Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BisnisCara Jualan Online Laris yang Mudah untuk Pemula

Cara Jualan Online Laris yang Mudah untuk Pemula

Cara jualan online laris menjadi informasi yang banyak orang memburunya. Apalagi seiring dengan tren jualan online yang semakin berkembang pesat. Tak sedikit pelaku bisnis yang mampu meraup banyak keuntungan dengan memanfaatkan internet.

Saat ini mencari uang atau berjualan produk secara online menjadi pilihan yang menarik minat banyak kalangan. Tidak saja para pelaku bisnis, tak sedikit ibu-ibu rumah tangga yang makin senang menggunakan internet untuk berjualan.

Begitu juga para lulusan SMA atau yang baru lulus kuliah saja yang mencoba peruntungan dengan berjualan online. Bahkan anak sekolah pun sudah banyak yang mulai menekuni bisnis online pada usia mereka yang masih muda.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang tertarik mencoba peruntungan dengan berjualan online, ada banyak tips triknya menarik untuk Anda terapkan. Selain mudah, cara ini relatif gratis dan tidak perlu modal sama sekali.

Baca Juga: Cara Jualan Online di Facebook, Menjangkau Pengguna Smartphone

Cara Jualan Online Laris Untuk Pemula

Dengan langkah mudah ini, produk yang Anda jual akan laku pesat dan bisnis Anda tidak stagnan alias jalan di situ saja. Karena itu simak informasi selengkapnya yang bisa Anda simak pada artikel ini.

Nah, berikut ini beberapa langkah mudah cara jualan online laris untuk pemula agar dagangan anda laris manis.

Tentukan Produk Yang Akan Anda Jual

Hal pertama berjualan online yang perlu Anda pahami adalah menentukan dulu produk yang akan Anda jual. Apakah Anda akan menjual produk fashion, aksesoris fashion, tas, buku, parfum, produk kecantikan, sepatu atau produk lainnya.

Dengan menentukan produk yang akan dijual Anda bisa menentukan akan mengambil produk tersebut di mana. Apakah Anda akan menjadi reseller suatu toko, atau Anda akan memproduksi barang sendiri karena memiliki kemampuan melakukannya.

Semua itu harus Anda tentukan di awal karena berkaitan juga dengan berapa besar modal yang Anda butuhkan dalam memulai dan menjalankan usaha tersebut. 

Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Buat Toko atau Lapak pada Berbagai Marketplace

Cara jualan online laris selanjutnya adalah memanfaatkan berbagai macam platform sebagai media jualan Anda.

Masalah yang akan muncul ketika berjualan offline adalah biaya sewa tempat yang mahal. Karena itu membuka banyak toko akan menjadi masalah bagi mereka yang akan memulai usaha.

Akan tetapi dalam dunia serba online sekarang ini, mereka yang berniat memulai usaha sudah bisa menghembuskan nafas lega karena untuk berjualan tidak harus menyewa banyak tempat.

Beberapa platform yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi tempat Anda menawarkan produk yang Anda jual antara lain::

  • Berbagai marketplace ternama seperti Toped, Shopee, atau Lazada dan yang lainnya
  • Forum jual beli seperti Kaskus
  • Website khusus produk
  • Media sosial seperti Facebook, Instagram dan sebagainya

Berikan Edukasi Tentang Produk Anda

Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Hal tersebut juga berlaku dan penting sebagai cara jualan online laris. Hal ini penting agar produk yang Anda jual bisa konsumen kenal dan makin populer.

Pada awal menjalankan usaha, hal penting yang Anda harus gempur adalah mengenalkan produk agar konsumen atau calon konsumen tahu produk Anda adalah produk yang seperti apa.

Beri tahu mereka tentang manfaat produk, keunggulannya, cara pakainya, dan alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda. Jadi jangan sembarang upload produk tanpa Anda tahu mengapa Anda menawarkannya pada mereka.

Semakin Anda tahu alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda, di situlah hal yang akan menjadi pembeda tentang produk Anda dibandingkan produk orang lain.

Buat Konten Menarik Sebagai Langkah Promosi

Jika menjalankan toko offline produk yang kita jual harus kita perkenalkan dengan cara memajang pada etalase maka pada toko online produk yang kita jual kita perkenalkan melalui foto atau video.

Karena itu cara jualan online laris yang tak kalah penting adalah membuat konten yang menarik sebagai langkah promosi. Jadi, buat foto dan video dengan resolusi yang bagus untuk menarik minat konsumen atau calon konsumen mengenal produk Anda.

Selain itu, pastikan Anda menyisipkan kalimat yang menarik pada konten berupa foto atau video yang Anda upload sebagai bagian dari promosi yang Anda lakukan.

Pantang Menyerah

Apapun hasilnya, pastikan tidak buru – buru menyerah. Sama halnya dalam memasak nasi yang butuh proses lumayan lama karena tidak instan, menjalankan usaha pun demikian. Jadi tekuni dan lihat beberapa bulan kedepan progressnya seperti apa.

Itulah beberapa cara jualan online laris untuk pemula yang penting diketahui. Pastikan jangan sampai Anda menjalankan usaha dengan keyakinan penuh agar kesuksesan mendekat. (R11/HR Online)

Editor: Jujang