Cara Mengolah Daun Kelor yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

cara mengolah daun kelor
Begini cara mengolah daun kelor. Foto: Ist/Net

Dengan cara mengolah daun kelor yang tepat, berbagai khasiat dan manfaatnya akan bisa kita dapatkan. Selain kaya nutrisi yang baik untuk tubuh, sayuran ini juga baik untuk anak-anak yang kekurangan gizi.

Selama ini masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa daun kelor bukanlah sayuran biasa. Kelor berbeda dengan bayam atau brokoli karena merupakan sebuah tanaman yang kaya manfaat bagi kesehatan.

Badan Kesehatan Dunia WHO bahkan pernah merekomendasikan sayuran ini sebagai pengganti susu untuk masyarakat kurang gizi di Afrika. Kabarnya kelor juga mampu menjadi pengganti ASI yang macet atau tidak bisa keluar.

Oleh sebab itu, mengonsumsi secara rutin sayuran ini sangat penting karena memberikan khasiat secara maksimal bagi tubuh atau badan kita. Untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Mengenai apa saja manfaat dari daun kelor serta tata cara pengolahannya seperti apa, Anda bisa simak informasi selengkapnya dalam artikel ini.

Cara Mengolah Daun Kelor

Ada banyak cara mengolah daun kelor yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaatnya. Paling umum, kelor kita masak sebagai sayur bening. Sehingga bisa kita jadikan lauk sayuran pendamping nasi yang kita konsumsi secara rutin.

Baca Juga : Daun Kelor untuk Jerawat dan Manfaatnya Buat Kulit Wajah

Meskipun cara membuat sayuran ini sangat mudah namun ada baiknya anda memperhatikan langkahnya yang benar. Cara pengolahan yang benar tentunya tidak akan merusak kandungan nutrisinya yang sangat tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor yang optimal, berikut ini langkah dan cara mengolah daun kelor yang sebaiknya anda tahu.

Siapkan bahan utama dan bahan bumbu terlebih dahulu untuk membuat sayur kelor. Bahan utama yang Anda perlu siapkan di antaranya :

  • Daun kelor 1 ikat atau secukupnya lalu petik bagian daunnya
  • Jagung manis 2 buah lalu sisir
  • Air 1 liter air

Selain bahan utama yang perlu Anda siapkan, Anda juga perlu menyiapkan berbagai bahan pelengkap lainnya yang meliputi:

  • Kencur 2 ruas
  • Bawang merah 4 – 5 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Daun salam 3 lembar

Setelah semua bahan tersebut Anda siapkan, berikut tata cara pembuatan daun kelor sebagai makanan sehat.

Baca Juga : Manfaat Daun Turi Untuk Kesehatan Tulang, Kulit, dan Anti Radang
  • Ulek semua bahan bumbu (bisa juga anda iris atau menggepreknya)
  • Setelah itu panaskan air sampai mendidih, lalu masukkan bumbu beserta jagung mudanya. Masak sampai biji jagungnya empuk.
  • Masukkan daun kelor kemudian tambahkan dengan garam serta gula
  • Koreksi rasa, tambahkan yang anda rasa kurang dan sajikan

Selain bisa Anda jadikan sayur kelor yang enak dan menyehatkan, kelor juga bisa Anda olah dengan cara merebusnya bersama air hangat dan madu. Kemudian konsumsi ketika hangat,

Anda juga bisa membuat jus kelor dengan memadukan dengan berbagai sayur lainnya seperti brokoli, wortel, asparagus atau yang lainnya.

Beragam Khasiat dan Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Setelah kita membahas tentang cara mengolah daun kelor, Anda juga harus tahu tentang berbagai manfaat herbal unik ini. Berikut ini berbagai manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh.

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Daun kelor merupakan suatu bahan alami yang mengandung senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan yang bisa kita temukan pada daun kelor antara lain vitamin C, beta karoten, quercetin dan juga asam klorogenat.

Baca Juga : Keampuhan Daun Kelor untuk Mencegah Penularan Covid-19

Senyawa dan nutrisi ini merupakan suatu senyawa yang dapat bekerja melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Para ilmuwan percaya bahwa daun kelor memiliki peran penting dalam membantu tubuh untuk menurunkan kadar gula darah. Ini bisa terjadi karena adanya senyawa isothiocyanate pada kelor.

Isothiocyanate ini merupakan senyawa yang terbentuk dari unsur N (Nitrogen), C (Carbon), dan S (Sulfur) yang sangat penting untuk menjaga glukosa darah. Karena itu, cara mengolah daun kelor yang benar agar manfaatnya optimal.

Mencegah dan Mengurangi Radang

Peradangan merupakan suatu respons alami tubuh terhadap terjadinya infeksi atau pun cedera. Kondisi ini menjadi suatu mekanisme perlindungan tubuh yang juga dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Para ilmuwan percaya bahwa senyawa isothiocyanate dalam daun kelor adalah senyawa yang juga dapat mengurangi peradangan, selain berfungsi menangkal radikal bebas.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi seringkali dikait-kaitkan dengan berbagai macam resiko penyakit, dan salah satunya dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan baik pada hewan atau manusia, peneliti menemukan fakta bahwa daun kelor memiliki efek yang sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Itulah beberapa pilihan cara mengolah daun kelor yang kaya manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Mengonsumsi secara rutin sangat penting untuk mendapatkan beragam manfaat daun kelor yang ampuh. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah