Cara Blokir Konten Negatif di HP untuk Menjaga Keamanan Anak

Cara Blokir Konten Negatif di HP
Ilustrasi Cara Blokir Konten Negatif di HP. Foto: Ist/Net

Cara blokir konten negatif di HP dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah. Seiring dengan kemajuan teknologi internet saat ini tentu mampu memberikan kemudahan dalam segala hal.

Selain itu, dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, para provider serta produsen smartphone pun juga turut meningkatkan pelayanan serta kualitas produknya.

HP saat ini tidak hanya sekedar untuk telepon atau sms saja, akan tetapi sudah lebih dari itu. Dengan adanya smartphone saat ini, komunikasi pun semakin canggih.

Mulai dari chat online dengan emoticon bergerak hingga video call. Anda pun juga dapat membuat email serta berbagai akun media sosial lainnya. Internet dengan berbagai kelebihannya sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : Cara Blokir SMS Spam, Penipuan, Iklan, dan Undian Berhadiah di Android 

Namun selain memberikan dampak positif, internet juga memberikan dampak negatif bagi para penggunanya. Terutama pada kalangan anak-anak atau remaja yang masih labil saat mereka melakukan browsing konten negatif atau konten dewasa yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Mengetahui Cara Blokir Konten Negatif di HP

Media sosial Youtube merupakan salah satu contoh yang paling sering anak-anak tonton. Di dalamnya terdapat jutaan video dengan berbagai macam tema. Mulai dari film, komedi, edukasi, musik, memasak, jalan-jalan, hingga konten dewasa yang sangat vulgar.

Konten dewasa ini pada umumnya berbagi pornografi yang sangat tidak pantas bagi anak-anak maupun remaja. Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua harus mengontrol aktivitas anak-anak anda pada dunia internet.

Karena hal ini sangat berpotensi bagi anak-anak Anda membaca atau melihat konten dewasa yang sangat kurang mendidik. Apabila Anda termasuk yang aktif di media sosial, maka sebaiknya buat password account sosmed yang aman.

Baca Juga : Mau Laporkan Konten Negatif? Begini Cara Mudahnya Melalui WhatsApp

Sebagai orang tua, tentunya tidak mungkin terus menerus selama 24 jam dapat mendampingi anak dalam menggunakan internet. Oleh karena itu, perlu memberikan proteksi otomatis pada perangkat yang milik Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat memblokir konten negatif pada perangkat sebagai salah satu langkah pencegahan. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan menimpa anak-anak. Berikut ini beberapa tips atau cara blokir konten negatif di HP yang dapat Anda lakukan antara lain:

Memblokir Konten Negatif di Youtube

Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara blokir konten negatif di HP melalui media sosial Youtube antara lain:

  • Langkah pertama buka aplikasi Youtube pada perangkat HP Anda. Kemudian Login dengan menggunakan account yang Anda gunakan
  • Klik foto icon yang terdapat di sebelah kanan atas, pilih menu setting atau pengaturan bergambar roda gigi.
  • Selanjutnya Anda klik General Menu serta lihat pada menu Restricted Mode ( Mode Terbatas) kemudian Anda klik untuk mengaktifkan.
  • Maka pengaturan Youtube pada perangkat Android Anda pun selesai.

Cara Blokir Konten Negatif di HP Melalui Browser

Berikut ini beberapa langkah untuk memblokir konten dewasa pada perangkat Android Anda melalui browser antara lain:

  • Langkah pertama, silahkan ketika kata apa saja pada kolom pencarian browser HP pada Android Anda.
  • Setelah berhasil terbuka pada hasil pencarian tersebut, kemudian klik tiga titik yang terdapat pada bagian kanan bawah. Pilih menu setting atau pengaturan kemudian pilih general.
  • Langkah berikutnya cari menu Safe Search atau pencarian aman serta klik untuk mengaktifkannya.
  • Maka pengaturan untuk browser Android pun telah selesai.
Baca Juga : Menghilangkan Internet Positif Android Tanpa Aplikasi, Berikut Ulasannya!

Selanjutnya, coba Anda ketik sesuatu yang berhubungan dengan konten dewasa. Maka hasilnya akan berbeda ketika pengaturan ini Anda aktifkan dan sebelum diaktifkan. Cara ini memang tidak 100% dapat memblokir konten dewasa secara keseluruhan.

Akan tetapi setidaknya berbagai jenis konten yang tidak pantas akan terfilter oleh Google. Dengan demikian akan lebih aman untuk anak-anak Anda selama mereka bermain internet ataupun menonton Youtube.

Selain cara blokir konten negatif di HP diatas, Anda juga dapat melakukan report terhadap berbagai jenis konten atau video negatif atau dewasa. Hal ini dapat Anda lakukan dengan melaporkannya ke Google supaya konten tersebut dihapus atau dengan kata lain dapat dapat ditindaklanjuti oleh Google. Dengan demikian anak-anak pun akan terhindar dari berbagai konten negatif yang dapat merusak moral mereka. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto