Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Cat Mobil Terkena Disinfektan Agar Tetap Awet

Cara Mengatasi Cat Mobil Terkena Disinfektan Agar Tetap Awet

Beragam cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi cat mobil yang terkena semprotan cairan disinfektan. Seperti kita ketahui, bahwa penggunaan cairan tersebut marak ketika wabah Corona melanda.

Pasalnya, cairan ini bisa membunuh kuman-kuman yang tidak kasat mata, terutama yang menempel pada permukaan benda-benda mati. Seperti gagang pintu, lantai sampai mobil.

Baca Juga : Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain, 4 Langkah yang Tepat

Sehingga, sering kali beberapa waktu lalu pemerintah melakukan penyemprotan cairan tersebut ke jalan umum, dan juga perumahan, tak terkecuali kendaraan roda dua dan empat.

Begini Cara Mengatasi Cat Mobil Terkena Disinfektan

Namun apakah desinfektan tersebut memiliki efek terhadap cat mobil kesayangan Anda?  

Sebagai bahan informasi, bahwa cairan tersebut berasal dari bahan dasar alkohol. Memang alkohol tidak ada berdampak langsung terhadap cat mobil.

Akan tetapi, jika desinfektan ditambah dengan bahan dasar karbol atau pemutih, maka akan berdampak korosi atau menurunnya kualitas warna cat mobil Anda.

Oleh karena itu, Untuk itu, berikut ini akan HR Online ulas seputar cara mengatasi cat mobil terkena disinfektan untuk Anda.

Cuci Mobil Anda Segera

Seusai Anda bepergian dengan mobil, pastikan untuk selalu mengguyur mobil dengan air yang mengalir. Namun ada baiknya jika Anda langsung mencucinya dengan menggunakan sabun ataupun shampo.

Baca Juga : Membersihkan Kabin Mobil, Cara Tepat untuk Terhindar dari Virus

Hal ini untuk menghindari timbulnya bercak-bercak pada cat mobil setelah terkena semprotan desinfektan. Meskipun efek langsung tersebut tidak akan sampai merusak lapisan cat mobil kesayangan Anda.

Lakukan Compounding dan Polishing

Langkah selanjutnya cara mengatasi cat mobil terkena disinfektan adalah dengan melakukan tahapan compounding dan juga polishing.

Hal tersebut apabila setelah mencuci mobil ternyata pada cat malah timbul flek air, atau bahkan warna cat mobil menjadi semakin kusam.

Tahapan awal dapat Anda lakukan dengan proses claying, agar bercak pada cat mobil dapat hilang.

Baca Juga : Membersihkan Karpet Mobil Demi Kenyamanan Saat Berkendara

Jika bercak masih saja belum hilang, cara mengatasi cat mobil terkena disinfektan selanjutnya Anda dapat lakukan tahapan polishing dengan produk poles.

Caranya, gosokkan produk poles 2 in 1 secara perlahan menggunakan kain, hingga bercak tersebut hilang sedikit demi sedikit.

Sedangkan flek air yang menempel dapat hilang dengan produk sejenis water spot remover. Barang-barang tersebut dapat Anda peroleh dengan mudah di toko-toko.

Pada tahapan compounding ataupun polishing, sebaiknya gunakan kain microfiber, agar lapisan cat tidak rusak nantinya.

Gunakan Metode Claying

Selanjutnya telah disebutkan salah satu cara mengatasi cat mobil terkena disinfektan ialah dengan proses claying. Pada tahapan ini, gunakan produk clay. Kemudian campur menggunakan air. Tak lupa pula basahi permukaan mobil sebelum penerapan produk clay.

Setelah itu, gosok secara perlahan dan juga ringan dengan gerakan satu arah. Pastikan permukaan mobil selalu dalam keadaan basah. Apabila mulai kering, basahi kembali dengan air secara merata. Gosoklah hingga bercak-bercak tersebut menghilang.

Kemudian lap permukaan mobil dengan kain kering. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih optimal, cuci kembali mobil Anda menggunakan air serta sabun ataupun sampo. Agar sisa-sisa cairan clay tidak mengendap.

Lindungi Cat Mobil Dengan Polish Wax

Setelah beberapa tahapan pembersihan sebelumnya, sebaiknya Anda lakukan tahap perlindungan. Hal ini untuk memberikan perlindungan ekstra pada cat mobil Anda.

Terlebih dahulu cuci mobil hingga bersih, setelah itu lakukan tahap claying. Jika sudah lanjutkan dengan menutup pori-pori cat mobil, agar kilau mobil tetap terjaga. Berikutnya proteksi permukaan mobil dengan lapisan wax.

Mudah bukan beberapa cara mengatasi cat mobil terkena disinfektan tersebut ? Jika Anda sedang mengalami masalah yang sama, maka lakukan pembersihan dengan baik agar cat mobil pun tetap awet. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img