Cara Mengekstrak File RAR di HP Sangat Mudah, Berikut Tutorialnya

cara mengekstrak file RAR di hp
Ilustrasi cara mengekstrak file RAR di hp. Foto: Ist/Net

Cara mengekstrak file RAR di HP dapat Anda lakukan dengan mudah. Ketika Anda mempunyai file dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, maka untuk dapat mengecilkan file tersebut bisa menggunakan extract file. Proses ekstract file akan sangat mudah dengan memanfaatkan aplikasi Winrar pada perangkat komputer.

Namun perlu Anda ketahui, perkembangan teknologi smartphone yang terjadi saat ini cukup pesat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan extract file RAR pada perangkat Android secara lebih mudah.

Cara terbaru untuk extract file RAR pada perangkat HP dengan memanfaatkan adanya aplikasi yang dapat Anda unduh dari Play Store. Terdapat banyak developer aplikasi Android yang menawarkan aplikasi untuk ekstrak file RAR di HP.

Inilah Cara Mengekstrak File RAR di HP Terbaru

RAR adalah sebuah format file kompresi yang saat ini sudah sangat jarang ditemui. Dibandingkan dengan ZIP, ekstensi yang satu ini menawarkan kemampuan kompresi secara lebih baik.

Baca Juga : Transfer SMS ke HP Baru Mudah, Berikut Rincian Tutorial Lengkapnya

Karena mampu menghasilkan ukuran file kompresi yang lebih kecil meskipun ukuran file aslinya hampir sama dengan ZIP. Meskipun RAR dapat dengan mudah dibuka menggunakan perangkat PC atau laptop dan memanfaatkan software WinRAR.

Anda juga dapat mengekstrak file RAR dengan menggunakan smartphone. Namun sebagian besar orang masih merasa kebingungan dengan cara ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan kita ulas mengenai bagaimana cara mengekstrak RAR di HP secara lebih mudah. Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengekstrak RAR di perangkat HP, antara lain:

Aplikasi RAR

Cara mengekstrak file RAR di HP dengan mudah lainnya adalah menggunakan aplikasi RAR. Aplikasi ini adalah yang paling sering digunakan oleh para pengguna.

Baca Juga : Buat Folder di HP, Solusi Aman Menyimpan Data Penting di Ponsel

Sesuai dengan namanya, aplikasi RAR memiliki fungsi khusus untuk membuka serta mengekstrak file RAR. Selain itu, aplikasi RAR juga mendukung format lain seperti ISO dan ZIP.

Berikut ini cara ekstrak file RAR di perangkat HP dengan aplikasi RAR, antara lain:

  1. Pertama, unduh serta install aplikasi RAR dari Google Play Store
  2. Setelah berhasil Anda install, buka aplikasi tersebut
  3. Pada halaman utama dari aplikasi RAR, Anda akan berhadapan dengan berbagai hirarki folder serta dokumen.
  4. Selanjutnya, Anda dapat langsung mencari file dengan ekstensi RAR yang akan Anda ekstrak.
  5. Berikutnya, setelah memilih file berekstensi RAR yang akan Anda buka dan ekstrak, selanjutnya Anda dapat memilih menu Ekstrak dengan logo Buku serta anak panah ke atas yang berada pada bagian atas aplikasi.
  6. Langkah selanjutnya pilih tempat pengekstrakan file pada halaman Extraction Options. Jika file telah siap untuk Anda ekstrak, lalu tekan OK.
  7. Cara mengekstrak file RAR di HP dengan menggunakan aplikasi RAR yang terakhir adalah file ekstraksi akan muncul pada tempat yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Menggunakan File Manager Bawaan HP

Cara ekstrak file RAR satu ini tidak dapat Anda lakukan pada semua jenis HP Android. Pasalnya, tidak semua perangkat HP memiliki fitur ini. Fitur bawaan ini akan dapat dengan mudah Anda temukan di HP keluaran terbaru.

Baca Juga : Cara Silent HP Android untuk Jam-Jam Tertentu dengan Otomatis

Caranya adalah buka file Manager HP, kemudian cari file RAR yang Anda inginkan. Langkah berikutnya ketuk file tersebut, kemudian pilih Ekstrak.

Menggunakan ZArchiver

Cara mengekstrak file RAR di HP berikutnya adalah dengan memanfaatkan ZArchiver. Pasalnya, fitur ini cukup lengkap serta support berbagai jenis compressed file.

Seperti ZIP, RAR, 7z, serta support dengan berbagai tipe perangkat Android. Adapun langkah menggunakan fitur ini untuk ekstrak file RAR pada HP adalah:

  1. Langkah pertama, install terlebih dulu aplikasi ZArchiver pada layanan Google Play Store, kemudian buka aplikasinya.
  2. Berikutnya cari dan pilih file RAR yang akan Anda ekstrak, maka akan terdapat jendela pada tampilan tersebut.
  3. Langkah berikutnya adalah pilih opsi ekstrak yang Anda inginkan. Selanjutnya file akan langsung tersimpan di tempat yang sama dengan file RAR tersebut.

Beberapa cara mengekstrak file RAR di HP dapat Anda lakukan secara mudah dan praktis. Selain dapat mengkompres file menjadi lebih kecil, Anda juga dapat menggabungkan beberapa data untuk Anda jadikan satu file RAR. Anda pun akan memperoleh file kompresi RAR ukuran kecil dengan banyak file di dalamnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto