Cara Menyehatkan Jantung yang Mudah, Murah, dan Efektif

cara menyehatkan jantung

Bagaimana sih cara menyehatkan jantung yang mudah namun efektif? Mencegah tentunya jauh lebih baik daripada mengobati. Apalagi jantung memiliki fungsi sangat vital yang menentukan kehidupan kita. Karena itu penting menjaga kesehatan jantung.

Jantung merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh. Fungsi jantung sangatlah penting. Organ ini terutama berfungsi untuk memompa dan menyalurkan darah sekaligus menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

Gangguan pada jantung akan mempengaruhi kerja organ tubuh lainnya. Sekali saja bermasalah, aktivitas kita akan terganggu dan kehidupan mereka yang mengalami masalah jantung tak akan berlangsung normal.

Baca juga: Ingin Menjaga Jantung Sehat Selalu? Lakukan Kebiasaan Baik Ini!

Terlebih dalam tubuh manusia organ penting ini hanya ada satu buah saja. Sehingga menjaga dan memelihara kesehatan jantung menjadi hal yang harus benar-benar kita perhatikan dan pahami oleh setiap orang.

Begini Cara Menyehatkan Jantung

Ada banyak gangguan yang bisa menyebabkan fungsi jantung terganggu atau terhambat. Gangguan inilah yang akan menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit jantung.

Selain itu, terganggunya fungsi jantung juga akan memicu gangguan pada organ dalam tubuh lainnya. Nah, berikut ini sejumlah langkah mudah dalam cara menyehatkan jantung yang praktis dan bisa anda lakukan secara rutin.

Bergerak Lebih Aktif

Duduk dan tidur terlalu lama tidak hanya berdampak buruk pada metabolisme tubuh, melainkan juga berdampak buruk bagi organ tubuh yang lain termasuk jantung.

Tubuh yang tidak banyak bergerak dan terlalu lama tidur mengakibatkan tekanan darah meningkat dan kolesterol pun meningkat sehingga kinerja jantung terlalu berat.

Untuk mencegah semua hal tersebut, baiknya Anda mulai bangun kebiasaan dan gaya hidup yang baik dengan aktif bergerak. Sebelum melakukan aktivitas kerja, setidaknya Anda berjalan kaki minimal 20 – 30 menit setiap hari.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Jantung

Cara menyehatkan jantung selanjutnya adalah dengan tetap menjaga pola makan. Pastikan Anda menghindari terlalu banyak mengonsumsi junk food, jeroan, ataupun gorengan. Karena terdapat kandungan lemak jenuh yang kurang baik bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas? Ini Yang Harus Anda Tahu!

Ganti apa yang Anda konsumsi dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung seperti biji-bijian, makanan yang mengandung serat dan kaya antioksidan.

Dalam proses memasak, yang tak kalah penting kita perhatikan juga adalah kurangi asupan garam dan penyedap rasa. Anda perlu menggantinya dengan memperbanyak rempah-rempah.

Cukupi Kebutuhan Tidur

Pilihan cara menyehatkan jantung lainnya adalah dengan tidur yang cukup. Tidur selama 7 jam sampai 8 jam setiap hari sangat penting tidak hanya untuk mengembalikan stamina, melainkan juga untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Penelitian menyebutkan bahwa tidur kurang dari 7 jam waktu yang dibutuhkan tubuh setiap hari dapat meningkatkan resiko mengalami penyakit jantung dan stroke.

Kurangnya pemenuhan kebutuhan waktu tidur menurut pada ahli juga berpotensi menaikkan tekanan darah sehingga dapat memicu kerja jantung lebih cepat dari yang seharusnya.

Mengelola Stres

Tidak hanya mengganggu aktivitas dan mengakibatkan orang yang mengalaminya tidak fokus melakukan suatu kegiatan, stres juga sangat berdampak buruk pada kesehatan.

Salah satu dampak serius akibat stres adalah terganggunya kesehatan jantung. Oleh sebab itu, jika mengalami tekanan pikiran sebaiknya kelola pikiran Anda agar selalu tenang dan rileks dalam menghadapi masalah.

Salah satu cara menyehatkan jantung adalah dengan meluangkan waktu untuk menghilangkan penat. Sebab dengan pikiran yang tenang, solusi atas masalah apapun itu bisa jauh lebih mudah kita dapatkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stress mulai dari berlibur, mengerjakan hobi yang Anda suka, mendengarkan musik, sampai bermeditasi atau yoga.

Kuncinya lakukan saja semua hal yang Anda suka tanpa mengesampingkan tugas dan tanggung jawab yang Anda punya.

Hindari Rokok dan Alkohol

Kedua barang tersebut adalah barang haram bagi kesehatan jantung. Jika sebelumnya Anda perokok dan peminum alkohol, mulai sekarang Anda harus mulai mendisplinkan diri sendiri untuk menjauhi keduanya.

Baca juga: Gejala Jantung Lemah, Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Selain dapat melindungi diri sendiri dari resiko penyakit jantung yang parah, tidak merokok juga dapat melindungi orang sekitar dari bahaya terpapar asap rokok utamanya ketika berada di ruang tertutup.

Itulah beberapa cara menyehatkan jantung yang mudah dan perlu anda lakukan secara rutin. Dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, anda perlu selalu menjaga kesehatan jantung Anda setiap hari dengan cara yang tepat. (R10/HR-Online)