Cara Mewarnai Sepatu yang Pudar, Ampuh dengan 3 Teknik Berbeda

Cara Mewarnai Sepatu yang Pudar, Ampuh dengan 3 Teknik Berbeda
Ilustrasi Cara mewarnai sepatu yang pudar. Foto: kamini

Cara mewarnai sepatu yang pudar memang bisa dibilang cukup merepotkan. Namun, daripada anda beli yang baru tentu biayanya akan lebih murah.

Apalagi jika anda tahu teknik yang pas untuk mengatasinya. Sepatu menjadi salah satu item fashion yang tidak bisa tertinggal. Hingga saat ini pun beragam jenis sepatu bisa anda dapatkan dengan mudah.

Tersedia berbagai model, ukuran, warna, hingga bahan pembuatannya. Dengan ini tentunya memudahkan siapa saja untuk memilih sesuai kebutuhan.

Tidak sedikit orang yang sengaja mengoleksi sepatu. Sebagian besar mengoleksinya karena sering bingung memilih. Bisa juga digunakan sesuai aktivitas.

Meski demikian, anda perlu memberikan perawatan yang tepat. Jangan hanya membeli dan memakainya tanpa merawat. Jika hal ini anda abaikan, justru menjadi rusak bahkan warnanya memudar.

Cara mewarnai sepatu yang pudar bisa anda jadikan salah satu langkah dalam merawatnya. Selain mencucinya, hal ini juga mampu membuat sepatu lebih awet.

Sehingga tidak harus membeli yang baru dalam setiap kesempatan. Bahkan dengan anda mengembalikan warnanya, penampilan terkesan lebih fashionable.

Baca Juga : Sandal Gunung Pria, Rekomendasi Alas Kaki Kuat Terbaik dan Stylish

Simak Cara Mewarnai Sepatu yang Pudar Agar Tampak Baru

Merawat sepatu menjadi salah satu hal penting yang perlu anda lakukan. Meski tampak sepele, mencucinya pun sering terabaikan.

Namun ketika anda melihat sepatu kesayangan warnanya memudar, tentu akan sedih. Meski demikian, jangan terburu-buru untuk membeli yang baru.

Apalagi jika koleksi alas kaki yang satu ini sudah banyak. Anda cukup keluarkan sedikit uang untuk merawatnya. Berikan perawatan yang tepat untuk koleksi sepatu anda.

Sehingga meski belinya sudah lama, bisa anda kenakan kembali. Gunakan cara yang tepat untuk mewarnainya agar tampak seperti baru. Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan. Sebaiknya sesuaikan dengan jenis bahan dan warnanya.

1. Gunakan Pasta Gigi

Cara mewarnai sepatu yang pudar bisa anda sesuaikan menurut warnanya. Jika sepatu anda berwarna putih, bisa gunakan pasta gigi. Prosesnya cukup mudah, anda bisa ikuti langkah berikut ini:

Baca Juga : Cara Mencegah Sepatu Bau untuk yang Malas Pakai Kaus Kaki
  1. Untuk mengatasi masalah ini cukup siapkan pasta gigi. Selain itu, gunakan sikat bekas dan lap bersih yang sudah dibasahi.
  2. Langkah selanjutnya jika perlengkapan siap yaitu aplikasikan. Oleskan pasta gigi pada sepatu berwarna putih tersebut.
  3. Gosokkan dengan searah menggunakan sikat gigi. Saat warna putih sudah kembali lagi bahkan lebih kinclong, segera bersihkan.
  4. Anda bisa mengusap pasta gigi yang ada di sepatu menggunakan lap bersih yang sudah disiapkan sejak awal. Pastikan pasta gigi sudah tidak lagi menempel pada sepatu.
  5. Anda cukup angin-anginkan saja kurang lebih 30 menit. Sehingga warna sepatu kembali baru. Bahkan ada anggapan jika anda memakai sepatu yang baru saja dibeli.

2. Gunakan Pewarna Tekstil

Ada cara mewarnai sepatu yang pudar dengan pewarna tekstil. Tidak sedikit orang yang memiliki alas kaki kesayangan hingga tampak kusam. Agar sepatu anda memiliki warna baru, bisa gunakan teknik yang satu ini. Anda bisa persiapkan bahan dan caranya.

Alat dan Bahan

  • Siapkan pewarna tekstil sesuai dengan warna sepatu
  • Gunakan sarung tangan karet
  • Handuk bekas atau plastik besar
  • Lem semen karet
  • Garam dapur
  • Air untuk merebus
  • Sendok kayu
  • Panci besar
Baca Juga : Sepatu Gunung Wanita, Pastikan Aman dan Nyaman untuk Kaki Anda

Langkah yang Dilakukan

Cara mewarnai sepatu yang pudar bisa menggunakan pewarna tekstil. Pastikan plastik besar atau handuk bekas sebagai alas kompor.

Larutkan pewarna tekstil pada panci tunggu hingga mendidih. Anda bisa gunakan lem semen karet untuk menghindari pewarnaan pada sepatu.

Masukkan garam dapur dan pewarna pada air yang sudah mendidih. Gunakan sarung tangan karet ketika hendak melakukan pewarnaan.

Masukkan sepatu dan diamkan beberapa saat. Angkat dan bilas sepatu dengan air dingin. Buka lapisan lem semen karet dan angin-anginkan hingga mengering.

3. Semir Sepatu Warna

Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan semir sepatu warna. Pastikan semir yang anda pilih berkualitas dan cocok dengan warna sepatu.

Anda cukup oleskan perlahan pada seluruh permukaan sepatu. Namun, pastikan jika alas kaki tersebut dalam keadaan kering dan bersih.

Angin-anginkan dan diamkan kurang lebih satu hari. Silahkan pilih cara mewarnai sepatu yang pudar sesuai dengan bahan pembuatannya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah