Cara Mengatasi Kutu Air Secara Alami dengan Mudah

cara mengatasi kutu air
Pilihan cara mengatasi kutu air. Foto; Ist/Net

Cara mengatasi kutu air pada dasarnya bisa kita lakukan dengan banyak pilihan. Selain dengan obat yang bisa kita beli dari apotek, juga banyak bahan herbal alami yang tak kalah manjur untuk mengobati gangguan ini.

Penyakit kutu air merupakan salah satu jenis masalah kesehatan kulit yang menyerang bagian kaki pada khususnya. Terutama pada area tersembunyi, yang kondisinya rentan lembab dan basah.

Kutu air lebih sering dialami oleh seseorang yang sering berada pada kondisi kaki basah dan lembab. Selain itu, jika terus menggaruknya, maka hal ini akan menyebabkan masalah infeksi pada area kulit kaki anda, dan bisa berpotensi menular ke orang lain melalui kontak fisik dan lainnya.

Mengatasi kutu air ini sendiri, bisa anda atasi dengan beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Bahan-bahan alami ini ternyata kaya akan antibakteri dan anti infeksi yang baik untuk mengatasi bakteri penyebab keputihan.

Baca Juga : Kutu Kasur Teror Waktu Tidur Anda? Begini Membasminya

Cara Mengatasi Kutu Air Secara Alami

Walaupun termasuk jenis penyakit yang menular, namun anda bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara yang mudah dan efektif. Berikut ini beberapa langkah mudah cara mengatasi kutu air secara alami yang cukup efektif.

Garam Dapur

Jenis bahan yang biasanya kita gunakan untuk bumbu masakan ini sangat bermanfaat dan baik untuk mengatasi kutu air. Garam juga manjur menghilangkan bakteri yang menjangkiti bagian kaki penyebab kutu air.

Cukup rendam bagian kaki dengan air hangat yang sudah kita campur dengan garam dapur. Lakukan selama beberapa menit secara rutin hingga kutu air lenyap.

Garam dapur selain baik untuk mengatasi sakit gigi, juga baik untuk membantu mengangkat bakteri penyebab keputihan.

Baca Juga : Penyebab Bau Kaki dan Cara Mudah Menghilangkannya

Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau yang kerap kita kenal sebagai tea tree oil ini merupakan bahan alami yang bermanfaat sebagai salah satu cara mengatasi kutu air secara alami.

Tea tree oil ini berguna menyembuhkan kutu air dengan kandungan anti bakterinya yang tinggi. Herbal ini juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah adanya dampak buruk radikal bebas yang menyerang kesehatan kulit.

Bawang Putih

Memang bawang putih sudah terkenal sebagai salah satu jenis bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya dalam membantu mengatasi kuman penyebab dari kutu air.

Bawang putih mengandung antiseptik dan antibakteri yang tinggi. Sehingga bahan ini manfaatnya sangat tinggi untuk kesehatan tubuh dan kebersihan kulit anda.

Cara untuk menggunakannya tinggal tumbuk bawang putih sebanyak satu siung. Setelah itu tempelkan pada area kulit yang terkena kutu air.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Kudis, Gejala dan Cara Pengobatan yang Tepat

Singkong

Siapa sangka jika singkong yang biasanya kita kenal sebagai bahan makanan ini juga bisa sebagai cara mengatasi kutu air. Sumber karbohidrat yang tinggi bagi tubuh ini juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan serangan kutu air.

Kandungan singkong kaya akan senyawa yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Makanan ini juga efektif mengatasi bakteri yang menyebabkan terjadinya kutu air pada area kulit anda.

Daun Talas

Selain singkong, jenis umbi lainnya yang bisa anda coba gunakan untuk membantu mengatasi kutu air adalah daun talas. Daun talas kaya akan kandungan antiseptik yang bernama saponin.

Kandungan antiseptik ini sangat baik untuk mengangkat bakteri dan virus penyebab kutu air. Sehingga baik untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut lagi pada bagian kaki anda. 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bermanfaat sebagai cara mengatasi kutu air. Hal ini karena kandungannya ampuh dalam menghambat pertumbuhan jamur sehingga sangat baik untuk membersihkan jamur.

Pasalnya pada minyak kelapa terdapat asam laurat yang mempunyai sifat anti jamur dan anti inflamasi. Selain itu minyak kelapa efektif sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit.

Untuk caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak kelapa ke area kulit yang terkena kutu air. Biarkan beberapa saat agar bahan aktifnya mampu melawan jamur penyebab kutu air.

Itulah beberapa tips cara mengatasi kutu air secara alami dengan mudah namun cukup efektif. Selain murah dan mudah mendapatkannya, bahan-bahan ini memiliki kandungan yang manjur mengobati kutu air. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah