Cara Mengubah PPT Menjadi Video di HP Android, Presentasi Jadi Efektif

Cara Mengubah PPT Menjadi Video
Ilustrasi Cara Mengubah PPT Menjadi Video. Foto: Ist/Net

Cara mengubah PPT menjadi video agar dapat diputar di HP Android sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Seperti yang kita ketahui, terdapat sejumlah media yang bisa Anda gunakan untuk presentasi dalam pertemuan.

Media tersebut antara lain file, video, gambar atau pun animasi. Pada dasarnya masyarakat akan lebih sering menggunakan File seperti Power Point sebagai salah satu medianya.

Baca Juga : Ganti Launcher HP Android, Beri Tampilan Home Screen Lebih Menarik

Namun, saat ini terdapat cara yang cukup unik untuk sarana penyampaian sebuah presentasi. Cara tersebut adalah dalam bentuk video. Lalu bagaimanakah cara untuk merubah file PPT yang Anda miliki ke dalam bentuk video tersebut?

Cara Mengubah PPT Menjadi Video di HP Android

Cara ubah file PPT pada dasarnya hampir sama pada setiap versi dari Power Point. Perbedaannya terletak pada pemilihan Format Videonya saja.

Proses ubah file PPT ke dalam bentuk video cukup mudah dan praktis. Dalam artian, Anda tak perlu untuk menggeser slide pada saat presentasi.

Baca Juga : Ubah Sinyal 4G Jadi 5G untuk Peroleh Koneksi Lebih Cepat, Ini Caranya!

Selanjutnya, Anda juga bisa mengatur timing antar slide. Selain itu juga menyesuaikan durasi tersebut supaya terasa nyaman saat presentasi Anda lakukan.

Dalam proses ubah file PPT menjadi video, Anda tidak perlu menggunakan laptop atau PC. Perangkat Android pun dapat Anda gunakan untuk aktivitas ini.

Cara Mengubah File PPT Menjadi Video Melalui Microsoft Power Point

  • Untuk langkah pertama, buka File Power Point atau PPT yang akan Anda ubah formatnya. Pastikan kembali semua pekerjaan Anda dalam file tersebut telah lengkap dan sesuai.
  • Simpan file terlebih dahulu dengan cara klik menu “File”, kemudian pilih Save atau Save As
  • Langkah berikutnya, klik menu File kembali kemudian pilih Export. Berikutnya pilih Create a Video. Pada bagian ini, Anda bisa mengatur Format Video serta Durasi yang Anda inginkan. Pada daftar kotak menurun pertama, dapat Anda pilih kualitas Video yang Anda inginkan. Semakin tinggi resolusi video yang Anda gunakan, maka semakin besar ukuran filenya.
  • Cara mengubah PPT menjadi video selanjutnya, pada daftar kotak menurun yang kedua pada bagian Create a Video, Anda dapat menyertakan narasi serta pengaturan waktu. Selain itu , Anda juga dapat mengganti pengaturan ini apabila Anda perlukan. Apabila Anda belum bisa merekam narasi dengan jangka waktu, maka secara default nilai tersebut adalah “Don’t Use Recorded Timings and Narrations”. Waktu default setiap slide adalah 5 detik.
  • Selain itu Anda bisa mengubah waktu per slidenya. Caranya dengan klik tanda panah atas guna menambah waktu atau bisa klik panah bawah demi mengurangi durasi di bagian “Seconds spent on each slide”. Namun jika Anda telah merekam narasi dengan jangka waktu, maka default nilainya adalah “Use Recorded Timings and Narrations”.
  • Setelah mengikuti beberapa cara mengubah PPT menjadi video pada perangkat Android Anda, kemudian klik Create Video. Kemudian isi Nama File untuk video tersebut. Serta Tipe File lalu Lokasi penyimpanan dan klik save.

Keuntungan Merubah PPT Menjadi Video

Terdapat berbagai alasan mengapa seseorang ingin tahu mengenai proses ubah file PPT ke video. Memang terdapat sejumlah keadaan yang dapat memungkinkan untuk mengkonversi file PPT.

Baca Juga : Ubah Nama Facebook Lewat HP Mudah dan Praktis, Simak Tutorialnya!

Sebagai contoh pada saat mempresentasikan sebuah proyek penting dalam sebuah kantor atau perusahaan. Dengan demikian, presentasi pun akan lebih mudah dan efektif dalam bentuk video.

Berikut ini beberapa kelebihan mengubah file PPT menjadi Video, salah satunya pada HP Android antara lain:

  • Para pemirsa tidak perlu lagi untuk menginstal Power Point pada komputer yang mereka gunakan untuk menonton video
  • Dapat menyertakan animasi dan transisi dalam film
  • Mengontrol ukuran file multimedia juga kualitas video
  • Dengan cara mengubah PPT menjadi Video, maka Anda dapat merekam serta mengatur waktu narasi suara dan gerakan penunjuk laser dalam video tersebut.
  • Apabila presentasi Anda berisi video yang tersemat di dalamnya, maka video tersebut akan dapat Anda putar secara tepat serta tidak perlu Anda kontrol.

Pada cara mengubah PPT menjadi video pada HP Android di atas, terdapat beberapa item yang tidak dapat disertakan ke dalam bentuk tersebut. Hal ini dikarenakan Microsoft memiliki ketentuan tersendiri dalam pemformatan video. Beberapa item tersebut antara lain makro, kontrol OLE, Media QuickTime serta media yang disisipkan pada versi Power Point sebelumnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto