Cara Mengatasi Rasa Ngantuk di Siang Hari, Ampuh Bikin Mata Melek

Mengatasi Rasa Ngantuk
Cara mengatasi rasa ngantuk di siang hari, ampuh bikin mata melek. Foto : Net/Ist.

Cara mengatasi rasa ngantuk saat siang hari yang bisa kamu lakukan agar mata tetap segar. Usai makan siang biasanya menjadi waktu kritis, karena mata akan mudah mengantuk. Hal ini memang tidak akan jadi masalah jika kamu tengah berada di rumah, serta tak ada beban yang harus dikerjakan.

Tapi lain halnya jika rasa ngantuk itu datang ketika Anda berada di tempat kerja dan harus menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk di depan mata.

Namun jangan khawatir lagi, karena sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa ngantuk pada siang hari.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa mengantuk saat siang hari.

11 Cara Mengusir Rasa Ngantuk saat Siang Hari

Baca Juga : Cara Mengatasi Rasa Malas, Jauhi Bantal yang Posesif

Ruangan Tetap Terang

Suasana ruangan yang gelap akan membuatmu lebih gampang merasa ngantuk. Oleh sebab itu, usahakan agar ruangan dalam keadaan cukup terang.

Untuk mengatasi rasa ngantuk, bisa dengan cara membiarkan sinar matahari masuk melalui jendela. Bisa juga menyalakan lampu apabila diperlukan.

Duduk dengan Tegak

Tak sedikit orang yang memilih duduk sambil bersandar untuk mendapatkan rasa nyaman. Namun, hal ini justru yang akan membuat kamu lebih mudah merasa ngantuk.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Health Psychology bahwa, ketika duduk postur tubuh bisa memengaruhi energi seseorang.

Oleh karena itu, mulai sekarang cara mengatasi rasa ngantuk saat siang hari yang perlu kamu lakukan adalah duduk dengan tegak. Sehingga kamu bisa lebih bersemangat lagi dan tidak akan mudah ngantuk.

Baca Juga : Badan Lemas dan Ngantuk, Waspadai Adanya Gejala Penyakit Serius

Konsumsi Air Putih

Dalam Journal of Nutrition mengungkap bahwa, berdasarkan hasil penelitian, dehidrasi ringan bisa mengakibatkan kelelahan, serta menurunkan konsentrasi. Agar tubuh senantiasa terhidrasi, pastikan untuk minum air putih yang cukup.

Memutar Musik yang Ceria

Cara mengatasi rasa ngantuk saat siang hari yang berikutnya yaitu dengan memutar musik yang dapat membangkitkan semangat. Pasalnya, bekerja dalam suasana hening dengan jangka waktu yang lama akan membuatmu mudah mengantuk.

Maka dari itu, cobalah untuk mendengarkan musik berirama cepat, sehingga otak bisa tetap fokus konsentrasi.

Jangan Terus Menatap Layar Perangkat Elektronik

Menatap layar komputer atau laptop terlalu lama bisa membuat mata menjadi tegang, dan rasa ngantuk pun akan meningkat. Jadi sebaiknya hindari hal itu.

Baca Juga : Sering Mengantuk di Pagi Hari, Ini Penyebabnya!

Salah satu cara mengatasi rasa ngantuk, coba alihkan pandanganmu dari layar perangkat elektronik tersebut selama beberapa menit. Hal ini bisa melemaskan ketegangan otot-otot mata. Kamu dapat melakukan cara tersebut berulang kali.

Bergerak

Jangan cuma duduk sambil menatap komputer atau laptop saja, tapi cobalah beranjak dari kursi untuk bergerak. Karena, dengan menggerakkan tubuh bisa menjadi salah satu cara mengatasi rasa ngantuk.

Cara tersebut bisa kamu lakukan misalnya dengan berjalan-jalan di sekitar lingkungan kantor selama 5 sampai 10 menit. Ketika bergerak, tubuh akan terasa lebih berenergi lantaran lebih banyak oksigen mengalir ke otak, otot, dan pembuluh darah.

Kamu juga bisa berjalan-jalan ketika sedang beristirahat, misalnya berjalan kaki ke toilet atau ke tempat makan yang jaraknya lebih jauh. Bisa juga bergerak untuk mengisi air minum.

Berbicara dengan Teman

Membuka perbincangan bisa menjadi cara mengatasi rasa ngantuk saat siang hari. Hal ini juga sebagai cara mempererat hubungan sosial antara kamu dengan rekan-rekan kerja sekantor. Kamu bisa membicarakan hal-hal yang lucu, atau kehidupan sehari-hari dan lain-lain.

Baca Juga : Sering Ngantuk Setelah Makan? Kenali Bahayanya!

Menarik Napas yang Dalam

Menarik napas yang dalam bisa menjadi cara untuk mengatasi rasa ngantuk saat hari. Bernapas dalam-dalam membuat kadar oksigen dalam tubuh meningkat, termasuk energi dan performa.

Kamu bisa mencoba melakukan latihan pernapasan ini melalui perut dengan cara posisi duduk tegak kurang lebih sekitar 10 kali.

Cuci Muka

Mencuci muka menggunakan air dingin dapat membantu mengusir rasa ngantuk saat siang hari ketika kamu masih bekerja. Tapi kalau bisa, sesudah mencuci muka cobalah kamu keluar ruangan kerja untuk merasakan angin.

Tidur saat Istirahat

Cara mengatasi rasa ngantuk saat siang hari yang bisa kamu lakukan salah satunya memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak, jika rasa kantuk sudah tak bisa kamu tahan.

Namun sebelumnya pasang dulu alarm untuk membangunkanmu. Tidurlah setidaknya 10 sampai 25 menit.

Pilih Makan Siang yang Ringan

Untuk menghindari ngantuk saat siang hari, jangan mengonsumsi minuman bersoda dan makanan yang tinggi karbohidrat. Jadi, atur porsi makan secukupnya, dan dominan mengonsumsi sayur.

Itulah kiat-kiat yang bisa kamu terapkan sebagai cara mengatasi rasa ngantuk pada siang hari agar kamu bisa tetap fokus saat bekerja. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah