Ciri Kampas Rem Depan Motor Habis dan Harus Segera Diganti

Ciri Kampas Rem Depan Motor Habis
Ilustrasi Ciri Kampas Rem Depan Motor Habis. Foto: Ist/Net

Ciri kampas rem depan motor habis bisa kalian rasakan ketika proses pengereman menjadi tidak maksimal. Selain itu, saat mengendarai motor tidak hanya sekedar soal bisa melaju saja. Hal terpenting dalam berkendara lainnya adalah tentang cara mengendalikan dan berhenti. Dalam hal ini, rem memiliki peran penting.

Kampas rem merupakan salah satu komponen yang wajib mendapat perawatan berkala. Hal ini karena kampas rem bisa menipis dan kehilangan daya pengereman. Menipisnya kampas rem ini bisa terjadi seiring penggunaan kendaraan.

Salah satu penyebabnya yaitu karena kondisi jalan. Sebab dalam kondisi jalan yang padat, sangat memungkinkan pengendara untuk sering menarik tuas rem. Terlebih ketika jalanan menanjak atau menurun, maka akan membuat rem semakin cepat habis.

Ciri Kampas Rem Depan Motor Habis dan Perlu Kalian Ganti

Salah satu hal yang harus kalian perhatikan pada kendaraan bermotor adalah kampas rem. Pasalnya, kampas rem berperan penting dalam menjaga keselamatan pengendara. Bahkan karena kelalaian saat memperhatikan komponen kendaraan satu ini, banyak insiden kecelakaan yang terjadi.

Seperti yang telah kita ketahui, rem merupakan bagian yang berfungsi dalam menghentikan laju kendaraan. Alat ini sangat penting mengingat fungsinya yang bisa menjadi penunjang keselamatan pengendara maupun penumpang. Untuk itu, kalian harus sangat jeli dalam memperhatikan kondisi komponen satu ini.

Setidaknya periksa kondisi minyak rem, apakah masih memadai atau justru telah habis. Selain itu, periksa juga bagian kampas remnya, apakah masih tebal atau menipis. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui ciri dari kampas rem depan pada motor yang mulai habis dan perlu untuk kalian ganti.

Suara Berdecit

Ciri pertama untuk mengetahui kampas rem depan motor sudah habis adalah melalui indera pendengaran. Kampas rem yang habis biasanya akan mengeluarkan suara berdecit saat kalian gunakan untuk mengerem. Suara ini biasanya muncul ketika rem dalam keadaan basah atau sudah kotor.

Meskipun dalam kasus ini suara bisa hilang setelah kering atau kalian membersihkannya. Namun tetap saja rem kampas depan motor ini harus segera kalian ganti dengan yang baru agar bisa berfungsi dengan baik.

Tuas Rem Lebih Dalam

Ciri yang bisa kalian rasakan ketika kampas rem depan pada motor sudah tipis yaitu pada tarikan tuas. Jika kalian menarik tuas namun laju motor tidak bisa segera berhenti, hal ini merupakan tanda kampasnya mulai tipis atau habis. Karena ketika kampas mulai tipis, maka space antara permukaan rem serta permukaan roda kian jauh atau lebar.

Sehingga pada saat kalian menarik tuas rem depan akan terasa semakin jauh dan dalam. Ketika ini terjadi, tandanya kampas rem depan pada motor harus segera kalian ganti dengan yang baru. Karena jika tidak segera melakukan penggantian, kemungkinan bisa menimbulkan kerusakan pada bagian yang lainnya.

Garis Indikator Kampas Rem Tidak Terlihat

Cara paling mudah untuk mengetahui ciri kampas rem depan pada motor sudah habis adalah dengan mengecek indikator ketebalan kampas. Semua kampas rem motor mempunyai garis indikator di permukaannya yang bisa membantu pengendara untuk memperkirakan sisa waktu penggunaan kampas.

Apabila garis indikator pada kampas rem motor sudah tidak terlihat atau kurang dari 2 mm, maka itu adalah tanda jika kampas rem depan motor sudah habis dan kalian perlu menggantinya.

Respon Rem Lambat

Sebenarnya ciri dari kampas rem depan motor sudah habis bisa kalian rasakan dengan mudah. Kalian hanya perlu meningkatkan rasa peka terhadap kendaraan. Jika kalian menyadari bahwa respon rem lebih lambat dari biasanya, sebaiknya segera lakukan pengecekan. Bisa jadi hal itu adalah indikasi kampas rem depan motor yang mulai aus atau menipis.

Semakin cepat kalian melakukan pengecekan, maka akan semakin baik. Karena kampas rem yang aus bisa memicu terjadinya kecelakaan di jalan. Jika ada sesuatu yang mulai terasa berbeda pada motor, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel terdekat.

Warna Permukaan

Pada kampas rem depan motor, ciri mudah untuk mengetahui kampas sudah habis atau belum dengan melihat warna permukaan. Apabila warna permukaan tidak mengkilap meskipun kalian sudah menggosoknya berulang kali, hal itu menandakan kampas rem sudah keras dan saatnya kalian ganti dengan yang baru.