Doa Agar Tidak Mimpi Buruk, Berikut Ini Lafadznya Lengkap dengan Arti

Doa Agar Tidak Mimpi Buruk, Berikut Ini Lafadznya Lengkap dengan Arti
ilutrasi: Doa Agar Tidak Mimpi Buruk,. Foto: Ist/Net

Doa agar tidak mimpi buruk sangatlah perlu untuk kita ketahui. Mimpi buruk terkadang juga membuat seseorang itu ketakutan ketika tidur sendirian. Pasalnya, mimpi tersebut seolah-olah kenyataan dan membayang-bayangi pikiran. Oleh sebab itu dalam islam mengajarkan untuk kita berdoa terlebih dahulu sebelum tidur.

Bahkan terdapat amalan-amalan yang bisa mendatangkan kebaikan jika kita juga melakukannya ketika hendak tidur. Hal yang demikian itu juga, menjadi kebiasaan bagi Baginda Rasul Muhammad SAW. Sebagai umatnya sudah menjadi keharusan untuk kita juga mengamalkannya.

Berbicara perihal doa, seperti tidak ada habisnya. Oh iya dengan kita mengamalkan dan membaca doa sebelum tidur sebelum tidur juga bisa menjadi tameng untuk kita. Selain terhindar dari mimpi yang buruk juga menghindarkan dari gangguan setan.

baca juga: Doa Qunut Pendek Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Penjelasan

Doa Agar Tidak Mimpi Buruk Amalan Sebelum Tidur

Walaupun demikian, akan tetapi belum semua mengetahui tentang bagaimana doa tersebut. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana lafadznya. Berikut ini doanya untuk Anda. Jangan lupa untuk menghafalkan doa agar tidak mimpi buruk ini.

Bukan hanya itu saja doa agar tidak mimpi buruk, akan tetapi juga ada doa lain yang juga bisa Anda hafalkan.

Perlu Anda ketahui juga, ketika Rasul Muhammad SAW mengalami mimpi buruk, beliau juga selalu menganjurkan untuk berdoa juga tidak menceritakan mimpi tersebut kepada siapapun. Tujuannya adalah supaya orang tersebut menghindarkan dampak buruk mengenai mimpinya.

Ketika kita mimpi dengan sesuatu yang baik, ternyata ada maksud dan tujuan tertentu. Mungkin beberapa orang tidak menyadari mengenai hal ini. Allah menginginkan kita supaya bisa mengucapkan Hamdalah sebagai tanda syukur kepada-Nya. Kita juga diperbolehkan untuk mimpi baik tersebut kepada orang lain.

Berbeda dengan ketika kita mimpi buruk, Allah menganjurkan untuk kita supaya bisa berlindung dari kejahatan setan dengan membaca doa agar tidak mimpi buruk pada bagian awal tadi. Sekaligus kita juga tidak diperbolehkan untuk menceritakan mimpi tersebut kepada orang lain.

baca juga: Doa Bangun Tidur Mudah Dihafalkan untuk Amal Kebaikan

Amalan Sunnah Ketika Mimpi Buruk

Selain membaca doa agar tidak mimpi buruk tadi. Rasul juga mengajarkan beberapa hal ketika kita sedang mimpi buruk. Apa saja, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

baca juga: Doa Menghilangkan Penyakit Hati yang Haqiqi Lengkap dengan Arti

Meludah 3 Kali

Amalan ini juga pernah Baginda Rasul ajarkan. Anda hanya perlu meludah sebanyak tiga kali ke arah kiri setelah mengalami mimpi buruk tersebut. Oh iya Anda bisa melakukan hal tersebut dalam kamar mandi. Jangan lupa juga untuk ingat mengenai adab masuk kamar mandi.

Hendaknya Mengubah Posisi Tidur

Setelah Anda mengalami mimpi buruk tersebut, hendaknya ketika hendak tidur lagi ubahlah posisi tidur. Jika semula menghadap ke arah kiri ganti ke arah kanan seperti sunnah Rasul, ataupun sebaliknya.

Tidak Perlu untuk Menafsirkan Mimpi

Mimpi buruk apapun yang Anda alami, tidak perlu Anda menafsirkannya. Kanjeng Nabi Muhammad menjelaskan bahwa mimpi yang terdapat dalam kaki burung tidak mempunyai tafsir apapun jika tidak ditafsirkan. Akan tetapi jika mimpi tersebut sudah ditafsirkan, maka akan terjadi (HR. Ibnu Majah).

Mengerjakan Sholat

Selain tidak menafsirkan mimpi buruk tersebut, hendaknya jika kita sudah mengalami mimpi tersebut bangun kemudian melaksanakan sholat. Sebagaimana bunyi hadits riwayat Muslim, “Oleh sebab itu, apabila Kamu mengalami mimpi yang tidak kamu senangi, lakukan sholat” (HR. Muslim).

Tujuan sholat tersebut adalah supaya kita mendapatkan ketenangan juga memohon perlindungan dari Allah. Hendaknya juga untuk membaca Ta’awudz sebagai perlindungan.

Bagi Anda yang mengalami mimpi buruk, jangan lupa untuk menghafalkan doa agar tidak mimpi buruk juga mengamalkan sunnah sebelum tidur. Semoga bermanfaat. (Muhafid/R6/HR-Online)