Cara Tracking Eutelsat 172b, Satelit yang Siarkan EURO 2020

Cara Tracking Eutelsat 172b
Ilustrasi cara tracking Eutelsat 172b. Foto : Net/Ist

Saat ini tidak sedikit yang mencari cara tracking Eutelsat 172b bagi pengguna parabola C-Band. Pasalnya, satelit tersebut menjadi salah satu yang bisa menonton piala Eropa 2020 secara gratisan.

Satelit Eutelsat 172b sendiri berada pada orbit geostasioner di 172 derajat timur. Sementara untuk jangkauan atau beam hampir mencakup wilayah Asia dan juga Pasifik.

Baca Juga : Satelit yang Menayangkan Piala Eropa 2020 di Parabola

Sehingga, hampir seluruh wilayah Indonesia bisa menjangkau satelit Eutelsat 172b ini, yang memuat lebih dari 20 transponder C-band.

Cara Tracking Eutelsat 172b Sendiri

Sebagai salah satu satelit yang menayangkan siaran pertandingan sepakbola EURO 2020 secara live, tentu saat ini Eutelsat 172b menjadi banyak buruan para pengguna parabola.

Sebelumnya, satelit yang mengorbit pada 172 derajat timur ini juga ramai menjadi buruan. Pasalnya, ada beberapa channel pada satelit tersebut yang menayangkan pertandingan sepakbola Liga Inggris.

Sebenarnya, masih ada beberapa satelit yang menayangkan pertandingan Piala Eropa. Namun dari sekian banyak channel, yang gratisan salah satunya adalah ada pada Eutelsat 172b.

Sementara untuk channel televisi lainnya, mayoritas menggunakan acakan atau sensor yang sulit untuk dibuka.

Baca Juga : TP Satelit Indonesia 2021 Untuk C-band, Ini Daftarnya

Sedangkan siaran pada satelit Eutelsat 172b meski hanya feed, namun masih menggunakan acakan bisskey, sehingga tidak sulit untuk membuka sensor tersebut.

Sebelum mengulas bagaimana cara tracking Eutelsat 172b, ada baiknya Anda terlebih dulu menyiapkan beberapa alat tempur. Seperti dish atau parabola yang mumpuni, LNB C-Band, televisi untuk memantau kekuatan sinyal, dan tentunya receiver MPG4 yang sudah support bisskey.

Langkah-langkah Cara Tracking Satelit Eutelsat 172b

Sebenarnya, mencari Eutelsat 172b tidaklah sulit. Karena beam atau cakupannya bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Meski beam mencakup seluruh wilayah Tanah Air, namun tidak sedikit yang kesulitan mencari satelit tersebut. Pasalnya, arahnya sangat menghadap ke timur bahkan hampir 180 derajat.

Belum lagi, cara tracking satelit termasuk Eutelsat 172b yang harus Anda perhatikan adalah kondisi dish parabola dan juga lingkungan sekitarnya.

Jangan sampai kondisi parabola sudah tidak mumpuni atau jaringnya yang tidak simetris. Selain itu, saat melakukan tracking usahakan tidak ada yang menghalangi, seperti bangunan rumah dan juga pohon.

Dan yang terpenting saat mencari Eutelsat 172b adalah kesabaran. Sebab, karena sangat menghadap ke timur, jadi tidak mudah mengunci satelit tersebut.

Langkah pertama cara tracking Eutelsat 172b adalah memasukkan transponder 3916 H 3330 pada receiver parabola Anda. TP tersebut merupakan milik Hope Channel International, dan yang terkuat dari TP lainnya.

Baca Juga : Satelit Apstar 6 Siarkan Sepakbola Liga Top Eropa, Ini Langkah Mendapatkannya

Setelah memasukkan transponder, maka selanjutnya turunkan dish parabola dari arah Telkom 4 ke arah timur. Namun, saat menurunkan parabola tersebut harus dengan perlahan-lahan sambil memantau televisi, sehingga bisa terlihat kekuatan sinyalnya.

Nah, apabila sudah ada penampakan sinyal yang maksimal dari TP tersebut, maka segera mengunci penyangga LNB-nya. Hal tersebut agar arah dish parabola tidak berubah kembali.

Langkah selanjutnya yaitu melakukan blind scan atau scan otomatis pada receiver. Apabila ada channel yang muncul, maka Anda sudah berhasil mencari satelit Eutelsat 172b.

Masukkan TP Feed

Jika sudah mendapatkan sinyal yang maksimal, maka cara tracking Eutelsat 172b sudah sukses. Namun, untuk mendapatkan siaran Piala Eropa 2020, Anda harus memasukkan TP tersendiri.

Pasalnya, siaran langsung EURO 2020 bukan dari channel yang sudah tersedia pada Eutelsat 172b. Namun melainkan berasal dari feed.

Feed sendiri adalah channel televisi satelit yang digunakan untuk mendistribusikan konten buat operator TV. Namun feed tersebut bukan untuk konsumen rumahan.

Jadi, feed berbeda dengan channel permanen yang ada pada salah satu satelit. Sebab, feed tersebut sewaktu-waktu bisa berubah-ubah, karena bersifat sementara. Selain itu juga TP feed tersebut akan aktif beberapa waktu sebelum acara atau tayangan dimulai.

Nah, untuk cara tracking Eutelsat 172b agar bisa menikmati tayangan Piala Eropa 2020, maka Anda harus memasukkan feed dengan TP 3978 V 2755 pada receiver. Setelah itu, scan kembali receiver parabola saat pertandingan belum lama berjalan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto