Cara Mengatasi Google Keeps Stopping untuk Semua Perangkat Android

cara mengatasi Google Keeps Stopping
Ilustrasi cara mengatasi Google Keeps Stopping. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi Google Keeps Stopping pada perangkat Android dapat dikatakan cukup sederhana. Beberapa pengguna Android di berbagai negara dibuat terkejut dengan Google app pada perangkat yang mereka gunakan mengalami permasalahan.

Para pengguna Android tersebut mengatakan bahwa terus menerima notifikasi “Google terus berhenti” atau “Google Keeps Stopping” pada layar ponsel mereka. Adanya masalah ini ramai-ramai mereka keluhkan di Twitter.

Pesan “Google terus berhenti” yang terus muncul ini tentu membuat pengguna Android merasa terganggu saat menggunakan ponsel mereka. Masalah ini sering muncul secara berulang kali di ponsel, baik saat akan membuka aplikasi ataupun menggunakan browser Chrome.

Cara Mengatasi Google Keeps Stopping pada Perangkat Android

Pop up tersebut tetap muncul secara terus menerus, meskipun aplikasi Google telah kita berhentikan paksa. Bahkan sejumlah layanan Google seperti Gmail serta Search pun turut dikeluhkan oleh pengguna karena tidak dapat berfungsi.

Adanya permasalahan ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Indonesia bahkan hingga luar Indonesia. Dengan kata lain masalah ini terjadi secara global.

Baca Juga : Memindahkan Google Authenticator ke HP Baru Lebih Aman, Ini Caranya!

Terjadinya “Google Keeps Stopping” disinyalir berasal dari pembaruan terkini pada aplikasi Google. Hingga saat ini kata kunci “Google” masih menduduki trending topic Twitter di Indonesia hingga pukul 14.05 WIB.

Dengan adanya masalah ini, pihak Google, melalui akun Twitter mereka, membenarkan bahwa layanan mereka sedang mengalami adanya gangguan. Namun hingga saat ini Google belum memastikan apa yang menyebabkan terjadinya gangguan tersebut. Dalam hal ini, Google menyarankan untuk soft reboot dengan cara menahan tombol power selama 30 detik.

Adapun cara lain untuk mengatasi Google Keeps Stopping pada perangkat Android antara lain:

Restart

Cara satu ini mungkin terdengar klasik. Namun mematikan kemudian menyalakan kembali ponsel menjadi cara ampuh dalam mengatasi gangguan yang terjadi pada perangkat.

Baca Juga : Mode Hemat Kuota Google Meet HP Hadir dengan Beragam Manfaat

Maka pada saat Google apps pada ponsel Android yang Anda gunakan tiba-tiba menolak untuk berfungsi, maka coba restart terlebih dahulu. Untuk menghindari ponsel rusak, maka setelah mematikan ponsel, tunggu hingga tiga puluh detik sebelum akhirnya Anda menyalakan perangkat kembali.

Hapus Pembaruan dari Aplikasi Google

Cara mengatasi Google Keeps Stopping yang cukup efektif lainnya adalah dengan menghapus pembaruan dari Aplikasi Google. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Buka menu setting pada ponsel selanjutnya buka bagian pengelolaan aplikasi
  • Berikutnya cari serta buka aplikasi Google dari daftar yang muncul
  • Kemudian klik tanda tiga titik yang terdapat pada bagian pojok kanan atas, lalu pilih “hapus instalan pembaharuan”
    berikutnya klik “ok” pada prompt yang muncul.

Clear Cache Data

Hampir sama dengan aplikasi lainnya, Google app juga bergantung dengan data yang melalui proses cache untuk mempercepat beragam proses. Akan tetapi dengan seiring berjalannya waktu, data tersebut dapat rusak. Apabila terjadi corrupt pada data cache, maka Google tidak dapat bekerja secara maksimal.

Salah satunya dengan menampilkan pesan error “Google Keeps Stopping”. Google yang terus berhenti, salah satu penyebabnya adalah data cache yang rusak. Maka dengan membersihkan cache yang rusak dapat menjadi solusi tepat.

Caranya adalah:

  • Masuk ke pengaturan atau “settings”
  • Pilih Apps
  • Kemudian Google > Storage > Clear Cache
  • Anda juga dapat masuk ke Manage Space kemudian tap Clear All Data

Disable and Enable Google

Salah satu solusi terbaik untuk aplikasi yang terus bekerja pada perangkat mobile dengan melakukan uninstal kemudian instal ulang. Akan tetapi karena Google merupakan aplikasi bawaan dari perangkat Android, maka tidak mungkin kita dapat menghapusnya secara langsung.

Baca Juga : Recycle Bin Android 12 Fitur Baru Google dengan Cara Kerja Menarik

Meskipun demikian. Anda masih dapat menonaktifkan serta mengaktifkan Google pada saat Anda butuhkan. Caranya dengan buka Settings, pilih Apps, lalu Google. Kemudian tap Disable kemudian Enable.

Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi “Google Keeps Stopping’ pada perangkat Android selanjutnya adalah dengan melakukan Factory reset. Factory Reset dapat dikatakan sebagai cara terakhir untuk mengatasi masalah ini.

Ketika mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik, maka ponsel yang Anda gunakan akan kembali ke setelan baru dan semua error pun akan hilang.

Namun cara mengatasi Google Keeps Stopping satu ini akan berpengaruh pada memori ponsel. Semua yang tersimpan pada memori akan terhapus. Maka pastikan kalian telah membuat cadangan data penting terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto