Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruBank Digital yang sudah Resmi di Indonesia

Bank Digital yang sudah Resmi di Indonesia

Bank Digital kini menjadi salah produk unggulan perbankan. Bahkan baru-baru ini Otoritas Jasa Keuangan telah mengungkapkan bahwa terdapat bebearapa bank yang kini mendaftar menjadi Bank Digital.

Deputi Direktur Perbankan Internasional toritas Jasa Keuangan, Tony memaparkan bahwa di Indonesia terdapat sejumlah perbankan yang telah mengkliam perusahaan perbankkan milik mereka sebagai Bank Digital. Hal tersebut ia sampaikan pada sebuah diskusi virtual dengan beberapa pihak yang berkepentingan.

Memang saat ini transaksi keuangan dan transaksi perbankan melalui aplikasi ponsel semakin marak. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak perbankan yang mengambangkan produknya dengan membuat mobile banking.

Transaksi dengan menggunakan aplikasi ini tentunya memiliki sejumlah dampak yang besar bagi pola hidup masyarakat. Masyarakat yang melakukan transaksi keuangan melalui bank kini semakin sedikit yang datang langsung ke Bank Cabang.

Dengan adanya hal tersebut maka banyak perbankan melakukan pengurangan kantor dan kini mulai beralih pada Bank Digital.  Memang dengan adanya perkembangan teknologi ini beberapa hal menjadi lebih mudah.

Masyarakat mulai merasakan nyamannya bertransaksi dengan menggunakan Bank Digital dengan segala kelebihannya. Seperti lebih hemat waktu, cepat, dan hemat tenaga.

Fenomena peralihan atau digitalisasi perbankan ini nyatanya bukan hanya terjadi di Indonesia. Perkembangan teknologi yang menyeluruh di seluruh dunia, tentunya juga membawa dampak ini terhadap seluruh negara di Dunia.

Jika melihat dari pembagian Bank yang mendapatkan pengawasan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bank terbagi menjadi dua yakni Bank Umum serta Bank Pengkreditan Rakyat atau BPR. Adapun kehadiran Bank Digital tersebut menjadi salah satu program atau model bisnis perbankan.

Sehingga pihak OJK menyatakan bahwa memang tidak terdapat lisensi tersendiri. Karena memang Bank Digital ini masih tercatat sebagai program pelayanan perbankan untuk masyarakat yang mana izinnya tetap saja dalam perizinan Bank Umum ataupun BPR.

Apa itu Bank Digital?

Bank Digital merupakan sebuah layanan perbankan yang dilakukan dengan media teknologi terkini. Seluruh kebutuhan layanan nasabah tersedia dalam Bank Digital.

Mulai dari Pembukaan Rekening Bank terbaru, Transaksi Transfer antar Bank, Pembelian, sampai dengan Investasi akan tersedia dalam versi Digital. Sehingga nasabah atau pengguna Bank Digital ini hanya perlu memiliki Smartphone dan juga koneksi saja.

Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia saat ini memang sudah meluas hingga sampai pada layanna perbankan. Dengan segala kemudahan dari teknologi dalam memberikan akses layanan perbankan membuat beberapa Nasabah cenderung memilih transaksi dengan menggunakan Bank Digital.

Metode dan cara kerja dari Bank Digital ini memang terancang dengan senyaman mungkin. Sehingga memungkinkan pengguna atau nasabah dapat melakukan seluruh kegiatan perbankan sesuai dengan jadwal kegiatan nasabah atau pengguna itu sendiri.

Dengan adanya transformasi ini memang hampir keseluruhan kebutuhan layanan nasabah yang umumnya harus datang ke kantor cabang terdekat. Kini nasabah dapat menyelesaikan permasalahan mereka hanya dengan ponsel.

Bank Digital ini pada dasarnya sedikit berbeda dengan Mobile Banking. Jika Mobile Banking hanya memungkinkan untuk bertransaksi keuangan, sementara Bank Digital ini akan menyuguhkan sejumlah informasi dan penawaran bagi pengguna Bank Digital.

Bunga serta biaya bulanan juga lebih rendah dari pada Bank Trandisional. Sementara layanan perbankang digital ini seakan memanjakan para Pengguna atau nasabah dengan layananya yang super cepat.

