Daftar Pinjol Ilegal yang Perlu Anda Waspadai

Daftar Pinjol Ilegal

Daftar pinjol ilegal kini semakin panjang saja, begitu pula dengan para korbannya. Anda mungkin pernah menonton di televisi atau pun membaca pada berbagai media sosial.

Saat ini ada banyak penawaran pinjaman secara online atau pinjol baik lewat iklan pada situs amaupun media sosial. Cara yang mudah untuk dapat pinjaman uang tanpa harus mengajukan banyak dokumen.

Pinjaman secara online memang sangat membantu tatkala Anda mendapat sebuah masalah keuangan. Tak perlu menunggu lama, dokumen banyak serta tanpa harus ada jaminan.

Anda cukup mengisi data pribadi, keluarga serta pekerjaan. Kemudian melakukan foto diri sambil memagang ktp. Menunggu beberapa menit atau satu hari dan dana pun akan masuk ke rekening Anda.

Jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan pun beragam, mulai dari Rp 900.000 hingga Rp 5.000.000. Namun biasanya untuk jumlah yang besar akan ada persyaratan tambahan atau pencairan secara berkala.

Dengan kondisi ekonomi seperti sekarang ini, pinjaman online menjadi salah satu solusi tercepat. Namun, sayangnya tak semua pinjol terdaftar di OJK, otoritas jasa keuangan yang ada di Indonesia.

Sehingga pinjaman online tersebut kemudian tidak mengikuti aturan yang telah ada. Perlindungan terhadap konsumen serta kegiatan pinjam meminjampun, OJK tak dapat mengawasinya.

Sangat berbeda dengan pinjaman online yang memang legal serta terdaftar di otoritas tersebut. Bukan hanya tak memberatkan konsumen saja, akan tetapi aturan jekas serta semua sesuai dengan hukum yang ada.

Sayangnya tak banyak yang mengetahui daftar pinjol ilegal hingga saat ini. Padahal telah banyak korban dari pinjaman online ilegal ini.

Pinjaman online bisa dengan mudah Anda temukan serta unduh aplikasinya di play store atau pun laman internet. Sehingga banyak yang tak mengetahui dan asal saja mengajukan pinjaman.

Sehingga saat timbul masalah baik itu jumlah denda yang tak wajar atau pun waktu pengembalian yang sangat singkat, barulah Anda menyadarinya. Apalagi hingga terjadi teror oleh pihak pinjol terhadp konsumen serta keluarganya.

Kriteria Pinjaman Ilegal

Saat ini ada banyak kasus yang menyangkut dengan pinjaman online hingga melibatkan pihak kepolisian. Sebuah kasus yang berawal dari pinjaman dana kecil, kemudian berubah dengan sebuah teror.

Pinjaman online yang banyak tersedia di Play store atau pun laman internet ternyata tak semuanya legal dan terdaftar di OJK. Banyak dari pinjol tersebut yang tak masuk dalam pengawasan OJK.

Sehingga saat terjadi keterlambatan dan bunga yang terus membesar serta teror, barulah Anda sadar jika itu adalah ilegal. Agar Anda lebih waspada, berikut ini cara membedakan pinjol legal dan tidak.

Tak ada pengawasan OJK.

Pinjol ilegal bukan hanya tak terdaftar juga tidak mendapat pengawasan dari otoritas jasa keuangan. Tak heran jika kemudian tak terdapat perlindungan bagi para konsumennya.

Bunga serta denda yang berlaku.

Pembeda lainnya adalah pinjaman online ilegal akan mengenakan bunga serta denda yang sangat besar. Berbeda dengan yang legal, yang terdapat batas maksimal biaya perhari serta total denda keseluruhan.

Patuh pada peraturan.

Bagi pinjaman online ilegal tak akan menghiraukan apalagi mentaati peraturan yang ada. Baik itu POJK atau pun perundang-undangan lain yang ada saat ini.

Pengurus yang asal.

Bagi pinjaman online ilegal struktur organisasi atau pengurus adalah orang-orang yang memiliki pengalaman. Bukan itu saja, mereka pun terdaftar serta mendapat ijin dari OJK.

Penagihan

Dari daftar pinjol ilegal yang ada, hampir semuanya memiliki cara penagihan yang sama. Kasar, tidak manusiawi, cenderung mengancam serta bertentangan dengan hukum di Indonesia.

Asosiasi Penyelenggara

Bagi pinjaman online atau Fintech Lending yang legal akan men jadi anggota dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia atau AFPI. Sedangkan pinjol ilegal tak memiliki serta tak dapat menjadi anggotanya.

Lokasi kantor pinjaman online.

Ciri lain yang membedakan antara pinjol legal dan ilegal adalah lokasi atau pun domisili kantor perusahaan tersebut. Bagi pinjaman online ilgeal Anda tak akan menemukan alamat yang jelas serta tak mungkin melakukan penelusuran.

Persyaratan yang mudah.

Ciri yang paling mudah Anda temukan adalah persyaratan unutk meminjam yang sangat mudah. Tak akan ada pertanyaan mengenai keperluan dari pengajuan atau tujuan pinjaman yang Anda ajukan.

Pengaduan Konsumen

Dari semua kasus yang berkaitan dengan pinjaman online ilegal, pengaduan konsumen tak pernah mendapat tanggapan. Padahal menyediakan layanan pengaduan serta menindaklanjutinya adalah wajib.

Selain itu penyelenggara pinjaman online wajib melaporkan semua hal tersebut pada OJK. Konsumen dapat pula mengadu langsung pada OJK serta AFPI dan mendapat fasilitas saat terjadi sengketa.

Data pribadi konsumen.

Bagi pinjol ilegal akan meminta akses keseluruh data pribadi yang terdapat dalam ponsel pintar. Tak heran jika kemudian data tersebut malah menjadi senjata untuk menagih dengan cara tak seharusnya.

Berbeda dengan pinjaman online legal yang mengikuti aturan, hanya mendapat ijin untuk mengakses camera, lokasi serta mikrofon pada ponsel pintar Anda. Dengan demikian data pribadi Anda aman dari kemungkinan penyalah gunaan.

Inilah Pinjaman Online Ilegal Menurut OJK

Dari sekian banyak pinjaman online yang ada di laman internet atau pun play store, banyak yang ternyata ilegal. Sayangnya sedikit sulit membedakan hanya dari namanya saja.

Anda bisa membedakan antara yang legal dan ilegal jika telah mengajukan pinjaman atau pun saat memasukkan data. Berikut ini daftar dari pinjaman ilegal menurut OJK yang bisa Anda waspadai agar tak menjadi masalah.

  1. Rupiah Indo
  2. Ada Uang
  3. PETIR
  4. Ai Money
  5. Uang Kaya
  6. Daily Kredit
  7. Petirpet
  8. Dompet Koperasi
  9. MariPinjam
  10. DetiKredit
  11. Bunga Matahari
  12. KSP SSS
  13. KSP Bunga Wajar
  14. Burung Glamor
  15. DompetPjm
  16. KSP Apel Manis
  17. Dompet Merah
  18. Rp Pinjaman
  19. Rupiah Sriwijaya
  20. Cash Crown
  21. Walletpedia
  22. Logam Majapahit
  23. Musim Dana
  24. Tunai Gesit
  25. Pahlawan Pinjaman
  26. Kredit Rupiah
  27. Solusi Kita
  28. Dana Pribadi
  29. OK Duit
  30. KSP Hidup
  31. KSP Beli
  32. Raja Fulus
  33. Modal Jaminan
  34. Dompet Selebriti
  35. Kuota Kita
  36. Uang Karib
  37. Dompet Pundi
  38. Uang Rumah
  39. Nanas Dompet
  40. Pinjam Mas
  41. Pinjaman Lancar
  42. Pinjam Saja
  43. Dompet Usaha
  44. Dana Pas
  45. Badai Uang
  46. Rupiah Hidup
  47. Fulus Cerdas
  48. Kotak Kaya
  49. Saku Gesit

Itulah beberapa daftar pinjol ilegal yang perlu Anda waspadai dan jangan sampai mendapat masalah karenanya. Meskipun setiap hari semakin banyak pinjaman online ilegal yang menawarkan di laman internet.