Cara Membersihkan Knalpot Berkarat, Dijamin Ampuh dan Kinclong

Cara Membersihkan Knalpot Berkarat, Dijamin Ampuh dan Kinclong
Ilustrasi Cara Membersihkan Knalpot Berkarat. Foto: Ist/Net

Cara membersihkan knalpot berkarat memang gampang-gampang susah, tergantung tingkat karat yang menempel. Timbulnya karat pada knalpot motor tentunya umum terjadi seiring penggunaan kendaraan. Sebagai pengendara yang bijak, kalian wajib melakukan perawatan kendaraan yang setiap hari beroperasi.

Bila perlu, lakukan pengecekan rutin ke bengkel, setidaknya 1 bulan sekali. Hal ini tergantung dengan sering tidaknya penggunaan sepeda motor, terlebih jika sering bepergian jarak jauh. Seringnya terkena genangan air pada daerah rawan banjir dan debu semakin berpotensi membuat knalpot motor karatan.

Karat yang terlalu lama tidak kalian bersihkan, lama-lama bisa menimbulkan kerusakan. Bahkan bisa menimbulkan bahaya karena terjadinya keropos pada area yang karatan. Selain itu, knalpot yang berkarat terlalu lama bisa menimbulkan lubang yang memungkinkan terjadinya kebocoran.

Inilah Cara Membersihkan Knalpot Berkarat Agar Kembali Kinclong

Knalpot merupakan salah satu komponen kendaraan yang paling sering berkarat. Selain karena sering terendam oleh genangan air, kondisi knalpot yang sangat panas juga berpotensi menimbulkan karatan. Jika tidak rajin dalam menjaga kebersihan knalpot, bisa-bisa kondisi ini menjadi lebih parah.

Baca Juga : Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor 

Sebenarnya knalpot pada sepeda motor sudah terdapat lapisan cat yang tahan terhadap temperatur tinggi. Akan tetapi, seiring penggunaan dan usia kendaraan, tidak jarang pada bagian knalpot muncul karatan.

Misalnya saja ketika musim hujan, motor menjadi basah dan kalian sebagai pemilik tidak segera membersihkan air hujan yang menempel. Hal tersebut sebenarnya bisa kalian atasi dengan cara yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Karena terdapat beberapa bahan atau cairan yang ramah di kantong, bahkan beberapa sudah tersedia di rumah. Lalu bagaimanakah cara membersihkan knalpot yang berkarat?

Pasta Gigi

Kalian bisa membersihkan knalpot yang berkarat dengan cara menggunakan odol atau pasta gigi. Kalian hanya perlu mengoleskan odol pada bagian yang berkarat di knalpot.

Baca Juga : Motor Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan, Berikut Deretan Penyebabnya

Setelah itu, tunggu sesaat agar kotoran serta karat yang menempel pada komponen motor satu ini terangkat dan bersih. Selain terbukti ampuh untuk menghilangkan karat pada knalpot. Pasta gigi juga efektif untuk memusnahkan noda yang menempel pada rantai motor.

Perlu kalian ketahui, cara penggunaan pasta gigi untuk membersihkan knalpot berkarat hanya bisa kalian aplikasikan pada bagian yang berlapis krom. Jika hanya terbuat dari besi, pasta gigi tidak akan berfungsi dengan baik dan justru mengotori knalpot saja.

Stempet

Stempet atau gemuk adalah cairan yang berbentuk seperti gel karena teksturnya yang sangat kental. Bagi kalian yang sering membongkar kendaraan, tentunya sudah sangat familiar dengan benda ini.

Fungsi gel ini efektif untuk melumasi bagian motor, termasuk knalpot. Pada bagian knalpot yang berkarat, gel ini mampu membersihkan karat dengan cara yang sederhana.

Jika kalian melumasi knalpot dengan stempet, gel ini bisa bertahan lebih lama karena sangat lengket. Stempet atau gemuk juga bisa kalian fungsikan sebagai pencegah munculnya karat pada bagian lain. Misalnya saja untuk rangka motor dengan kondisi cat yang rusak.

Pertamax Plus

Banyak yang mengira bahwa pertamax hanya berfungsi sebagai bahan bakar saja. Nyatanya bahan bakar satu ini juga sangat membantu sebagai cara membersihkan knalpot yang berkarat.

Baca Juga : Ganti Filter Oli Motor Anda Secara Rutin, Jaga Performa Mesin

Cara yang perlu kalian lakukan pun sangatlah mudah. Namun dalam langkah yang satu ini, kalian membutuhkan minyak solar sebagai campuran.

Campurkan minyak solar dan pertamax plus ini dengan perbandingan 2:1, lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian gunakan campuran tersebut sebagai bahan untuk mengolesi bagian motor yang berkarat.

Dengan menyikat perlahan pada bagian yang sudah terolesi bahan campuran ini. Knalpot yang berkarat ini mampu terangkat sehingga menjadi kinclong kembali.

Oli Bekas

Salah satu perawatan yang sering kalian lakukan pada kendaraan pastinya mengganti oli. Nah, oli bekas yang sudah tidak terpakai ini ternyata memiliki fungsi yang tak kalian bayangkan sebelumnya. Ya, oli bekas uapnya bisa menghilangkan karat pada knalpot motor dengan cara yang sangat mudah.

Kalian bisa mengambil oli dalam wadah seperlunya, kemudian oleskan pada bagian knalpot yang berkarat secara merata. Selanjutnya, cobalah untuk menyalakan kendaraan agar knalpot menjadi panas.

Suhu panas ini mampu membantu oli untuk meluruhkan semua karat yang menempel. Bahkan untuk membersihkan bagian dalam knalpot yang berkarat juga bisa kalian lakukan dengan cara menggunakan oli bekas ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto