Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Upgrade RAM Laptop Sendiri, Mudah dan Anti Gagal

Cara Upgrade RAM Laptop Sendiri, Mudah dan Anti Gagal

Bagi sebagian orang cara upgrade RAM laptop memang tidak mudah. Pasalnya butuh keterampilan khusus terlebih saat membuka atau membongkar laptop.

Berbeda dengan komputer PC, yang saat mengganti RAM cukup dengan membuka satu bagian casing atau penutup komputer saja. Sedangkan untuk laptop lumayan ribet, karena harus membuka banyak baut yang menempel pada bodinya.

Baca Juga : Tips Merawat Laptop Dengan Mudah Supaya Lebih Awet

Selain butuh keahlian dalam membuka penutup laptop, dalam memilih RAM juga tidak boleh asal-asalan. Sebab, jika tidak cocok dengan perangkat keras lainnya, maka sewaktu-waktu akan menimbulkan crash.

Langkah-langkah Cara Upgrade RAM Laptop

Sebagai bahan informasi, RAM sendiri merupakan kepanjangan dari Random Access Memory. Artinya, adalah penyimpanan sementara berbagai program yang ada pada komputer laptop maupun PC atau desktop.

Jadi, jika RAM makin besar, maka laju atau performa dari laptop akan semakin ngacir dan tanpa mengalami masalah lag, meskipun menjalankan program berat.

Oleh karena itu, sekarang ini untuk laptop produk terbaru selain menggunakan prosesor kelas tinggi, juga dibekali dengan RAM yang besar. Selain itu juga terdapat pilihan upgrade RAM laptop guna memberikan dan menambah performa terbaik.

Penasaran langkah apa saja yang harus Anda lakukan saat mengganti atau menambah RAM pada laptop, berikut caranya.

Membeli RAM Baru

Apabila ingin kinerja laptop ngacir yang sudah didukung oleh prosesor yang handal, maka Anda tinggal mengupgrade RAM. Selain ramah untuk kantong Anda, menambah RAM juga bisa mengirit pengeluaran ketimbang membeli laptop baru dengan kapasitas memori yang besar.

Cara upgrade RAM pada laptop yang pertama adalah dengan membelinya yang baru. Namun saat membeli memori tersebut, harus sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Seperti mulai dari frekuensi, jenis, tipe dan juga kapasitas maksimal yang sesuai dengan kemampuan prosesor laptop.

Jangan sampai setelah membeli RAM ternyata saat menjalankan laptop tiba-tiba mengalami crash seperti blue screen. Biasanya jika kejadian seperti itu maka yang menjadi masalah adalah RAM tidak cocok atau kompatibel dengan jeroan laptop.

Sebagai contoh, ketika melakukan cara upgrade RAM laptop dengan yang baru berkapasitas 16 GB. Akan tetapi, kemampuan dari laptop tersebut hanya maksimal 8 GB. Maka yang akan terbaca nantinya bukan 16 GB, tapi 8 GB.

Baca Juga : Kipas Laptop Berisik, Ini Penyebab dan Tips untuk Mengatasinya

Sedangkan jika saat Anda membeli RAM yang baru namun mereknya berbeda, maka tidak akan menemui kendala nantinya. Asalkan, RAM tersebut memiliki tipe yang sama dengan memori sebelumnya.

Membongkar RAM Board

Langkah cara upgrade RAM laptop selanjutnya adalah dengan membongkar RAM board. Setelah membeli memori yang baru, maka Anda tinggal memasangnya.

Akan tetapi, langkah yang satu ini terbilang sangat menantang dan membutuhkan kesabaran. Pasalnya, Anda harus membongkar laptop tersebut dengan hati-hati, dan itu yang namanya butuh keterampilan.

Setelah membongkar dan membuka penutup laptop, selanjutnya Anda harus menemukan slot RAM pada motherboard. 

Untuk mempercepat mengetahui slot atau bentuk RAM laptop, sebaiknya cari atau searching terlebih di internet bentuknya.

Pasang RAM Baru

Jika sudah menemukan, maka cara upgrade RAM laptop tinggal mencabut yang lama dan menggantinya dengan yang baru.

Cara membukanya juga ada aturannya, sebab ada pengait yang menjadi kunci agar RAM tidak mudah lepas. Jadi sebelum mencabut memori laptop, Anda harus membuka pengait yang berada pada kedua ujung dari slot tersebut.

Baca Juga : Laptop Mendadak Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sementara untuk memasangnya, lakukan dengan posisi miring, kemudian beri tekanan sedikit pada board RAM.

Sebagai catatan, pastikan Anda sudah mengepaskan logam pin memori baru tersebut ke dalam slot RAM, agar dapat terdeteksi. Jadi, jangan sampai ada bagian RAM yang tidak mengganjal.

Kaitkan dan Kunci

Langkah cara upgrade RAM laptop selanjutnya adalah mengunci bagian memori itu sendiri sampai berbunyi “klik”. Jika belum berbunyi seperti itu, maka tandanya RAM belum terpasang dan terkunci dengan baik dan benar.

Langkah selanjutnya apabila sudah terpasang dengan benar adalah dengan mencoba menyalakan laptop. Tujuannya untuk mengetahui apakah RAM sudah terbaca atau belum.

Jika sudah terbaca sesuai dengan kapasitas, maka langkah berikutnya menutup kembali casing laptop tersebut.

Masalah Setelah Memasang RAM

Tidak semua orang yang memasang memori baru langsung lancar jaya. Adakalanya, Anda akan mengalami beberapa masalah. Seperti masalah umum blue screen of death. Kemudian kendala laptop tidak menyala dan terus berbunyi beep.

Padahal cara yang Anda lakukan saat upgrade RAM laptop sudah sesuai dengan petunjuk. Namun tetap saja menemui salah satu masalah tersebut.

Ada beberapa kemungkinan seperti masalah blue screen, bisa jadi penyebabnya adalah sistem operasi windows yang tidak cocok untuk melakukan penambahan RAM.

Bisa jadi juga laptop tidak menyala dan berbunyi beep karena pemasangan RAM baru yang tidak benar. Jika perlu, bersihkan karet PIN. Pasalnya, debu dapat membuat RAM menjadi tidak terbaca.

Jadi, jika Anda benar-benar menerapkan cara upgrade RAM laptop sesuai dengan petunjuk, maka tidak akan menemui masalah seperti yang di atas. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto