Cara Mengatasi Keringat Dingin yang Paling Ampuh dan Mudah

cara mengatasi keringat dingin
Begini cara mengatasi keringat dingin. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi keringat dingin bisa kita lakukan dengan berbagai pilihan. Meskipun tanda yang lumrah dan sering terjadi, namun keluarnya keringat dingin juag bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Keringat merupakan cairan hasil kelenjar keringat dalam kulit. Mengutip dari Wikipedia, kandungan utama keringat adalah natrium klorida yang kita kenal sebagai penyusun utama garam dapur. Juga ada metil fenol, dan metil fenol yang menyebabkan keringat berbau.

Fungsi utama keringat pada manusia adalah untuk mengatur dan mengontrol suhu tubuh. Keringat akan keluar saat udara sekitar atau suhu tubuh meningkat. Keringat inilah yang akan mengendalikan suhu tubuh sebagai respon yang normal.

Namun, tubuh juga bisa mengeluarkan keringat dingin justru saat tubuh tidak meningkat suhunya. Keringat dingin juga sering muncul pada kondisi tertentu dan pada bagian tubuh tertentu.

Seringkali keringat dingin terjadi pada telapak tangan, ketiak, telapak kaki dan area leher. Meskipun hal yang wajar namun banyak orang merasa risih ketika kelenjar apokrin memproduksi keringat tak biasa ini sehingga perlu mengatasinya.

Pilihan Cara Mengatasi Keringat Dingin

Bagi Anda yang pernah atau malah sering mengalami keringat dingin tentunya akan sangat terganggu. Lantas apa tindakan yang tepat untuk kita lakukan?

Baca Juga : Ramuan untuk Mengatasi Keringat Dingin Berlebihan yang Efektif

Nah, ada beberapa tips dan trik cara mengatasi keringat dingin yang paling ampuh agar masalah ini bisa segera teratasi. Yuk langsung simak saja ulasan selengkapnya berikut ini.

Olahraga

Selain karena produksi kelenjar apokrin yang menyebabkan keringat dingin, stres juga dapat menjadi salah satu alasan Anda mengalami keringat tak normal ini.

Oleh karena itu, lakukan kegiatan olahraga yang dapat membantu meregangkan semua otot tubuh dan mengurangi stres seperti yoga, meditasi, stretching, zumba dan sebagainya.

Dengan begitu, tubuh Anda akan lebih rileks dan mengeluarkan keringat normal yang dapat memerangi keringat dingin yang Anda rasakan. 

Jika memang memungkinkan, pastikan Anda melakukan olahraga secara teratur minimal 1 atau 2 kali dalam satu minggu.

Agar tidak merasa terbebani dengan olahraga yang Anda lakukan, pilih saja yang Anda suka. Kalau Anda tidak suka dengan semua jenis olahraga, Anda bisa memilih jalan-jalan untuk mengganti aktivitas olahraga yang penting untuk tubuh.

Baca Juga : Tubuh Berkeringat saat Makan, Ternyata Ini Penyebabnya

Terapkan Pola Makan Sehat

Salah satu cara mengatasi keringat dingin adalah dengan mengubah pola konsumsi.  Anda perlu menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya nutrisi. 

Makanan dan minuman tertentu pada beberapa orang dapat memicu tubuh menghasilkan lebih banyak keringat, termasuk keringat dingin. Biasanya makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat memicu hal ini.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein pastikan Anda mulai segera menghindarinya. Mengurangi minuman semacam ini dapat meminimalisir risiko keringat tak normal yang Anda alami.

Diet Sehat

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, pastikan agar Anda memilih program yang tepat. Jangan melakukan diet ketat yang bahkan tidak bagus bagi kesehatan lambung Anda.

Diet yang tidak tepat juga bisa menyebabkan tubuh Anda sering mengeluarkan keringat dingin. Hal ini karena tubuh Anda tidak dapat memproses kebutuhan energi secara sempurna.

Baca Juga : Penyebab Tangan Berkeringat, Waspada Gejala Kardiovaskuler dan Penyakit Berbahaya

Selama diet, konsumsi buah dan sayur lebih banyak. Hindari mengonsumsi makanan sebelum tidur dan batasi asupan gula setiap harinya.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi dapat mengakibatkan seseorang mengalami keringat dingin. Oleh sebab itu cara mengatasi keringat dingin adalah memastikan tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Air mineral adalah cairan 0 kalori yang sangat penting bagi tubuh.

Pastikan kebutuhan air mineral tubuh Anda setiap harinya terpenuhi agar tidak mengalami kondisi dehidrasi. Untuk manusia normal membutuhkan air 2 liter setiap hari.

Nah, Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan membagi konsumsinya dalam 8- 9 gelas setiap hari. Anda bisa mengonsumsi air dua gelas setelah makan dan sebelum makan serta dua gelas sebelum tidur.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Pilihan cara mengatasi keringat dingin lainnya yang bisa Anda terapkan adalah senantiasa menjaga tubuh agar selalu bersih. Ini sangat berguna untuk membantu mengatasi masalah keringat dingin yang Anda alami.

Ketika tubuh selalu bersih, tidak akan terlalu banyak bakteri penyebab bau badan yang menempel. Anda pun akan lebih nyaman dan pastinya keringat dingin bisa teratasi.

Jadi mulai sekarang, mulailah mandi secara teratur jika perlu gunakan sabun antibakteri yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada tubuh Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi keringat dingin yang Anda bisa lakukan. Pastikan selalu menjaga kesehatan tubuh untuk menghindarkan dari berbagai gangguan termasuk keluarnya keringat dingin yang cukup mengganggu. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah