Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Batuk Tanpa Obat

cara mengatasi sesak nafas karena batuk
Begini cara mengatasi sesak nafas karena batuk. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk tidak selalu harus dengan obat dari apotik. Orang tua dan nenek kita sudah lama memiliki cara alami untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Termasuk gangguan sesak nafas karena batuk.

Batuk berdahak yang tak kunjung sembuh memang dapat berdampak buruk pada saluran pernapasan penderitanya. Akibat yang timbul dari kondisi batuk berdahak yang tak kunjung sembuh adalah sesak nafas.

Kondisi sesak pernafasan ini bisa sangat mengganggu. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara penanganan gangguan sesak nafas ini. Baik dengan menggunakan bahan herbal ataupun sejumlah cara tradisional dari orang tua.

Pilihan Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Batuk

Dengan mengetahui cara mengatasinya, sesak nafas akan terasa lebih ringan, bahkan berangsur-angsur dapat menghilang. Berikut informasi tentang cara mengatasi sesak nafas karena batuk yang bisa Anda lakukan.

Menggunakan Uap Panas

Untuk mengatasi kondisi sesak nafas, termasuk sesak nafas yang dialami seseorang karena batuk, adalah dengan menggunakan uap panas. Cara ini sudah cukup populer dan lama menjadi metode alami yang cukup efektif.

Baca Juga : Napas Terasa Berat? Waspadai Adanya Penyakit yang Mengancam

Untuk caranya, Anda bisa segera mendidihkan air. Kemudian air tersebut dapat Anda campurkan dengan minyak kayu putih.

Selanjutnya, pindahkan air panas yang sudah bercampur minyak kayu putih ke atas meja. Dekatkan wajah Anda di atas panci dan uapnya Anda hirup secara perlahan. Anda yang mengalami sesak nafas karena batuk akan segera sembuh.

Cara ini merupakan cara sederhana yang sangat efektif untuk membantu melancarkan sistem pernapasan dan meredakan sesak nafas.

Bahkan, orang yang mengalami asma pun bisa diatasi kondisi asmanya dengan terapi menghirup uap panas setiap pagi.

Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih pada dada penderita batuk.

Minyak kayu putih selain dapat memberikan efek menghangatkan pada bagian tubuh yang diolesi, juga memberikan efek menenangkan.

Baca Juga : Penyebab Sesak Nafas yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Dengan begitu, penderita batuk akan lebih tenang dan rileks. Dada juga akan terasa lebih lapang dan sesak pun berangsur-angsur membaik.

Anda bisa oleskan minyak kayu putih pada bagian dada dan perut orang yang mengalami batuk setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Bisa juga Anda oleskan setiap kali batuk berdahak muncul tak tertahankan.  

Mengonsumsi Air Jahe dan Madu

Kombinasi antara jahe dan madu dapat memberikan efek releksasi pada orang yang mengonsumsinya. Khasiat anti inflamasi pada jahe juga dapat meredakan batuk.

Mengonsumsi ramuan jahe dan madu selain merupakan cara mengatasi sesak nafas karena batuk, juga untuk meredakan batuk.

Sebaiknya konsumsi minuman herbal ini ketika masih hangat. Untuk membuat ramuan jahe dan madu, caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Pertama-tama siapkan jahe, madu asli, dan air panas secukupnya.
  • Jahe yang tadi telah Anda siapkan, Anda bisa segera parut.
  • Tuangkan air kedalam panci dan masak hingga mendidih.
  • Jahe yang telah anda parut dan haluskan bisa segera Anda seduh ke dalam air panas. Lalu tambahkan madu dan aduk hingga rata.
  • Setelah agak hangat, konsumsi ramuan ini sebanyak 2 kali sehari
Baca Juga : Penyebab Batuk Kering dan Cara Mudah Mengatasinya

Ramuan Kapulaga

Alternatif cara mengatasi sesak nafas karena batuk lainnya adalah dengan menggunakan kapulaga. Herbal ini kaya zat dan mineral yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kapulaga memiliki kandungan protein, serat, niasin, elektrolit, sodium, mineral, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, serta vitamin A dan C.

Dengan semua kandungan tersebut selain bisa dijadikan sebagai obat diuretik, bahan herbal ini juga sangat ampuh untuk mengatasi batuk dan sesak nafas karena batuk.

Hal ini karena manfaat kapulaga yang dapat membantu melancarkan sirkulasi udara menuju ke paru – paru.

Untuk cara memanfaatkan kapulaga untuk mengatasi sesak nafas yang terjadi karena batuk adalah sebagai berikut :

  • Siapkan 3 buah kapulaga.
  • Bersihkan kapulaga
  • Rebus kapulaga sampai mendidih
  • Konsumsi air rebusan kapulaga sebanyak 2 kali sehari

Itulah beberapa cara mengatasi sesak nafas karena batuk tanpa perlu mengonsumsi obat kimia dari apotik. Namun, jika kondisi tak segera membaik sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah