Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Leher Kaku yang Mudah dan Tanpa Obat

Cara Mengatasi Leher Kaku yang Mudah dan Tanpa Obat

Cara mengatasi leher kaku sebenarnya tidak sulit. Namun umumnya kita lebih mengandalkan obat gosok atau tempel. Tapi Anda bisa mencoba alternatif meredakan leher kaku dengan beberapa cara alami yang mudah tapi cukup efektif.

Leher yang kaku bisa terjadi dan menimpa pada siapa saja. Kekakuan leher sering kita rasakan setelah bangun tidur. Bahkan tak jarang gangguan ini terjadi secara tiba-tiba, terutama setelah berdiri dari duduk dalam waktu yang agak lama.

Banyak hal yang menjadi faktor penyebab kekakuan pada leher yang kita alami. Seperti karena keseleo, kesalahan posisi tidur, postur tubuh yang buruk, cedera, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Leher Kaku Paling Tepat

Leher yang kaku memang sangat mengganggu. Selain menimbulkan rasa nyeri, masalah ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah leher ini. Cara ini merupakan cara alami yang ampuh dan bisa Anda terapkan. Untuk informasi cara mengatasi leher kaku selengkapnya simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : Leher Kaku dan Tegang, Kenali Penyebab dan Penanganannya

Pemijatan Menggunakan Minyak Esensial

Pemijatan selain dapat melancarkan sirkulasi darah, juga dapat mengendurkan otot yang kencang dan kaku. Untuk melemaskan otot yang kencang dan kaku, serta melancarkan sirkulasi darah, Anda bisa menggunakan minyak esensial.

Cara membuat ramuan minyak esensialnya cukup mudah. Pertama -tama ambil beberapa tetes minyak esensial peppermint dan juga lavender.

Kemudian, campur dengan minyak kelapa dan aduk merata. Selanjutnya, oleskan pada bagian leher dan pundak secara perlahan.

Terapi Air Hangat dan Air Dingin

Terapi air hangat dan air dingin atau yang lebih terkenal sebagai hidroterapi merupakan metode mengatasi kekakuan leher yang cukup populer. Mandi air hangat akan membantu Anda merileksan otot-otot leher yang kencang.

Karena itu, cara mengatasi leher kaku adalah dengan memandikan tubuh yang nyeri menggunakan air hangat dan air dingin secara bergantian.

Baca Juga : Sakit Kepala Migrain, Penyebab dan Gejalanya yang Wajib Diwaspadai

Metode ini bisa Anda lakukan dengan berdiri dalam kamar mandi, kemudian biarkan air hangat mengenai bagian yang nyeri selama tiga sampai dengan empat menit.

Setelah itu, beralihlah dengan siraman air dingin selang waktu yang sama. Anda bisa melakukan cara alami dengan teknik hidroterapi ini secara berulang sampai leher Anda terasa lebih rileks.

Air hangat yang mengalir ke tubuh Anda membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sementara, air dingin membantu mengurangi peradangan sehingga nyeri leher dapat berkurang.

Mengompres Leher dengan Air Hangat

Masih tentang terapi air, kalau Anda malas berlama-lama berendam atau berdiri dalam kamar mandi, maka cara mengatasi leher kaku yang satu ini bisa Anda lakukan.

Anda bisa mengompres bagian leher yang sakit dengan air hangat. Ini akan berguna untuk melancarkan sirkulasi darah yang ada pada sekitar leher.

Cara mengompres leher dengan air hangat sangat mudah. Pastikan Anda sudah menyiapkan air hangat, letakkan dalam baskom. Kemudian, siapkan sapu tangan atau handuk.

Baca Juga : Posisi Tidur Tengkurap Bahaya Bagi Kesehatan, Ini Penjelasan Medisnya

Setelah itu, celupkan sapu tangan atau handuk tersebut dalam baskom berisi air hangat. Selanjutnya, kain atau handuk tersebut bisa Anda kompreskan pada bagian leher yang sakit sampai air yang tadinya hangat terasa dingin.

Lakukan selama beberapa kali sampai Anda merasa kalau nyeri leher yang Anda rasakan sudah hilang atau berkurang.

Peregangan Khusus pada Bagian Leher

Untuk meredakan sakit leher, cara mengatasi leher kaku lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan peregangan. Dengan peregangan, otot-otot leher yang kaku dapat melunak dan lentur kembali.

Sakit leher dapat menyebar sampai ke bagian punggung bagian atas dan bagian lengan. Jika hal tersebut Anda alami, maka akibatnya adalah gerakan leher dan kepala menjadi sangat terbatas.

Cara melakukan peregangan untuk melemaskan otot leher adalah dengan menggerakkan kepala secara lembut. Gerakkan kepala ke kanan dan ke kiri serta ke bawah dan ke atas.

Gerakan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah pada area tertentu, serta mengurangi peradangan pada daerah sekitar leher, lengan dan bahu.

Itulah beberapa cara mengatasi leher kaku yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Dengan beberapa pilihan ini bisa untuk meredakan masalah Anda yang mengalami kekakuan leher dan kembali beraktivitas. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru