Daftar Haji Tahun 2021 di Pangandaran Berangkatnya Tahun 2039

Daftar Haji
Daftar haji tahun 2021 di Pangandaran berangkatnya tahun 2039. Foto: Ilustrasi/Net.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Daftar haji tahun 2021 di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kemungkinan akan mendapat antrian waktu pemberangkatannya tahun 2039.

Hal itu akibat banyaknya calon haji yang mendaftar pada tahun sebelumnya tidak sebanding dengan kuota haji yang diterima oleh Kabupaten Pangandaran.

Jumlah pendaftar haji tahun sebelumnya mencapai 6.948 orang, sedangkan kuota haji untuk Kabupaten Pangandaran hanya 379 orang.

Kepala Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, Ujang Sutaryat mengatakan, antrean panjang juga terjadi karena adanya penundaan keberangkatan sebanyak dua kali. Yakni keberangkatan tahun 2020 dan tahun ini.

Baca Juga : Terapkan Prokes 3M, Kemenag Pangandaran Gelar Manasik Haji

“Dengan adanya penundaan pemberangkatan tersebut sehingga terjadi penundaan 758 jemaah calon haji di Kabupaten Pangandaran,” terang Ujang.

Sebelumnya, lanjut Ujang, jemaah yang daftar tahun 2020 maupun daftar haji tahun 2021 rata-rata menjalani antrean panjang selama 11 tahun.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat Pangandaran yang saat ini statusnya sudah menjadi calon jamaah haji tidak terprovokasi oleh informasi hoax, dan tetap bersabar.

Adanya penundaan keberangkatan haji karena kondisinya masih pandemi Covid-19, sehingga pihak Arab Saudi belum bisa amenerima jemaah haji. Bukan hanya dari Indonesia saja, tapi seluruh dunia. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah