Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Void Belakang Rumah dapat Anda Terapkan untuk Hunian Anda

Desain Void Belakang Rumah dapat Anda Terapkan untuk Hunian Anda

Desain void belakang rumah untuk menghadirkan kesan rumah yang berbeda. Mengaplikasikan void belakang rumah merupakan pilihan tepat. Hal itu karena dapat memberikan banyak manfaatnya.

Apabila Anda berencana membangun atau merenovasi hunian. Sebaiknya tidak perlu ragu untuk mendesain void pada hunian. Penggunaan void dalam rumah akan menambahkan kesan yang ada. Seiring perkembangan zaman, hadirnya void juga akan menghemat konsumsi listrik.

Memilih Desain Void Belakang Rumah

Pengaplikasian void belakang rumah yang kini semakin meningkat. Hal itu karena akan menghadirkan ragam fungsi dan manfaatnya. Void rumah merupakan ruang kosong terbuka. Letaknya yang berada di tengah-tengah konstruksi antar dua lantai.

Bagi sebagian orang, void rumah bisa diartikan sebagai plafon ganda. Kehadiran void rumah dalam sebuah rancangan pada dasarnya tidak hanya sebagai pemanis. Namun memberikan segi estetis pada rumah Anda.

Baca Juga: Halaman Belakang Rumah Memiliki Banyak Desain, Bisa Anda Aplikasikan

Manfaatnya

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan void. Memilih void belakang rumah sebagai elemen bangunannya. Untuk itu ketahui beberapa manfaat dari hadirnya void belakang rumah.

Sumber Pencahayaan Alami

Kehadiran void rumah dapat dimanfaatkan sebagai strategi menangkap cahaya. Cahaya matahari yang masuk lebih banyak ke dalam hunian Anda. Sehingga akan membuat pencahayaan alami rumah yang lebih baik.

Untuk itu, perlu memperhatikan arah dan sudut datang matahari. Saat merancang desain void belakang rumah agar memperoleh pencahayaan alami. Sehingga hadirnya void rumah menjadi lebih maksimal.

Tidak hanya menangkap sumber pencahayaan alami. Namun sifat terbuka dari adanya void rumah akan membantu persebaran cahayanya. Ruangan belakang rumah menjadi terasa lebih terang.

Memberikan Sirkulasi Udara yang Lebih Baik

Hadirnya void belakang rumah untuk memaksimalkan pengudaraan alami dalam rumah. Tidak hanya membantu menangkap udara lebih baik. Namun keberadaan void rumah yang terbuka akan membuat alur sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Tentunya yang akan mencegah kelembaban udara berlebih. Membuat rumah menjadi terasa lebih sejuk untuk Anda yang tinggal di daerah tropis. Sirkulasi udara yang baik sebagai salah satu ciri dari rumah sehat.

Baca Juga: Desain Dapur Luar Rumah Sederhana di Halaman Belakang

Memberikan Efek Visual Lebih Luas Dan Lapang Melalui Void

Sifatnya yang terbuka dan memberikan pencahayaan secara lebih baik. Desain void belakang rumah akan menghadirkan kesan yang lebih lapang pada hunian Anda.

Membuat Rumah Lebih Dinamis

Void belakang rumah dapat menambah estetika. Selain itu juga menghilangkan kesan datar atau monoton dari rumah Anda. Terlebih dengan mengkreasikan void rumah dengan desain yang unik dan menarik.

Hemat Energi

Void belakang rumah membuat Anda lebih berhemat untuk menggunakan listrik. Hal itu karena sinar matahari dapat masuk secara bebas. Penggunaan lampunya  dapat Anda minimalkan. Tentunya sistem sirkulasi udara juga akan lebih sejuk.

Tips Membuat Desain Void

Void dapat Anda aplikasikan pada halaman belakang dengan dekorasi yang ciamik. Ruang kosong akan memberikan cukup banyak pencahayaan alami dan pertukaran udara yang baik. Anda dapat mengetahui beberapa cara membuat desain void berikut ini.

Ketahui Arah Datangnya Sinar Matahari

Membuat desain void belakang rumah minimalis lebih tepat. Hal itu agar memberikan keleluasaan sinar matahari yang masuk. Desain void rumah minimalis yang dipasang pada posisinya akan memberi kesan luas. Bagian atas void dapat membuatnya sebuah lubang atau transparan. Sehingga udara dapat masuk dan cahaya mataharinya dapat leluasa masuk.

Ukur Luas Belakang Rumah

Ukuran dan luas belakang rumah dapat mempengaruhi ukuran area void. Apabila Anda memiliki rumah sempit, tetap dapat menghadirkan area void belakang rumah. Hal itu karena akan membuat tampilan rumahnya lebih luas.

Tentukan Desain Void yang Tepat

Desain rumah void yang tepat akan meningkatkan tampilan rumahnya secara drastis. Sebaiknya memilih desain yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Dengan mencari ide-ide desain dengan membaca berbagai artikel rumah. Anda juga dapat konsultasi dengan ahlinya. Untuk memastikan ide desain yang memungkinkan untuk Anda terapkan.

Desain void belakang rumah dapat Anda terapkan pada hunian. Sifatnya yang terbuka dan memberikan pencahayaan secara lebih baik. Selain itu juga akan membantu persebaran cahayanya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -