Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Wajah, Ampuh dan Aman

Pori-pori Wajah
Cara alami mengecilkan pori-pori wajah bisa kamu lakukan dengan mudah dan aman. Foto: Net/Ist.

Cara alami mengecilkan pori-pori wajah bisa kamu lakukan dengan mudah dan aman, serta hasilnya pun akan memuaskan. Memiliki wajah dengan pori-pori besar kerap memunculkan sejumlah masalah kulit.

Selain menjadi mudah berjerawat, masalah komedo dan kulit kusam tentunya juga sering kali menjadi gangguan bagi penampilan kamu.

Namun kamu tidak perlu khawatir, lantaran ada beberapa cara untuk membuat wajah tetap segar, cerah, bahkan glowing. Salah satu caranya dengan mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Cara tersebut selain mudah dan aman, juga bahan-bahan yang kamu perlukan merupakan bahan-bahan rumahan. Biasanya selalu tersedia di dapur rumah, sehingga tak sulit mendapatkannya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori di wajah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Begini Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Wajah yang Ampuh

Baca Juga : Buah Terbaik untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Besar

Gunakan Es Batu

Salah satu cara yang paling efektif mengecilkan pori-pori besar pada wajah adalah menggunakan es batu. Karena es batu mempunyai efek mengencangkan kulit. Hal itu akan membantu kamu mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya sangat mudah, sebelum kamu merias wajah, oleskan terlebih dahulu es batu ke wajah. Cara ini bisa membuat kesehatan kulit jadi meningkat seiring dengan meningkatnya sirkulasi darah pada bagian wajah.

Gunakan Putih Telur

Cara alami mengecilkan pori-pori wajah selain menggunakan es batu, bisa juga memanfaatkan putih telur. Karena, putih telur juga memiliki efek mengencangkan kulit, bahkan pori-pori besar pun akan mengecil.

Jadikan putih telur sebagai masker wajah. Cara membuatnya pun sangat mudah. Menggunakan masker putih telur juga bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi masalah minyak berlebih.

Baca Juga : Tips Mengecilkan Pori-pori dengan Skincare, Wajah Halus dan Terawat

Cara membuat masker putih telur cukup pisahkan bagian putihnya dari bagian kuning telur, lalu aduk hingga rata. Selanjutnya, oleskan secara merata ke seluruh wajah.

Kemudian, tutup wajah secepatnya dengan tisu, dan biarkan putih telur hingga benar-benar mengering. Setelah itu baru kupas tisunya atau bilas dengan air sampai bersih.

Pakai Lulur Gula

Bahan dapur berupa gula bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara alami mengecilkan pori-pori wajah. Sebab, gula dapat mengelupaskan sel-sel kulit yang mati, mengatasi kelebihan minyak, serta menghilangkan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah.

Menggunakan scrub berbahan gula mampu membantu mengecilkan pori-pori wajah yang besar karena semua kotoran yang menempel akan terbuang.

Cara membuat lulur gura, pertama kamu sediakan lemon lalu potong menjadi dua bagian. Setelah itu, ambil irisannya lalu berikan sedikit gula pada bagian atas irisan lemon.

Kemudian, gosokkan ke wajah secara menyeluruh, lalu biarkan 15 menit. Setelah itu baru membilasnya menggunakan air hingga bersih.

Baca Juga : Vitamin Terbaik untuk Kulit Wajah Bebas Jerawat Lebih Bersih

Cuka Sari Apel

Toner alami berbahan cuka sari apel ini memiliki sifat anti-inflamasi serta antimikroba. Oleh karena itu, sari cuka apel bisa menjadi alternatif pilihan jika kamu ingin mengecilkan pori-pori pada wajah.

Dengan mengurangi pori-pori yang besar bisa membuat kulit menjadi kencang, sekaligus mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Cara mengaplikasikannya, campurkan dua sendok teh air dengan satu sendok teh cuka apel. Kemudian, rendam bola kapas ke dalam campuran tersebut, lalu oleskan pada kulit wajah hingga merata. Setelah itu, biarkan selama 5-10 menit, baru membilasnya pakai air sampai bersih.

Bubuk Soda Kue

Seperti halnya gula, soda kue juga memiliki efek serupa pada kulit. Selain itu, bubuk soda kue dapat membantu dalam menyeimbangkan pH kulit. Bahkan, bahan alami ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi guna membantu mengatasi masalah jerawat.

Cara memakainya, kamu cukup menambahkan soda kue sebanyak dua sendok makan dan air hangat dua sendok makan. Setelah itu, oleskan campuran bahan tersebut ke seluruh wajah sambil memijatnya. Diamkan 5 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa melakukannya selama 3 atau 4 kali dalam satu minggu. Selain itu, kamu juga tetap bisa melakukan perawatan kulit lainnya seperti mencuci muka, menggunakan pelembab, dan memakai sunscreen saat keluar rumah. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah