Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus dengan Cara Sederhana

Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus dengan Cara Sederhana

Cara mengatasi ban tubeless bocor sebenarnya tidak terlalu sulit asalnya bocornya tidak parah. Kalian juga tidak perlu terburu-buru untuk membawa kendaraan ke bengkel untuk perbaikan. Dengan bermodal skill serta ketersediaan perlengkapan mekanik, kalian bisa mengatasi sendiri ban yang bocor halus.

Biasanya pemilik kendaraan sering menghiraukan kondisi ban tubeless yang bocor halus. Mereka yang sudah mengetahui ban sering kempes dengan sendirinya seiring penggunaan kendaraan. Lebih memilih membiarkannya dan ketika ban sudah kekurangan angin memilih melarikan ke bengkel agar lebih praktis.

Baca Juga : Ban Tubeless Sering Kempes, Bisa Jadi Ini Faktor Penyebabnya

Namun, ban tubeless yang bocor ini lama-lama akan merepotkan pemilik kendaraan. Pasalnya mereka harus bolak-balik ke bengkel untuk mengisi angin agar tekanan ban menjadi normal kembali. Padahal jika kalian memiliki sedikit saja skill, cara mengatasi ban tubeless yang bocor ini cukup mudah.

Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor dengan Cara Sederhana

Menjaga tekanan angin pada ban sebuah kendaraan memanglah sangat penting. Karena tekanan angin yang pas juga memberi pengaruh terhadap nyaman atau tidaknya dalam berkendara. Apabila ban tubeless sering kempes tentu saja hal ini akan mengurangi kenyaman bahkan bisa membahayakan keselamatan karena motor tidak stabil.

Bila kalian bandingkan dengan ban tubetype, ban tubeless memang lebih koko, namun bukan berarti ban ini tidak bisa mengalami kebocoran. Bocornya ban tubeless ini bisa terjadi karena banyak hal. Namun yang sering terjadi adalah kebocoran secara halus yang menyebabkan kempesnya ban secara perlahan.

Nah, jika hal tersebut terjadi pada kendaraan kalian, sebaiknya ikuti cara mudah untuk mengatasi ban tubeless yang bocor berikut ini.

Beri Cairan Air Sabun untuk Mencari Letak Kebocoran

Kalian bisa mencuci ban kendaraan setelah melewati jalanan yang berlumpur atau becek pada saat musim hujan. Hal ini sekaligus untuk mencuci kendaraan secara menyeluruh agar kotoran yang menempel bisa hilang. Sementara untuk mengatasi ban tubeless yang bocor halus bisa dengan cara membersihkan area ban di bagian velg dan sela-sela batas.

Baca Juga : Penyebab Ban Mobil Pecah dan Cara Jitu Mengatasinya

Ketika musim penghujan, ban sangat mudah terkena kotoran yang menempel seperti tanah atau pasir. Kotoran ini bisa saja masuk ke sela-sela velg dan ban yang akhirnya memberi rongga untuk jalan angin keluar. Dengan memberikan air sabun pada ban, makan angin yang keluar bisa terdeteksi dengan kemunculan gelembung-gelembung kecil pada ban.

Pemberian Lem pada Area Kebocoran

Kalian bisa melakukan pemberian lem power glue sebagai cara mengatasi ban tubeless yang sering bocor halus. Lem ini lumayan efektif untuk mengatasi kebocoran pada ban asalkan pemberian lem harus benar-benar meresap. Berikan lem ini pada area kebocoran dengan sedikit menusuk-nusuk lubang ban tersebut agar lem bisa meresap dan masuk ke dalam.

Selanjutnya kalian harus menunggu agar lem benar-benar kering agar bisa memompanya. Ketika menambah tekanan angin pada ban, jangan lupa memberikan air sabun untuk mengetahui apakah terdapat gelembung atau tidak. Jika tidak ada, artinya cara yang kalian lakukan untuk mengatasi ban tubeless bocor ini telah berhasil.

Penggunaan Cairan Khusus untuk Mengatasi Kebocoran

Pemberian cairan khusus ini merupakan hal yang paling efektif sebagai cara untuk mengatasi ban tubeless bocor halus. Fungsi cairan ini untuk menutup lubang yang bocor secara otomatis ketika mencabut paku yang tertancap di ban. Langkahnya pun sangat mudah, cukup dengan meminimalisir atau meredam berkurangnya tekanan angin pada ban. Tidak heran jika cairan khusus ini menjadi pilihan yang efektif serta efisien untuk mengatasi ban tubeless yang bocor.

Menggunakan Nitrogen

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi ban tubeless bocor yaitu dengan penggunaan nitrogen sebagai isi angin. Hal ini karena ban tubeless sendiri merupakan jenis ban yang anti bocor. Dengan kata lain, ketika terdapat benda tajam yang tanpa sengaja menusuk ban. Lalu benda tersebut kalian cabut, maka bekas lubang tersebut akan tertutup secara otomatis oleh cairan khusus pada ban tubeless.

Namun, apabila penyebab ban bocor sulit terdeteksi kalian bisa menggunakan gas nitrogen untuk mencegah ban agar tidak bocor halus. Sebab, bila kalian bandingkan dengan tekanan angin biasa, gas nitrogen memiliki tekanan yang jauh lebih baik serta aman. Dengan kata lain, gas nitrogen ini mampu memasuki hingga ke sisi-sisi atau celah bagian ban dalam secara merata.

Dengan begitu, saat kendaraan melewati medan tajam dan terjal, ban bisa lebih fleksibel. Karena tekanan gas nitrogen mampu mengikuti tekanan dari luar. Artinya, penggunaan gas nitrogen ini cukup efektif sebagai cara mengatasi ban tubeless yang sering bocor halus. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto