Cara Membaca Peluang Pasar, Kenali Kebutuhan Konsumen

cara membaca peluang pasar
Begini cara membaca peluang pasar. Foto: Ist/Net

Cara membaca peluang pasar yang tepat merupakan strategi jitu bagi pengusaha meraup laba. Tanpa mengenal target pasar yang jelas dan spesifik akan membuat produk sulit mendapat respon konsumen. Apalagi untuk produk yang persaingannya tinggi.

Bagi pengusaha, mempetakan pasar merupakan hal mendasar yang sangat penting untuk kita perhatikan sebelum memulai menjalankan usaha. Percuma saja kita menjual produk tanpa ada konsumen yang mau membelinya.

Tanpa mengetahui target pasar, seorang pengusaha tidak akan memiliki arah yang jelas dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Produk yang kita jual juga umumnya hanya berdasarkan ide tanpa bukti nyata sebagai kebutuhan konsumen.

Jadi bisa kita katakan bahwa pasar adalah kompas arah bagi pengusaha. Jika sudah mengetahui seperti apa peluang yang bisa kita ambil maka menyediakan produk yang tepat sasaran akan menjadi semakin mudah.

Cara Membaca Peluang Pasar

Memetakan pasar bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi dengan berjubelnya jenis bisnis yang ada tentunya akan menyulitkan menerobos dan menangkap peluang yang ada.

Lantas seperti apa cara yang tepat untuk membaca peluang pasar dan memenangkan persaingan usaha? Berikut ini beberapa langkah penting cara membaca peluang pasar yang sebaiknya anda tahu.

Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar di era digital sekarang ini juga semakin mudah. Anda tidak perlu terjun langsung bertanya ke orang – orang tentang suatu trend atau minat mereka.

Anda bisa menggunakan sosial media Anda untuk melakukan survei atau polling tentang tren, minat dan kebutuhan audiens atau calon target market Anda.

Informasi yang Anda dapatkan dari survey Anda tadi bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Baik dalam menjalankan atau memulai bisnis dalam  bidang apa, produknya apa, konsep bisnisnya bagaimana.

Dengan demikian Anda bisa menyediakan produk yang sesuai dengan minat calon pembeli dan pastinya ini akan memberikan hasil yang solutif.

Cari Tahu Keinginan dan Daya Beli Target Market

Masyarakat beserta keberagamannya pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Anda harus tahu masyarakat yang akan menjadi target market Anda nantinya punya kebutuhan apa.

Untuk cara membaca peluang pasar ini Anda bisa melihat dari apsek mata pencahariannya, kebiasaan, kesenangan atau pun pola konsumsi mereka.

Dengan begitu Anda bisa menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan target market. Calon konsumen dan mereka yang berminat pun bisa menjangkau untuk membeli produk Anda.

Amati Pesaing Anda

Cara membaca peluang pasar yang selanjutnya adalah mengamati pesaing. Misalkan di daerah Anda, usaha yang bergerak di bidang yang sama dan dengan konsep yang sama ada berapa macam. Usaha tersebut yang nantinya akan berpotensi menjadi pesaing Anda.

PR Anda bukan menjegal usaha mereka, melainkan bagaimana agar usaha Anda bisa memanfaatkan kelemahan mereka menjadi kelebihan. Anda juga harus memahami keunikan atau ciri khas dari produk Anda yang bisa dijadikan sebagai nilai plus untuk bersaing memenangkan hati pelanggan.

Meluncurkan Produk Sample

Pada awal memulai bisnis Anda tidak perlu menyetok banyak barang. Karena potensi ruginya bisa sangat besar. Untuk Anda yang baru memulai usaha atau masih tahap awal, pastikan Anda meluncurkan produk sample terlebih dahulu.  

Karena itu cara membaca peluang pasar adalah dengan melempar contoh produk. Dari contoh produk tersebut lihat seperti apa antusias target market untuk membeli produk Anda.

Anda juga bisa menggunakan konsep meluncurkan beberapa sample produk dengan beberapa varian untuk mengetahui seberapa banyak varian tertentu diminati oleh pembeli.

Varian yang paling diminati tersebut nantinya bisa menjadi produk andalan yang Anda persiapkan dalam jumlah yang jauh lebih banyak daripada varian lainnya. Dengan begitu anda mengetahui mana master produk usaha Anda.

Dari semua hal tersebut Anda bisa menyimpulkan dan menarik garis besar produk seperti apa yang Anda harus keluarkan agar disukai target market atau target konsumen Anda.

Pastikan juga Anda selalu up to date dengan perkembangan zaman. Hal ini penting agar usaha Anda tidak stagnan dan tetap terus bisa mengikuti arus perkembangan zaman.

Itulah beberapa cara membaca peluang pasar yang bisa Anda terapkan. Pastikan temukan passion Anda sekarang juga dan bagi Anda yang ingin merintis usaha jangan pernah menyerah atas usaha yang Anda ingin bangun.