Cara Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil dan Mengatasi Keluhannya

cara tidur yang baik untuk ibu hamil

Cara tidur yang baik untuk ibu hamil penting guna meminimalisir rasa lelah yang tidak tertahankan pada ibu yang sedang mengandung. Terlebih jika kandungan semakin membesar dan memasuki trimester kedua atau ketiga.

Ibu yang sedang mengandung memang sering mengalami gangguan. Seperti kaki yang pegal, kram perut, lelah dan lemas, dan masih banyak lagi. Gangguan ini sudah muncul sejak hamil muda.

Tantangan ini terasa semakin berat setelah janin terus berkembang. Rasa tidak nyaman ketika tidur akan ibu hamil alami dan rasakan seiring berjalannya waktu dengan semakin membesarnya kondisi perut.

Selain dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan melakukan aktivitas fisik, ibu hamil juga perlu memperhatikan posisi tidurnya. Tidur dengan posisi yang benar bukan saja akan bermanfaat untuk tubuh namun juga menjga kehamilannya.

Dengan begitu ibu akan menemukan posisi yang nyaman untuk beristirahat tanpa mengganggu atau mendapatkan tekanan pada bagian perut. Namun bagaimana sih tidur yang memang baik untuk ibu yang sedang mengandung?

Pilihan Cara Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Adanya janin dala kandungan membuat ibu kesulitan untuk tidur dala berbagai posisi. Nah, berikut ini beberapa cara tidur yang baik untuk ibu hamil yang sebaiknya anda perhatikan untuk mengatasi berbagai keluhan yang ada.

Baca Juga : Gejala Hamil Anak Laki-Laki, Percaya atau Tidak Ini Tandanya!

Posisi Tidur dengan Penempatan Bantal

Penempatan bantal bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan bagi ibu hamil yang mengalami masalah lambung, sebaiknya anda meletakkan banyak bantal menopang bagian tubuh atas.

Ini berguna agar bagian tubuh atas dalam posisi yang lebih tinggi jika kita bandingkan dengan tubuh bagian bawah. Atur juga posisi tidur agar tulang belakang tidak terlalu melengkung.

Posisi tidur lain yang bisa anda coba adalah dengan berbaring miring dengan tangan serta kaki atas ditekuk. Kemudian tangan lain di bawah.

Setelah itu sanggah kaki bagian atas Anda dengan menggunakan satu bantal atau lebih untuk membuat posisi tidur lebih nyaman.

Posisi Tidur Miring ke Kiri

Sebagian besar dokter kandungan mengungkapkan bahwa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah miring ke arah kiri.

Baca Juga : Punggung Sakit saat Hamil, Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Dengan posisi tidur ini dapat memberikan keuntungan pada ibu hamil. yaitu bisa mengurangi tekanan pembuluh darah vena. Dengan begitu, aliran darah dan aliran nutrisi menuju plasenta akan maksimal.

Untuk posisi ini juga dapat membantu mencegah janin terkena tekanan dari organ hati ibu hamil yang terletak di sebelah kanan.

Pola tidur dengan posisi miring ke arah kiri juga akan membantu ginjal bekerja lebih baik dalam membuang kotoran serta cairan dalam tubuh. Sakit yang terasa pada telapak tangan, pergelangan kaki, dan telapak kaki akan berkurang.

Untuk mendapatkan posisi tidur miring ke kiri yang ideal, ibu hamil bisa menyelipkan bantal di antara kedua lutut yang ditekuk. Kemudian atur juga bantal agar anda letakkan di bawah pinggang dan bagian belakang punggung agar tidur bisa lebih nyaman.

Agar lebih baik jika ibu bisa membeli bantal khusus ibu hamil yang sekarang sudah banyak yang menjualnya baik di toko offline atau online.

Posisi Tidur di Kursi Malas

Untuk ibu hamil yang memiliki masalah asam lambung, posisi tidur setengah duduk di kursi malas sangat berguna. Posisi ini merupakan cara yang baik untuk ibu hamil. Posisi ini juga aman untuk pernapasan ibu dan janin karena tidak ada organ tubuh yang tertekan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Stretch Mark Termudah Menggunakan Bahan Alami

Selain pentingnya posisi tidur yang nyaman, ibu hamil juga perlu melakukan beberapa kegiatan berikut ini agar bisa tidur nyenyak :

  • Stretching setiap pagi sekitar 5 – 10 menit
  • Olahraga yoga atau meditasi. Namun pastikan melakukannya dengan coach atau pelatih agar tidak mengalami cedera.
  • Mandi air hangat sebelum tidur untuk membuat tidur jauh lebih nyaman
  • Lakukan latihan pernapasan untuk membantu melegakan paru-paru dan sekaligus latihan untuk waktu persalinan nantinya.
  • Terapi pijat setidaknya satu kali atau dua kali dalam sebulan untuk merileksasikan otot – otot tubuh dan membantu meredakan nyeri di seluruh tubuh.

Itulah beberapa cara tidur yang baik untuk ibu hamil beserta beberapa pilihan yang bisa anda lakukan. Dengan memperhatikan dan memperbaiki posisi tidurnya akan membuat ibu hamil jauh dari berbagai keluhan atau gangguan tubuh. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah