si kecil.

Ada beberapa contoh makanan yang mengandung lemak baik dan sangat ampuh menjadi cara agar bayi cepat gemuk untuk booster berat badan bayi seperti berikut ini.

  • Alpukat
  • Pisang
  • Singkong
  • Ketela
  • Kentang
  • Telur
  • Dada ayam
  • Sereal beras merah
  • Kacang-kacangan

Anda bisa mengkombinasikan berbagai bahan tersebut dengan ASI atau pun yoghurt ketika memberikan MP-ASI untuk BB booster buah hati Anda. Variasikan bahan tersebut agar anak bisa mengenal berbagai rasa.

Selalu Sedia Camilan

Jika bayi sudah diberi MP-AS dan usianya di atas 6 bulan, pastikan Anda selalu menyediakan camilan seperti biskuit atau buah – buahan.

Baca Juga : Obesitas Pada Anak Bisa Dicegah dengan Makan Sayur dan Buah

Dengan camilan ini si kecil tetap bisa menikmati cemilannya sebelum jam makan sehingga ia tidak rewel karena merasa lapar.

Pastikan Jadwal Makan Tepat

Tidak seperti orang dewasa yang cukup dengan makan tiga kali sehari, bayi butuh makan lebih dari 5 kali sehari.

Namun, cara agar bayi cepat gemuk sebaiknya pastikan Anda memiliki jadwal makan yang tepat. Hindari memberikan makan untuk bayi anda pada jam sembarangan.

Jam makan pertama bisa Anda berikan pada pukul 06.00. Anda bisa memberikan ASI untuk membuatnya merasa kenyang. Selanjutnya pada pukul 09.00, Anda bisa memberikan MP-ASI seperti buah, bubur, atau olahan makanan lainnya.

Selanjutnya pada pukul 12.00 bisa Anda memberikan ASI lagi dan camilan yang sudah anda sediakan. Sedangkan pada pukul 15.00 bisa Anda berikan MP-ASI lagi.

Setelah itu pada pukul 18.00 bisa anda suapkan ASI dan MP-ASI. Terakhir pukul 21.00 sebelum tidur bisa Anda berikan ASI lagi.

Itulah beberapa tips yang bisa ibu lakukan sebagai metode dan cara agar bayi cepat gemuk. Dengan memberikan kebutuhan asupan anak yang bernutrisi tentunya akan membuat anak-anak makin montok dan menyenangkan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah