Cara Menata Ruang Kantor yang Sempit Agar Tampak Lebih Nyaman

Cara Menata Ruang Kantor yang Sempit Agar Tampak Lebih Nyaman
Cara menata ruang kantor yang sempit. Foto: Ist/Net

Cara menata ruang kantor yang sempit agar tampak lebih nyaman. Penataan ruang kantor memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan. Terutama untuk melakukan pekerjaan seharian. Sehingga dekorasinya menjadi hal yang penting diperhatikan.

Saatnya untuk bisa menerapkan cara menata ruang kerja anda. Dengan demikian, proses bekerja lebih lancar, apabila memiliki desain ruang kerja nyaman.

Inilah Cara Menata Ruang Kantor yang Sempit

Penting untuk anda mengetahui cara mengatur ruangan yang cukup sempit. Untuk itu ketahui beberapa tips untuk mendesain ruang kantor agar lebih nyaman berikut ini.

Baca Juga: Cara Membersihkan Bunga Es pada Kulkas dengan Mudah dan Aman

Berhati-Hati dalam Memilih Furniture

Perlunya mempertimbangkan material yang akan digunakan untuk kantor. Anda yang perlu berhati-hati dalam pemilihan furniture. Terlebih ruangan kerja anda yang cukup sempit. Maka pastikan untuk memilih dengan ukuran yang kecil.

Apabila anda memilih furniture dengan ukuran besar, hal itu akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Meskipun memiliki jumlah barang yang hanya sedikit. Inilah kesalahan yang masih terjadi pada sebagian kantor. Sehingga ruangan kantor memiliki suasana membosankan.

Memilih Warna yang Cerah

Sebenarnya pemilihan warna juga mempengaruhi ruangan. Terlebih apabila memiliki ruangan yang cukup sempit. Saat memilih warnanya yang gelap untuk ruangan kantor anda. Maka kesan ruangan kerja sempit dan akan mengakibatkan rasa jenuh. Cara menata ruang kantor yang sempit, memilih warna terang dan cerah.

Kesan yang terpancar adalah ruangan luas dan terlihat lebih lega. Tidak hanya warna cat atau dinding yang perlu lebih selektif. Untuk perabotannya juga bisa memilih warna yang cerah. Sehingga ruangan dengan perabotannya akan seimbang dan kesannya lebih bagus.

Menggunakan Kaca Untuk Pembatas Ruangan dan Dinding

Hal yang mungkin sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Pada penggunaan kaca untuk dinding dan juga sekat ruangannya. Memilih penggunaan full kaca, maka akan terkesan luas pada ruangan kantor.

Sehingga sebagian besar kantor minimalis lebih memilih material kaca. Tidak hanya mampu memberikan kesan lebih luas. Selain itu, kantor anda akan tampak lebih unik dan memiliki nilai seni.

Jangan Menaruh Banyak Hiasan Bermotif

Selain warna yang perlu perhatian, hiasan motif juga sangat penting. Cara menata ruang kantor yang sempit dengan tidak memilih hiasan motif. Hiasan yang memiliki terlalu banyak motifnya atau warna.

Baca Juga: Baking Soda untuk Membersihkan Rumah dan Peralatan Dapur, Caranya?

Pilihlah hiasan yang polos juga sederhana. Sehingga menjadikan ruangan kantor tidak tampak penuh dan sesak. Selain itu bisa menggunakan hiasan yang memiliki nilai fungsi saja. Tentunya agar tidak terlalu banyak perabotan pada ruangan kantor.

Singkirkan Barang yang Tak Perlu

Salah satu penyebab ruangan tampak lebih sempit. Penempatan barang dan furniture  yang tidak begitu diperlukan. Adanya tumpukan barang akan membuat suasana kerja tidak nyaman. Sehingga perlu mengatur ulang penempatan barangnya.

Memaksimalkan Fungsi Ruangan

Dinding ruangan bisa dijadikan tempat untuk menggantung segalanya. Cara menata ruang kantor yang sempit, dengan memaksimalkan dinding. Dinding ruang kerja untuk menyimpan berkas, buku, tanaman hias, dan yang lainnya.

Taruh tempat sampah untuk bisa membuang barang yang tidak diperlukan. Sehingga meja kantor akan tampak lebih rapi. Jangan ada kabel yang kusut pada meja kerjanya. Cara mengatasinya, dengan membuat lubang. Untuk menyelipkan kabel tersebut pada bawah meja kerjanya.

Hindari Penggunaan Sekat

Apabila ruang kantor terlalu sempit maka pastikan tidak memberikan sekat di kantor. Adanya sekat akan membuat ruangan membutuhkan banyak tempat. Untuk bagian-bagian yang tidak terlalu penting. Saat anda harus menggunakan sekat. Anda bisa memanfaatkan rak sebagai penggantinya. Hal itu akan lebih bermanfaat dan memiliki nilai fungsi.

Baca Juga: Taman Kering Bawah Tangga Mempercantik Ruangan, Ini Cara Buatnya

Perhatikan Penempatan Jendela

Ruang kerja perlu memperoleh pencahayaan alami dan udara segar. Keberadaan jendela dan jenis ventilasi lainnya cukup penting. Sesuaikan ukuran jendelanya dengan ukuran ruang kerja. Apabila memungkinkan, pilihlah ukuran jendelanya yang tidak terlalu besar.

Anda juga harus memperhatikan bentuk dari jendelanya. Dengan adanya cahaya dan udaranya banyak yang masuk. Maka ruang kerja akan menjadi lebih lega dan nyaman.

Kini anda bisa memahami cara menata ruang kantor yang sempit. Sehingga akan menjadikan ruang tersebut lebih nyaman untuk bekerja. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu