Czinger C21 Hypercar, Mobil Istimewa Seharga Rp 28 Miliar

Czinger C21 Hypercar Mobil Istimewa Seharga Rp 28 Miliar
Czinger C21 Hypercar. Foto: Ist/Net

Czinger C21 Hypercar sebuah nama yang belum begitu sering terdengar. Tidak seperti halnya Ferrari, Lamborghini, Koenigsegg, dan Bugatti. Namun mobil tersebut harusnya rilis pada ajang Geneva Motor Show 2020.

Mobil yang sangat istimewa apabila dibandingkan mobil-mobil super lainnya. Hal itu karena proses pembuatan mobilnya yang terbilang cukup unik.

Konsep Czinger C21 Hypercar

Czinger Vehicles Inc. yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS) telah mengungkapkan bahwa hypercar pertamanya pada awal 2020. Pada saat itu Czinger kenalkan konsep C21 yang menakjubkan. Bawa tempat duduk tandem dan tenaganya yang luar biasa.

Baca Juga : Wuling Confero S 2021, Mobil Murah dengan Fitur Menarik

Kemudian, pihak perusahaan masih bekerja untuk menyempurnakan modelnya tersebut. Kini pihaknya telah mengumumkan C21 versi produksinya. Kendaraan ini yang sudah mengalami banyak peningkatan apabila dibandingkan konsep yang ditampilkan Czinger tahun lalu.

Desain

Pembuatan Czinger C21 Hypercar melalui proses cetak 3 dimensi atau 3D Print. Keseluruhan komponen dan body mobilnya murni dengan proses cetak 3 dimensi. Namun tidak hanya itu yang membuat mobil buatan startup Amerika Serikat tampak istimewa.

Mobil ini hanya menghadirkan dua jok mobil dengan desain depan belakang. Seperti halnya dengan naik motor. Kokpit mobil Czinger C21 yang tampak minimalis. Sehingga memberikan kesan mobil yang lebih fokus pada performanya.

Mesin

Tenaga Czinger C21 Hypercar yang berasal dari sistem hybrid. Tentunya yang memadukan dua motor listriknya. Dengan mesin flat-plane crank V8 2,88 liter twin-turbocharged produksinya sendiri. Dua motor tersebut masing-masing menggerakkan satu roda depannya.

Baca Juga : Hyundai Genesis G70 Shooting Brake Hadir Untuk Pasar Eropa

Sedangkan output totalnya sebesar 1.250 daya kuda (932 kilowatt). Mobil ini menggunakan mesin V8 turbo ganda yang digabungkan dengan baterainya 800 V.

Sedangkan untuk bobotnya, Czinger C21 Hypercar hanya memiliki berat sekitar 1.240 kilogram. Selain itu, juga penambahan pengaturan all-wheel-drive. Semua angka fantastis yang ada tersebut, menghasilkan performa yang sangat baik.

Czinger C21 akan meluncur dari 0 sampai 62 mil/jam (100 km/jam) dalam waktu 1,9 detik. Hal tersebut lebih cepat dari Rimac Never. Kini juga baru saja memulai debutnya.

Hanya memerlukan waktu 13,8 detik bagi Czinger untuk mencapai kecepatan 186 mil/jam (300 km/jam). Lalu hanya memerlukan waktu 21,3 detik untuk mencapai 248 mil/jam (400 km/jam).

Dengan satu perubahan dari model aslinya adalah top speed. Peningkatan kecepatannya mulai 268 mil/jam (423 km/jam) menjadi 281 mil/jam (452 ​​km/jam).

Baca Juga : KIA EV6 GT-Line S Tawarkan Performa Menjanjikan

Hal itu dapat mencapai dalam konfigurasi vmax opsional pada mobilnya. Czinger C21 Hypercar juga mampu menyelesaikan sprint seperempat mil dalam waktu 8,1 detik. Meskipun tidak mengungkap pada kecepatannya yang seberapa.

Perusahaan asal Los Angeles itu sepertinya akan melakukan upgrade sebesar 100 dk (74 kW) yang tersedia. Untuk bisa mendongkrak tenaga mobil sampai 1.350 dk (1.006 kW). Czinger memadukan powertrain dengan gearbox manual 7 kecepatan otomatisnya ultra-light.

Kabin

Czinger C21 Hypercar terdengar menekankan outputnya yang luar biasa. Mobil tersebut sebenarnya sebagai mobil yang ramah lingkungan.

Czinger memang desainnya untuk bisa berjalan pada berbagai jenis bahan bakarnya. Termasuk juga metanol, daur ulang karbonnya, dan e-fuel lainnya. Sehingga dalam operasinya sebagai kendaraan tanpa emisi.

Beberapa update termasuk kecepatan maksimalnya yang kini lebih tinggi. Hadir dengan kuda-kuda yang juga lebih lebar. Selain itu, juga sederet perubahan lain yang akan meningkatkan performanya. Mobil tersebut kini memiliki ukuran lebarnya 2.050 milimeter (80,7 inci).

Mobil Czinger C21 Hypercar mid-engine menggunakan tata letaknya  1+1. Hal tersebut yang berarti kursi pengemudi berada pada posisi tengah. Pada kursi penumpang yang terletak tepat di belakangnya. Seperti halnya dengan jet tempur.

Adanya kolaborasi dengan pembuat bahan Alcantara dan desainer furniture AS Vitra AG. Hal tersebut yang berarti bahwa memiliki kabin yang mewah.

Pembuatan bahan 3D yang digunakan dalam Czinger C21 mudah didaur ulang. Nantinya akan lebih banyak produsen mobil yang dapat mengikutinya.

Harga

Czinger C21 ditawarkan di harga USD 2 juta atau setara dengan Rp 28,2 miliar. Pembuatan mobil tersebut hanya sebanyak 80 unit. Pembelian mobil juga akan menjadi sangat ketat. Hal itu karena harus bisa lulus profiling oleh Czinger.

Czinger C21 Hypercar, mobil yang sangat istimewa dan pembuatannya unik. Mobil Czinger C21 ditawarkan di harga USD 2 juta atau setara dengan Rp 28,2 miliar. Biaya untuk memiliki mobil terbaru ini memang fantastis, namun setara dengan spesifikasi dan kelengkapan fiturnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto