Contoh Rukun Iman yang Bisa Diamalkan dalam Kehidupan

Contoh Rukun Iman
Ilustrasi Contoh Rukun Iman. Foto: Ist/Net

Contoh Rukun Iman dalam kehidupan sehari-hari sudah seharusnya menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk mengamalkannya. Rukun iman sendiri merupakan suatu hal yang harus bisa kita ketahui sejak dini.

Mengapa demikian? Karena dengan kita bisa menghafalkan rukun iman tersebut kita akan mendapatkan salah satu manfaatnya. Apa manfaat tersebut? Lebih dekat kepada Allah SWT. Siapa yang tidak mau dekat dengan Allah?

Dalam kehidupan umat Muslim juga sudah dianjurkan untuk memahami juga mengamalkan rukun iman dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut juga akan membuat seseorang itu Istiqomah dalam melakukan suatu ibadah atau amal kebaikan yang lainnya. Semakin kita mengimani, maka hidup juga akan lebih tenang dan berkah. Allah meridhoi segala sesuatu yang telah kita niatkan dengan Lillah.

baca juga: Adab Bergaul dengan Saudara dan Teman Menurut Pandangan Islam

Contoh Rukun Iman dalam Kehidupan Umat Manusia

Bukan hal yang tidak wajar jika beberapa orang belum bisa atau belum mampu untuk mengamalkan rukun iman dalam kehidupan. Pasalnya segala sesuatu itu membutuhkan bimbingan ataupun paksaan yang lama-lama akan menjadi suatu kebiasaan.

Sebagai umat muslim sudah saatnya kita mencoba mengamalkan ataupun mengetahui apa saja sih contoh dari Rukun Iman itu? Langsung saja mari kita simak penjelasannya.

baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Arti

Iman Kepada Allah Ta’alla

Iman kepada Allah SWT merupakan rukun iman yang pertama. Tanpa Allah kita bukanlah siapa-siapa dan apa-apa. Tanpa Allah juga kita tidak akan ada di dunia ini. Iman itu memiliki arti yakin atau percaya. Kita harus percaya bahwa Allah itu ada meskipun kita tidak pernah bertemu secara kasat mata.

Mempercayai bahwa hanya Dia yang menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia. Selain itu juga mempercayai bahwa semua nama juga sifat baik Allah, menaati semua yang sudah menjadi perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Lalu bagaimana contoh rukun iman yang pertama tersebut? Dengan kita melaksanakan sholat lima waktu tepat pada waktunya, berbakti kepada Ayah dan Bunda dan melakukan segala amal kebaikan yang lainnya sesuai dengan perintah dari Allah SWT.

baca juga: Adab Buang Hajat yang Baik dan Benar Sesuai Tuntunan Agama Islam

Iman Kepada Malaikat Allah

Saat ini kita setelah mengetahui bahwa Malaikat yang wajib kita imani terdapat 10. Akan tetapi yang tahu hanyalah Allah, Dia yang mampu menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Dalam rukun iman sendiri iman kepada Malaikat memiliki urutan yang kedua.

Ketika ditanya apakah sudah bertemu dengan para Malaikat Allah? Waallahu A’alam, belum. Untuk apa kita mengimaninya? Itu merupakan perintah dari Allah sebagaimana kita juga percaya dengan Allah juga mengamalkannya.

Meskipun kita belum pernah menjumpainya, tetapi mereka benar-benar ada. Sepuluh Malaikat tersebut semua sudah mempunyai tugas khusus dari Allah. Ada yang bertugas untuk mencatat amal baik, buruk menjaga surga neraka, alam kubur dan sebagainya.

Seperti apa contoh Rukun iman kepada Malaikat itu? malaikat adalah makhluk Allah yang tidak pernah membangkang, Maa Syaa Allah. Mereka selalu menaati apa yang sudah Allah Ta’alla perintahkan. 

Nah, hal tersebut merupakan teladan yang baik. Kita harus taat dengan semua yang sudah menjadi ketentuan bagi Allah, selalu ingat bahwa ada malaikat yang selalu mencatat amalan kebaikan dan keburukan yang kita lakukan.

Mengimani Kitab-kitab Allah Ta’alla

Mengimani kitab-kitab Allah merupakan rukun iman yang ketiga. Artinya kita harus percaya bahwa semua kita adalah ucapan-Nya. Allah sendiri telah menurunkan empat kitab dalam agama Islam. Ada zabur, Injil, Taurat juga Al-Quran.

Meskipun saat ini kita menggunakan Al-Quran akan tetapi terdapat kitab yang lainnya. Al-Quran sendiri merupakan penyempurna dari kitab yang sebelumnya.

Sebagai contoh rukun iman yang ke tiga ini adalah harus membaca Al-Quran, menghafal dan mengamalkannya dalam kehidupan supaya tidak tersesat. Bukankah Firman Allah itu sangat nyata? Usahakan dan paksakan diri untuk bisa melakukan amalan yang terkandung dalam Al-Quran tersebut.

Iman Kepada Nabi dan Rasul Allah

Rukun iman yang ke empat merupakan iman kepada Nabi dan Rasul. Kita tahu bahwa Nabi dan Rasul yang wajib untuk kita imani terdapat 25.

Merekalah para manusia terpilih yang menjadi perantara untuk membawa kebaikan untuk semua Makhluk Allah Ta’alla. Gairah yang mereka miliki juga tidak pernah memudar. Tetap berjuang demi Islam meski banyak rintangan yang menghadang.

Maka contoh rukun iman kepada Nabi dan Rasul adalah dengan kita rajin membaca sholawat Nabi, menjalankan sunnah-sunnah nya juga meniru sifat baik para 25 Nabi tersebut.

Iman Kepada Hari Akhir

Percaya ataupun tidak, akan tetapi faktanya hari kiamat itu akan tiba. Hal ini juga sudah terdapat dalam Al-Quran surah Al-Zalzalah. Suatu hari nanti Allah bakalan mengutus Malaikat Israfil yang memiliki tugas meniup Sangkakala. Tiupan Sangkakala tersebut pertanda berakhirlah kehidupan di dunia ini.

Bagaimana contoh rukun iman kepada hari akhir? Dengan kita selalu menyiapkan diri, membaluti kehidupan dengan banyak melakukan amal kebaikan.

Iman Kepada Qadha juga Qadar

Percaya jika apapun yang terjadi kepada setiap insan itu adalah kehendak Allah. Allah juga yang lebih mengetahui mana yang terbaik untuk para Hambanya. Sebagai contoh rukun iman yang terakhir ini kita harus senantiasa berprasangka baik kepada Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)