Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Bugar dan Jauh dari Penyakit

cara menjaga kesehatan tubuh
Begini cara menjaga kesehatan tubuh. Foto: Ist/Net

Cara menjaga kesehatan tubuh mungkin terlalu sering menjadi kampanye yang kita dengar. Akibatnya, pentingnya menjaga kesehatan terjebak lebih sebagai slogan namun banyak orang kurang memperhatikan atau merealisasikannya.

Pandemi Covid-19 yang tak terbayang sebelumnya membuat kita sadar betapa pentingnya kesehatan tubuh. Apalagi serangan virus Corona telah menyebabkan bencana di berbagai negara dan jutaan orang yang meninggal dunia.

Selain itu penyebaran virus dan bakteri yang tidak terkontrol ditambah dengan cuaca ekstrim yang seringkali berubah-ubah, mengharuskan setiap orang memiliki cara menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Paling Tepat

Kesehatan itu mahal harganya. Menjaga agar tubuh tetap selalu dalam kondisi sehat dan bugar akan membuat hidup terasa nikmat. Agar terhindar dari penyakit, penting kita memperhatikan kebutuhan tubuh.

Menjaga kesehatan akan membuat tubuh selalu bugar dan kesehatan pun senantiasa terjaga. Nah, berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang perlu anda lakukan dan terapkan secara rutin.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Langkah penting menjaga kesehatan yang pertama perlu kita lakukan adalah dengan memenuhi asupan nutrisi harian tubuh. Caranya tentu saja dengan selalu mengonsumsi makanan sehat secara rutin.

Adapun asupan nutrisi harian yang wajib kita penuhi antara lain karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral, vitamin dan air.

Semua nutrisi tersebut harus dipenuhi oleh tubuh Anda setiap hari sebagai zat pembangun, pemberi tenaga dan mencegah tubuh terhindar dari kekurangan nutrisi.

Dengan menjaga asupan bernutrisi dan selalu mengonsumsi makanan sehat, Anda juga perlu menjauhi atau menghindari makanan tidak sehat. Apalagi saat ini ada banyak makanan atau jajanan instan yang tidak baik untuk tubuh.

Selain memastikan mengonsumsi makanan sehat setiap hari, pastikan juga agar Anda selalu menghindari makanan tak sehat tesebut. Seperti minuman bersoda, minuman beralkohol atau pun jenis makanan junkfood.

Dengan cara ini Anda juga dapat terhindar dari potensi terserang berbagai penyakit berbahaya. Seperti penyakit jantung koroner, diabetes atau pun kanker.

Minum Air Putih Secara Cukup

Selama ini banyak orang yang meremehkan pentingnya minum air putih dalam kehidupan sehari-hari. Padahal mengonsumsi air putih sangat penting sebagai cara menjaga kesehatan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa meski kondisi dehidrasi terlihat ringan, jika tidak segera anda tangani lama kelamaan kondisi tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit berbahaya.

Dehidrasi bisa memicu gangguan seperti kejang-kejang, gangguan fungsi ginjal dan bahkan berpotensi menghilangkan nyawa seseorang.

Olahraga Secara Teratur

Selain mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih secara rutin, olahraga secara teratur juga penting. Olahraga dapat melatih otot, membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh agar selalu lancar.

Anda bisa melakukan berbagai jenis kegiatan olahraga. Mulai dari jalan kaki, yoga, lari, sepedaan, atau berbagai jenis olahraga lainnya. Lakukan olahraga secara rutin meski sebentar ketimbang lama tapi jarang.

Istirahat Yang Cukup

Selain dapat memperbaiki mood, istirahat yang cukup juga sangat penting sebagai cara menjaga kesehatan tubuh. Sangat dianjurkan agar istirahat setiap harinya minimal 7 sampai 8 jam setiap hari.

Dalam sebuah penelitian, terungkap fakta bahwa orang yang tidur minimal 7 sampai 8 jam setiap hari selama 2 minggu berturut-turut, mereka memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik ketimbang lainnya.

Hal ini karena sitokin yaitu sejenis protein yang terlepas selama tidur dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh.

Menghindari dan Mengelola Stres

Cara menjaga kesehatan tubuh yang tak kalah penting adalah dengan menghindari dan mengelola stress. Banyaknya tekanan juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan.

Tidak hanya terhadap kesehatan mental atau psikologis saja, melainkan juga berpotensi menyerang kesehatan badan orang yang bersangkutan.

Mereka yang mengalami stress rentan terserang anxiety dan GERD. Kondisi telat makan akibat tekanan pikiran menjadi salah satu faktor penyebab GERD menyerang.

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang terjadi ketika asam lambung dan empedu mengalir ke saluran makanan dan kemudian mengiritasi dinding di dalamnya.

Beberapa gejala yang menjadi tanda seseorang mengalami GERD seperti nyeri panas pada dada, sesak nafas utamanya setelah makan dan semakin memburuk ketika berbaring. Begitu juga tekanan pada perut yang menyebabkan nyeri tak tertahankan.

Oleh sebab itu agar terhindar dari berbagai macam penyakit, pastikan Anda selalu menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh secara rutin. Penuhi kebutuhan harian nutrisi tubuh Anda, hindari stres dan olahraga secara rutin.