Itulah mengapa nasabah kini sangat banyak yang beralih pada Bank Digital atau Mobile Banking. Hal ini tentunya menjadi awal yang menggembirakan bagi Indonesia yang tengah menggalakkan program Cashless atau meminimalisir penggunana uang kertas.

Beberapa nasabah yang belum beralih menggunakan teknologi dalam bertransaksi umumnya karena rasa takut bahwa keamanan datanya tidak akan terjamin. Namun seiring dengan berjalannya waktu justru jauh lebih aman, karena pihak Bank akan memberikan sebuah tanda jika memang data diretas ataupun terjaid penipuan.

Bank yang akan resmi Go Digital

Pihak Otoritas Jasa Keungan memaparkan bahwa saat ini terdapat sebanyak 7 Bank yang telah mengantri untuk pendaftaran sebagai Bank Digital. Hal tersebut Ia sampaikan dalam sebuah Dikusi Virtual yang mana beberapa Bank akan segera bertransformasi.

Beberapa perbankan yang sedang dalam Proses untuk Digitalisasi yakni Bank BCA Digital, PT BRI Agroniaga, PT Bank Neo Niaga, PT Bank Capital, PT Bank Harda Internasional, PT Bank QNB Indonesia, dan juga PT KEB HanaBank. HanaBank sendiri merupakan Bank yang terbilang baru yang mana saat ini menawarkan Produk layanan yang menggandeng Aplikasi Chatting “Line” dan memberi nama Line Bank.

Sedangkan untuk Bank yang saat ini sudah menjadi Bank Digital terdapat 5 Bank, yakni Jenius dari BTPN, Wokee dari Bank Bukopin, Digibank dari Bank DBS, TMRW dari Bank UOB, dan juga Jago dari Bank Jago.

Jenius dari BTPN

Bank pertama yakni Jenius dari BTPN. Aplikasi perbankan Digital ini sudah Rilis sejak tahun 2016 lalu.

Dengan adanya Aplikasi Jenius ini nasabah menjadi sangat mudah untuk melakukan berbagai trnasaksi perbankan yang mereka perlukan. Cara untuk memiliki rekening Jenius ini juga tidak ribet dan menyulitkan nasabah.

Nasabah hanya perlu melakukan pendaftaran dan aktivasi hanya melalui aplikasi saja. Dalam melakukan pendaftaran nasabah tidak terkenal biaya  sehingga hal ini semakin membuat nasabah sangat mudah.

Selain dapat digunakan untuk segala jenis transaksi Perbankan, Jenius BTPN Ini juga memungkinkan nasabah untuk mengambil pinjaman modal. Bunga dari Bank ini relatif rendah dan tentunya pengambilan pinjaman ini dapat dilakukan melalui aplikasi.

Wokee dari BTPN

WoKee yakni Aplikasi dari Bank Bukopin. Sasaran dari Bank Bukopin melalui Wokee ini adalah pengguna yang menggunakan Aplikasi digital dan juga Cashless Society.

Sama dengan Jenius BTPN seluruh proses yang berkenaan dengan layanan dari Wokee Bank akan di proses melalui Aplikasi. Hal ini juga mencakup pendaftaran menjadi nasabah baru, verifikasi data, dan juga layanan transaksi perbankan lainnya.

Digibank dari bank DBS

Digi bank merupakan salah satu produk dari Bank DBS. Aplikasi Digi bank ini mulai hadir sejak tahun 2018, 2 tahun setelah kemunculan Jenius BTPN.

Keunggulan dari Digi bank ini yakni nasabah pengguna Digibank Aplikasi dapat mengambil Kredit Tanpa Agunan atau KTA tanpa perlu menunggu berhari-hari dan datang pergi ke Cabang. Dalam Aplikasi Digi bank ini terdapat sebuah Fitur yang memungkinkan Pengguna dapat mengambil KTA hanya dalam waktu 1 Menit.

TMRW dari Bank UOB

TMRW ini merupakan Aplikasi Perbankan yang baru saja Rilis pada bulan Agustus 2020.T MRW ini adalah produk dari Bank UOB, TMRW ini hadir dengan dua bentuk produk perbankan yakni produk tabungan dan juga produk Kredit perbankan.

Jago dari Bank Jago

Jago ini merupakan Produk Bank Digital yang paling baru. Bank Digital ini baru resmi pada tahun 2021 tepatnya bulan April.