Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCek MHL di HP Mudah, Simak Fungsi dan Cara Menggunakannya

Cek MHL di HP Mudah, Simak Fungsi dan Cara Menggunakannya

Cek MHL di HP sebenarnya dapat dilakukan dengan cara sederhana, cepat, dan mudah. Bagi para pemilik smartphone Android yang akan menghubungkan layar HP ke layar monitor, tentu mengetahui fitur MHL.

Fitur ini seringkali tersemat pada perangkat ponsel tertentu. Tetapi karena tidak semua ponsel memperoleh dukungan fitur satu ini, maka terlebih dahulu para pengguna harus mencari tahu mengenai informasi seputar adanya support MHL pada ponsel Android tersebut.

Cara Cek MHL di HP

Menonton video dengan menggunakan layar TV dapat menjadi cara terbaik. Akan tetapi, bagaimana jika film yang akan kita saksikan pada dalam perangkat smartphone? Tidak perlu khawatir.

Baca Juga : Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama, Simak Tips Praktisnya

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan teknologi canggih yang bernama MHL. Mobile High-Definition Link atau MHL adalah interface atau antarmuka bawaan untuk peralatan mobile audio video.

Dengan teknologi ini memungkinkan perangkat mobile, salah satunya smartphone untuk dapat terkoneksi dengan TV ataupun perangkat lain. MHL dapat melakukan transfer data secara lebih cepat serta menghasilkan kualitas terbaik.

Fungsi Fitur MHL

Sebelum mengetahui bagaimana cara cek MHL di HP, penting juga bagi kita untuk mengetahui fungsi dari fitur MHL tersebut. Ponsel yang memperoleh kelengkapan fitur MHL akan memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat lakukan screen mirroring.

Dengan screen mirroring memungkinkan para pengguna untuk dapat menampilkan apa yang terlihat pada layar ponsel atau perangkat lain ke layar TV. Maka Anda dapat menggunakan layar TV untuk memutar fitur media, bermain game, dan berbagai jenis konten lainnya.

Melalui teknologi MHL, Anda pun dapat melihat tampilan yang lebih jernih dan besar saat mengakses berbagai fitur dan multimedia pada ponsel Anda

Mulai dari menonton video berkualitas HD, menyaksikan film berkualitas 4K, melihat foto dengan kualitas high resolution, bermain game dengan grafis tinggi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Gyroscope Tidak Berfungsi pada HP, Berikut Tips Praktis Mengatasinya

Bahkan dari segi tampilan video, fitur MHL mampu memberikan kualitas audio yang lebih detail, jernih, hingga sekelas Surround Sound 7.1.

Maka tidak hanya gambar yang berkualitas tinggi, akan tetapi telinga Anda juga akan dimanjakan dengan adanya output suara yang jernih dan menggelegar.

Langkah Mudah Cek Fitur MHL di HP

Berikut ini cara cek support MHL pada HP, antara lain:

Tanpa Aplikasi

  1. Langkah pertama buka browser pada smartphone yang Anda gunakan.
  2. Buka link berikut melalui kolom pencarian browser https://www.mhltech.org/devices.aspx.
  3. Selanjutnya periksa pada bagian tipe perangkat serta pilih “mobile”
  4. Langkah berikutnya pilih merek serta tipe smartphone yang akan Anda periksa apakah support dengan fitur MHL atau tidak.
  5. Apabila perangkat tersebut support fitur MHL, maka merek serta tipe smartphone Anda bisa tercantum pada list yang tertera pada situs website tersebut.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lain cek fitur MHL pada smartphone Android adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

  1. Pertama buka Google Play Store yang terdapat pada smartphone Android, kemudian ketik MHL Checker dalam kolom pencarian.
  2. Setelah sukses terunduh dan terpasang, lalu buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian klik pada tombol “check” untuk melihat apakah aplikasi dapat memeriksa dukungan. Tunggu hingga beberapa saat yang akhirnya hasil pengecekan akan muncul pada layar smartphone Anda.
  4. Jika saat cek, perangkat HP Anda tidak memperoleh dukungan fitur MHL, maka akan tertera ikon silang (X) dengan warna merah bertuliskan “this device can’t support MHL connection”. Artinya smartphone Anda tidak memperoleh bekalan fitur MHL.
  5. Namun sebaliknya, jika HP Anda support dengan MHL, maka saat cek akan terdapat keterangan yang menjelaskan jika fitur MHL tersedia serta support dengan smartphone Android yang Anda gunakan.

Cara Menggunakan Fitur MHL pada HP

Bagi smartphone yang telah support fitur MHL, maka Anda pun dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Persiapkan peralatan untuk menyambungkan smartphone ke TV. Dalam hal ini, Anda memerlukan adanya MHL adapter yang berfungsi sebagai konektor untuk hubungkan smartphone ke TV.

Namun penting untuk Anda perhatikan, selain cek MHL di HP, TV yang akan Anda koneksikan dengan smartphone tersebut juga harus support dengan teknologi MHL pula. Dengan demikian, Anda juga perlu memastikan apakah TV yang Anda gunakan dapat mendukung fitur ini atau tidak. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto